jakarta-selatan
kali dibagikan

Volkswagen Indonesia Belum Dapat Lampu Hijau Pasarkan Golf Mk8

  • 11 Nov, 2019
  • 1050 Kali Dilihat

Volkswagen (VW) Indonesia belum bisa pastikan Golf teranyar dijual. Padahal model generasi kedelapan itu sudah diluncurkan secara global. Dan PT Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang merek VW di Tanah Air pernah menjual Golf Mk7.



Menurut Chief Operating Officer PT GMM, Jonas Chendana, pihaknya belum mendapat lampu hijau dari principal untuk memasarkan Golf Mk8. Hal ini lebih disebabkan spesifikasinya yang sudah berstandar emisi Euro6. Sementara bahan bakar di Indonesia tak kompatibel dengan konfigurasinya. Ketatnya keputusan VW ini, dikatakan Jonas akibat skandal yang pernah menimpa merek asal Jerman itu. Mereka tak ingin berspekulasi lagi.


“Secara engine mereka tidak kasih, karena sudah Euro6. Karena bahan bakarnya tidak fit. Kebijaksanaan dari kepala sampai ke ekor itu semua tidak ada toleransi lagi sekarang, karena masalah yang dulu (dieselgate). Tidak ada main-main untuk coba macam-macam lagi. Negara yang tidak comply, yaudah take it or leave it,” ucapnya di Jakarta, pekan lalu.


Golf Mk8 sendiri saat ini memiliki berbagai pilihan mesin, mulai dari versi konvensional bensin dan diesel, termasuk tiga tipe mild hybrid 48V dan PHEV (Plug-in Hybrid) berlabel GTE. Entry level yang disuguhkan berspesifikasi 1,0 liter TSI bensin dengan keluaran tenaga 90 PS dan 110 PS. Lalu ada 1,5 liter empat silinder TFSI ber-output 130 PS dan 150 PS. Keduanya menggunakan sistem transmisi manual. Sedangkan versi diesel yang ditawarkan di Inggris berkubikasi 2,0 liter TDI berdaya dorong 115 PS dengan pilihan pemindah gigi manual dan otomatis.


Versi eTSI mild hybrid menggunakan generator 48V yang terhubung baterai dan ditopang direct-shift gearbox (DSG) 7-speed. Produksi energi pemutar rodanya ada tiga macam, 110 PS, 130 PS dan 150 PS. Penggunaannya mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 10 persen saat meluncur, sekaligus meningkatkan akselerasi. Varian paling bertenaga adalah GTE PHEV yang menciptakan 244 PS lewat mesin 1,4 liter TSI bensin dengan motor elektrik. Energi disimpan dalam baterai 13 kWh seperti dilansir dari autocar.co.uk (11/11).


Edisi terbaru Golf memakai platform MQB dari VW Group. Dimensinya tak banyak berubah dari pendahulu, yakni panjang 4.284 mm, lebar 1.789 mm dan tinggi 1.456 mm. Jarak sumbu rodanya sebesar 2.636 mm. Guna mendukung pengendalian dan kenyamanan berkendara, suspensi MacPherson strut dan multi-link rear dipasang. Ini masih disokong sistem control damping adaptif dan steering yang direvisi lebih responsif. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Volkswagen ID.3 Resmi Diproduksi, Semakin Pasti Menerobos Era Elektrifikasi

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Volkswagen Golf

Lihat video terbaru Volkswagen Golf untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Volkswagen Pilihan

  • Populer
  • Komparasi