• Wishlist

VW Polo GTI R5 Akan Saingi Toyota Yaris di WRC

VW Polo GTI R5 Akan Saingi Toyota Yaris di WRC

Volkswagen siap kembali ikut ajang balap bergengsi, World Rally Championship (WRC). VW Polo GTI R5 jadi produk yang disiapkan pabrikan asal Jerman itu mengikuti WRC 2018. Mobil ini bakal melakukan debutnya pada paruh kedua musim 2018 WRC. Ia bersaing langsung dengan Toyota Yaris WRC, Ford Fiesta dan Hyundai i20 yang sudah lebih dulu mengumumkan keikutsertaannya.

Di ajang WRC, Volkswagen terbilang sebagai pabrikan yang memiliki prestasi mentereng. Setidaknya mereka mencatat lebih dari 40 kemenangan, 38 podium dan 12 gelar. Namun mereka terpaksa menyatakan 'istirahat'. Hal ini dilakukan setelah skandal Dieselgate yang menghebohkan itu. Mereka lantas fokus menangani kasus akbar itu. Mulai dari ganti rugi hingga membereskan tuntutan hukum.

Polo GTI R5 yang digunakan nanti, Volkswagen tidak memberikan gambar atau wujud aslinya. Mereka hanya memperlihatkan sketsa dari hatchback andalannya ini. Yang pasti, mereka masih percaya, Polo menjadi platform yang pas untuk ajang WRC. Tentu saja Polo yang digunakan generasi keenam, model terbaru yang bakal meluncur akhir tahun ini.

VW polo terbaru

Sesuai regulasi WRC, Polo GTI R5 dibangun oleh Volkswagen Motorsport. Menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1.6-liter turbo yang mampu menghasilkan daya hingga 270 tenaga kuda. Jeroan mesin semuanya khusus balap begitu pula sasis kustomnya. Sistem penggeraknya juga menganut AWD (All Wheel Drive/gerak empat roda), bukan gerak depan seperti versi jalan raya.

Untuk menyiapkan Polo edisi reli, Volkswagen membentuk tim sejak awal tahun ini, yang dipimpin Direktur Teknik Volkswagen Motorsports, Francois-Xavier Demaison, dan Senior Project Engineer Gerard-Jan de Jongh. "Dengan Polo GTI R5, kami berharap dapat mentransfer keahlian kami dalam merebut empat gelar WRC nantinya kepada konsumen dan menyuguhkan mesin terbaik untuk meraih kemenangan dari kejuaraan nasional hingga WRC,” papar Sven Smeets, VW Motorsport Director.

”Sebelum balapan pertama di tahun depan, kami lebih dulu menguji Polo GTI R5 dengan serangkaian tes berat. Hal ini demi memastikan kesiapannya melahap berbagai jenis trek di dunia,” tambah Smeets. (Dir/Odi)

Baca Juga: Volkswagen Akhiri Penderitaan Scirocco

Sumber: Motor1

Jelajahi Volkswagen Polo

Volkswagen Polo Rp 265 - Rp 308 Juta Cicilan : Rp 6,05 Juta

Bandingkan & Rekomendasi