• Wishlist

Toyota Umumkan Kehadiran Yaris Performa Tinggi

Toyota Umumkan Kehadiran Yaris Performa Tinggi

Toyota Yaris akan mendapatkan varian baru. Jika di Indonesia dan beberapa pasar Asia, Yaris mendapatkan tambahan aksesoris yang membuatnya tampak sportif, di Benua Eropa mereka melakukan hal yang berbeda. Yaris di sana sedang disiapkan untuk masuk ke pasar hot hatchback (hatchback kecil bertenaga besar), dan berhadapan dengan Ford Fiesta ST.


Yaris yang dibuat oleh Gazoo Racing, perpanjangan Toyota untuk menghasilkan mobil berperforma dan mobil balap, tersebut dikatakan dibangun dengan basis pengetahuan dan pengalaman Toyota di ajang balapan. Seperti diketahui, mereka baru saja mengumumkan keikutsertaan Yaris di ajang rally dunia. Berdasarkan mobil itulah, Yaris Gazoo hadir untuk digunakan di jalan raya.


"Kami mengembangkan mobil dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman kami yang kembali terjun di ajang World Rally Championship (WRC), (salah satunya) Yaris yang akan mendapatkan tambahan varian yang fokus pada performa," demikian bunyi pernyataan Toyota seperti dikutip dari Motor1.


Uji Yaris WRC


Toyota maupun Gazoo Racing belum mengumumkan seperti apa spesifikasi teknisnya. Namun dipercaya mobil ini menggunakan mesin 1,6 liter yang diimbuhi peranti turbocharger, serupa dengan yang digunakan Yaris WRC. Tentunya sistem penggerak itu sudah dijinakan untuk penggunaan di jalan raya.


Jika mellihat pesaingnya seperti Ford Fiesta ST atau Peugeot 208 GTI, maka tenaganya bisa diyakini tidak akan kurang dari 200 hp. Selain itu, kecil kemungkinan akan dibekali dengan penggerak empat roda. Hal tersebut wajar mengingat faktor keekonomisannya.


Seperti yang bisa dilihat dari sketsa yang dirilis oleh Gazoo, Yaris kencang ini mengambil basis Yaris dua pintu, seperti pada model WRC, dengan tambahan peranti aerodinamika yang cukup signifikan. Termasuk adanya wing belakang dan diffuser di bagian bawah. Namun sebatas itulah yang bisa dipastikan. Hal-hal lainnya masih buram.


Sekedar informasi, Gazoo Racing adalah divisi mobil kencang Toyota, yang akan benar-benar fokus pada pengembangan mobil kencang untuk balapan, atau pengembangan mobil jalan raya berperforma tinggi. Tapi jangan bingung karena di Toyota juga ada TRD.


Gazoo Racing menjadi perusahaan yang mengkoordinir tim balap Toyota yang turun di ajang World Endurance (balap ketahanan), WRC, serta rally cross country. Selain itu, mereka juga menjual mobil-mobil kencang untuk pasar tertentu di Eropa, beberapa negara Asia, dan pasar domestik Jepang.


Nah, disinilah bedanya dengan TRD. Divisi legendaris yang juga membuat mobil kencang jalan raya tersebut menjual produknya di seluruh dunia, dan tidak fokus di balapan.


Untuk membandingkan Gazoo Racing atau TRD, bayangkan BMW M DIvision atau Mercedes AMG dari pabrikan Jerman, yang muncul dengan mobil-mobil fenomenalnya. Belakangan ini pabrikan mobil banyak yang membuat divisi seperti ini di dalam perusahaannya. Hyundai dengan Hyundai N-nya adalah tambahan terbaru, yang dikabarkan sedang menyiapkan Hyundai hatchback bermesin tengah.


Baca Juga: Toyota Supra terbaru mulai menampakan diri

Jelajahi Toyota Yaris Heykers

Toyota Yaris Heykers Rp 269,6 - Rp 281,4 Juta Cicilan : Rp 6,15 Juta
    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store