Aprilia Siap Rilis SXR160 Pesaing Yamaha NMax

Aprilia Siap Rilis SXR160 Pesaing Yamaha NMax

Aprilia telah membagikan gambar teaser dari SXR 160 di platform media sosialnya. Diego Graffi, CEO Piaggio India pun telah memberikan isyarat mengenai produk anyarnya itu. Dirinya juga mengatakan kalau skuter baru itu siap dirilis dalam waktu dekat atau setidaknya November 2020.

SXR 160 merupakan bagian dari rangkaian baru skuter Aprilia yang punya tampang sporty. Ia memang dibuat khusus untuk pasar Asia. Di negeri Bollywood, sebelumnya sudah ada SR 150, SR 125, Storm 125. Tapi sayang, merek dari Piaggio Group itu tidak menjual skutik di Indonesia, melainkan hanya moge saja. Padahal bekal spesifikasi cukup menarik, mengusung mesin bervolume besar yang membuatnya bisa bersaing melawan NMax atupun Maxi skutik lainnya.

Produk baru ini sebelumnya sudah dikenalkan secara resmi pada ajang pameran Auto Expo 2020. Dan seharusnya diluncurkan lebih awal, tetapi perusahaan harus menunda rencana itu karena terkendala pandemi Covid-19. Namun karena gambar teasernya sudah muncul di media sosial resmi Aprilia, maka bisa dipastikan dirinya siap dirilis ke pasar dalam waktu dekat.

Aprilia SXR160

Dilihat dari teaser yang tersiar, bagian mukanya mirip dengan yang dipamerkan pada awal 2020. Tema konsep awal skutik ini adalah sebuah CrossMax, kombinasi antara tangguh dan mewah. Sektor depan terlihat padat, pemasangan lampu model kotak sipit membuatnya terlihat elegan. Lalu dipermanis dengan tarikan garis DRL berbentuk C plus LED headlight. Sementara mika stoplamp dibuat senada dengan area fascia, lengkap dengan garis lampu dioda menyiku dengan sudut tajam. Di atas headlamp ada winshield yang wujudnya sama persis pada saat dipamerkan.

Skuter ini mengadopsi flyscreen hitam, footboard datar, bodi besar, setang tinggi dan nyaman. Secara keseluruhan kuda besi otomatis ini memiliki bodi gambot dan terlihat membulat. Bagian kurang menarik ada di kaki-kakinya yang pendek, sehingga memberikan aura motor India dan kurang disukai pecinta otomotif Tanah Air. Namun selera setiap orang berbeda-beda, yang pasti skuter ini merupakan produk buatan Aprilia yang dikenal sebagai pencipta moge dari Eropa.

Detail mekanisnya menggendong mesin 160,03 cc, tiga katup, satu silinder yang sama dengan saudaranya, SR 160. Unit ini mengeluarkan tenaga sebesar 11 Hp pada 7.600 rpm dan 12 Nm pada torsi puncak 6.000 rpm. Didukung teknologi 3V Tech Fuel Injection Engine yang menjadikan mesin bekerja lebih optimal dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar.

Untuk fiturnya cukup memadai, ada meter cluster digital yang mampu memberikan informasi optimal kepada pengendara, jok lebar agar pengendara dan pembonceng tidak cepat pegal, slot USB, bagasi besar yang berikan lampu, membuat pemilik SXR 160 lebih mudah kala mencari barang di malam hari.

Aprilia SXR160

Di sektor kaki-kaki, mengandalkan pelek 12 inci dengan kelir dual-tone hitam dan abu-abu yang menambah kesan sporty. Dipadukan dengan suspensi model teleskopik, dan bagian belakang menggunakan monoshock. Sebagai ciri khas motor Eropa, peredam kejut tunggal tersebut dipasang di sebelah kiri.

Buat urusan sistem pengereman, Aprilia menggunakan konfigurasi pada skutik biasanya. Rem model cakram di bagian depan dan tromol di belakang, sensor ABS kemungkinan hanya ada satu channel di depan. Ada 4 pilihan warna untuk SXR 160 yakni merah, biru, putih dan hitam. Belum ada kepastian soal harga, namun menurut kabar ia diprediksi bakal dilepas ke pasar sekitar Rs 1 sampai 1,25 lakh atau Rp 20,2 juta hingga Rp 26,3 juta.

Sayangnya, SXR 160 dirasa kurang cocok untuk pasar Indonesia. Karena itu tadi, desainnya tergolong aneh. Masyarakat di sini lebih menyukai model skutik bertampang sporty dan elegan. Apalagi ia cuma dibekali roda berukuran 12 inci, tampak terlalu kecil untuk sebuah Maxi skuter berbodi gambot. Namun apapun bisa terjadi, karena Aprilia sendiri merupakan bagian dari Piaggio yang memasarkan motor Vespa di Indonesia. (Bgx/Tom)

Sumber : Visordown

Baca juga: Aprilia Siapkan RS dan Tuono 400 cc, Pesaing KTM 390 Series

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store