jakarta-selatan
kali dibagikan

VW Golf Generasi 8 Meluncur, Pencetus Reformasi Teknologi di Dunia Hatchback Kompak

  • 26 Okt, 2019
  • 1618 Kali Dilihat

Akhirnya VW Golf Mk8 resmi mengaspal. Sesuai dugaan, sang penerus nama ikonik ini membawa segudang fitur canggih. VW juga tidak tanggung-tanggung soal dapur pacu. Kabarnya, ada sebelas powertrain ditawarkan, lima di antaranya mengusung sistem hybrid.


volkswagen golf


Dari segi tampilan sekilas tidak berubah signifikan, masih terbayang profil Mk7. Setelah ditilik lebih lanjut, rombakan total baru bisa dirasakan. Bonnet melandai lebih kentara, memaksa lampu duduk semakin rendah. Pendar cahaya LED ditemui di seluruh varian. Gaya modern terpancar dari bumper dengan elemen horizontal memanjang.


Bayangan samping ternyata membulat, diikuti oleh tarikan garis kaca. Selain itu, tampak penegasan pada garis bahu. Pahatan perut mengalir lembut, memberikan kesan gemuk dan berisi.


Ubahan bokong tidak se-signifikan wajahnya. Bentuk lampu saja yang lebih tajam bersudut, serta posisi emblem Golf persis di bawah roundel VW. Sisanya kurang lebih sama. Saluran knalpot masih berbentuk trapezoid dan terintegrasi di bumper. Seluruh upaya penyempurnaan ini, membuat tubuh lebih halus. Maksudnya, koefisien hambat udara lebih kecil sehingga angin mengalir lebih sempurna.


vw golf mk8 rear


 


Mk8 semakin harumkan nameplate Golf, mencetus reformasi teknologi di dunia hatchback kompak. Sebagian kecanggihannya masih jarang ditemui di mobil premium sekalipun, seperti mobile key. Tugas kunci digantikan oleh smartphone, dengan catatan harus dari Samsung model tertentu. Setelah berhasil masuk, smartphone tinggal disimpan di konsol tengah dan mobil bisa dioperasikan.


Suguhan kecanggihan pasti terasa begitu masuk kabin. Seluruh varian kini mengadopsi panel instrumen digital. Tidak begitu impresif mungkin, karena lumayan banyak pabrikan yang mengadopsi ini. Namun Golf menciptakan diferensiasi anyar terkait layar interaktif. Tanpa sakelar fisik, pengaturan lampu utama serta foglamp dapat dilakukan melalui sebuah layar di samping dasbor.


Komposisi layar ciptakan aura masa depan berkat penempatan di satu bingkai. Frame mengalir elegan keluar dari tudung instrumen. Ada sebuah kejanggalan ketika mengarahkan pandangan ke konsol tengah. Tuas transmisi didesain sangat kecil. Langkah ini dilakukan demi tambahan ruang penyimpanan dalam kabin.


vw golf interior


Fitur konektivitas hebat dibenamkan pada Golf anyar. Ialah Volkswagen pertama yang dapat terhubung dan membaca lingkungan via Car2X. Sinyal infrastruktur jalan serta informasi dari mobil lain, ditampilkan di layar. Informasi juga dibagikan ke model yang memiliki fitur serupa. Teknologi ini mendukung keselamatan para pengguna jalan.


Opsi mesin hybrid sudah pasti ditugaskan sebagai jantung Golf. Varian eTSI mengombinasikan sistem mild hybrid 48V dengan jantung mekanis TSI. Hasil sinergi ini, diklaim mampu memangkas konsumsi BBM hingga 10%, serta menyajikan respons akselerasi lincah. Totalnya ada tiga pilihan keluaran daya: 110 PS, 130 PS, 150 PS. Dua hybrid lainnya berupa PHEV standar dan GTE. Model PHEV standar torehkan figur 204 PS, sedangkan GTE sanggup mencatat 245 PS. Versi konvensionalnya meliputi tiga jenis sumber energi: TSI (bensin), TDI (diesel), dan TGI (gas alam). (Krm/Odi)


Baca Juga: Bikin Pabrik Baterai, Volkswagen Makin Serius Garap Mobil Listrik

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Volkswagen Golf

Lihat video terbaru Volkswagen Golf untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Volkswagen Pilihan

  • Populer
  • Komparasi