Triumph Scrambler 1200 XE, Ini Beberapa Fakta Menariknya

Triumph Scrambler 1200 XE, Ini Beberapa Fakta Menariknya

PT Garda Andalan Selaras (GAS), pemegang merek Triumph Motorcycles di Indonesia, resmi memasarkan New Scrambler 1200 XE. Motor bergaya scrambler ini, ditawarkan dalam dua warna; Cobalt Blue dan Jet Black. Harga yang dikenakan cukup fantastis, Rp 545 juta (off the road). Lantas apa kehebatan motor dengan sentuhan klasik ini?

1. Desain Berbeda

Rupa Triumph Scrambler 1200 XE, perpaduan antara konsep adventure dengan klasik. Kombinasi ini memberikan daya tarik tersendiri. Kesan retro terpancar jelas dari desain scrambler yang diusung. Tangkinya membulat dipadu pola jahitan pada jok, serta penggunaan sektor penerangan yang berbentuk bulat memperkuat tampilan.

Walau begitu, terdapat sentuhan modern yang membuatnya semakin atraktif. Terlihat dari suspensi depan yang menggunakan teleskopik upside down berwarna emas, knalpot baja krom dengan desain terkini, pengaplikasian teknologi LED pada seluruh lampu (headlamp, sein, stoplamp dan daytime running light) Tak hanya itu, panel instrumennya tampil futuristik dengan digital TFT berwarna yang menampilkan informasi lengkap.

2. Mesin Bertenaga

Scrambler 1200 XE memanfaatkan mesin Bonneville berkapasitas 1200cc. Di dalam ruang pembakaran terdapat silinder ganda yang disetel khusus untuknya. Tenaga yang dihasilkan mencapai 90 PS di putaran 7.400 rpm. Momen puntirnya juga besar, bahkan bermain di putaran bawah, 110 Nm pada 3.950 rpm. Setingan ini mengizinkan aliran tenaga ke roda cukup cepat, sehingga cocok digunakan untuk melibas trek offroad. Agar performanya tetap optimal, kontrol gas mengusung teknologi ride-by-wire.

3. Bertabur Fitur

Beragam fitur disematkan untuk mendukung kenyamanan berkendara. Pertama, keyless dengan sistem pengaman immobilizer. Pengendara tak perlu lagi mengeluarkan anak kunci dari kantong, cukup tekan tombol starter. Handle grip pada stang dilengkapi pemanas yang dapat dikontrol lewat tombol di sebelah kiri. Pengguna Scrambler 1200 XE pun tetap nyaman, meski motor dipacu di tengah hujan.

Terdapat pula cruise control yang mengizinkan motor meluncur tanpa harus memutar gas. Fitur ini dapat dintervensi untuk memastikan keamanan. Konektivitas pengendara dengan smartphone juga terjaga, karena adanya power outlet berupa konektor USB di tempat penyimpanan bawah jok.

Menariknya, motor ini juga terintegrasi dengan sistem kontrol GoPro. Jadi setelan kamera ditampilkan lewat panel instrumen dan dapat dikontrol melalui switchgear, sehingga memudahkan pengendara. Lalu ada pula fitur untuk mendengarkan musik dan melakukan panggilan telepon. Sistem navigasi juga tersedia.

Perangkat ini didukung langsung oleh Google untuk penyediaan database yang lengkap. Layar di kepala motor berubah menjadi GPS dengan tampilan sederhana ketika diaktifkan. Untuk mengakses seluruh fitur, pemilik Scrambler 1200 XE harus menambahkan aksesori berupa module system Bluetooth, agar dapat terhubung dengan smartphone.

4. Daya Jelajah Tinggi

Guna memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan tak menyulitkan, dibenamkan fitur ride mode. Pada Scrambler 1200 XE, setidaknya ada 6 pilihan yang dapat disesuaikan dengan jalur yang dilewati dan kebutuhan pengendara. Adapun opsinya : Road, Rain, Offroad, Offroad Pro, Sport dan Rider Configurable. Tiap ubahan mempengaruhi respons gas, setelan ABS (anti-locking brake system) dan kontrol traksi. Khusus untuk mode Offroad Pro, pilihan ini mematikan kinerja ABS dan traction control untuk pengendara profesional yang membutuhkan kontrol natural tanpa intervensi elektronik.

5. Handling Maksimal

Untuk memastikan pengendalian tetap aman, Triump memanfaatkan teknologi terkini pada Scrambler 1200. Pertama ada Optimized Cornering ABS, fitur ini memastikan kinerja pengereman optimal, sekalipun pengendara sedang bermanuver di tikungan. Perangkat ini diperkuat dengan Optimized Cornering Traction Control, yang secara otomatis mengatur sesuai kondisi pengendaraan agar tunggangan selalu stabil. Kedua fitur didukung Inertial Measurement Unit (IMU), yang terus membaca segala informasi, seperti kecepatan dan sudut kemiringan motor terhadap jalan. (Hfd/Van)

Baca Juga: Fitur Baru di Ducati Scrambler

Muhammad Hafid

Muhammad Hafid

Muhammad Hafid, atau biasa dipanggil Hafid adalah jurnalis otomotif berpengalaman. Pengetahuannya tidak hanya terbatas di teknis otomotif roda empat, tapi juga roda dua dan industri secara keseluruhan. Beberapa media pernah menjadi tempat baginya menyalurkan bakat dan pengetahuan, sebelum akhirnya bergabung bersama OTO.com awal Oktober 2018.

Baca Bio Penuh

Model Motor Triumph

  • Triumph Bonneville T120
    Triumph Bonneville T120
  • Triumph Bonneville T100
    Triumph Bonneville T100
  • Triumph Speed Twin
    Triumph Speed Twin
  • Triumph Rocket 3
    Triumph Rocket 3
  • Triumph Bonneville Speedmaster
    Triumph Bonneville Speedmaster
  • Triumph Bonneville Bobber
    Triumph Bonneville Bobber
  • Triumph Tiger 900
    Triumph Tiger 900
  • Triumph Scrambler 1200
    Triumph Scrambler 1200
Harga Motor Triumph

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature

Bandingkan & Rekomendasi

Triumph Scrambler 1200
BMW R Nine T
BMW R Nine T
Rp 644 Juta
Tulis Review Harga R Nine T
BMW R Nine T Scrambler 
Triumph Bonneville T120
Triumph Speed Twin
Kapasitas 1200
1170
1170
1200
1200
Tenaga Maksimal 89
110
110
78
96
Kategori Cafe Racer
Cafe Racer
Cafe Racer
Cafe Racer
Cruiser
Opsi start Electric
Electric
Electric
Electric
Electric
Rem Depan Disc
Cakram Ganda
Cakram Ganda
Disc
Cakram Ganda
Bandingkan Sekarang

Tren Cafe Racer

Artikel Motor Triumph Scrambler 1200 dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition, Dijual Terbatas
    Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition, Dijual Terbatas
    Zenuar Istanto, 27 Mei, 2021

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*