Volkswagen Akhiri Penderitaan Scirocco

Volkswagen Akhiri Penderitaan Scirocco

Berita duka datang dari manufaktur Volkswagen yang mengakhiri produksi Scirocco. Ya, mobil hatcback coupe yang masih saudara dekat VW Golf itu, harus pensiun dari penjualan. Dikatakan, sejumlah unit yang diproduksi masih tersedia, namun tak ada lagi pemesanan dengan konfigurasi khusus. Seperti diutarakan pada situs Volkswagen Jerman, dilansir dari Caranddriver.com, VW Scirocco tak lagi dapat dipesan dengan spesifikasi individual. Tetapi unit yang sudah dibangun masih bisa dibeli.

Penyebabnya sudah bisa diterka. Angka penjualan yang kurang baik menjadi alasan. Wajar, karena VW Scirocco yang dijual terakhir, generasi ketiga, kurang diminati. Beberapa memberi label terlalu mahal bagi Scirocco kalau membandingkannya dengan Golf. Apalagi sejak kelahirannya pada 2008 silam, tak ada perubahan berarti dari VW Scirocco. Bertahan hampir sepuluh tahun tanpa angka penjualan baik dan perubahan signifikan, wajar kalau VW akhirnya memutuskan untuk menyudahi produksi Scirocco. Reputasi dan teknologinya sudah jauh terlampaui oleh kompetitor yang lebih segar dan modern. Bahkan Golf sendiri sudah melangkah lebih jauh.

VW Scirocco (2)

Dalam sejarahnya, Scirocco pertama kali memulai karir pada 1974. Sedang generasi kedua beredar pada 1981 sampai 1992. Scirocco kemudian absen dari dunia otomotif hingga lahir generasi ketiga dengan basis platform Golf Mk V, PQ35. Pada generasi ketiga, varian model tertinggi dipegang oleh Scirocco R. Tapi tak seperti Golf R yang berpenggerak AWD, Scirocco R cuma punya pilihan penggerak roda depan.

Meski berhenti dari produksi dan penjualan, bukan tak mungkin Volkswagen kembali menghidupkan Scirocco di masa depan. Sempat beredar rumor dan gambar sketsa Scirocco modern yang sudah mengalami elektrifikasi. Tapi rasanya tidak dalam waktu dekat. Sementara pihak manufaktur harus bangkit dari efek skandal dieselgate, sehingga mereka menyatakan fokus pada lini mobil elektrik dan mobil lain yang lebih banyak peminatnya seperti SUV.

Di Indonesia sendiri masih dijual Volkswagen Scirocco. Bentuknya yang sporty dengan dua pintu memang menjadi daya tarik utama. Sedang dapur produksi menggunakan mesin 4-silinder 1.4 TSI. Harganya sekitar Rp 590 juta dan Rp 880 juta untuk Scirocco R dengan mesin 2.0 TSI.

Baca juga: Volkswagen Siapkan 80 Mobil Listrik Di 2025

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store