• Wishlist

Volkswagen ID.3 Resmi Diproduksi, Semakin Pasti Menerobos Era Elektrifikasi

Volkswagen ID.3 Resmi Diproduksi, Semakin Pasti Menerobos Era Elektrifikasi

Volkswagen sah pancangkan era baru elektrifikasi jajaran produknya. Pasalnya, Baru-baru ini mobil listrik futuristis mereka, VW ID.3, resmi diproduksi. Tak sekadar produksi, pabrik tempat kelahirannya pun dibuat lebih canggih, juga mementingkan aspek lingkungan. Sebuah langkah optimis sekaligus menunjukkan keseriusan pabrikan dalam memasuki zaman setrum. Diharapkan sang EV meluncur pada pertengahan 2020 nanti.


Produksi VW ID.3


Untuk kali pertama, sebuah fasilitas manufaktur mobil konvensional tengah diubah total menjadi e-mobility. Tak tanggung-tanggung, investasi senilai 1,2 miliar Euro, atau setara Rp 18,7 triliun, digelontorkan untuk mengubah pabrik mobil di Zwickau, Jerman. Dari sinilah hatchback listrik ini bakal diproduksi.


Fasilitas di Zwickau sendiri direncanakan bakal memproduksi 100.000 model listrik di tahun depan. Harapannya sanggup melahirkan 330.000 unit EV per tahun pada 2021. Dengan kapasitas sebanyak ini, Zwickau digadang-gadang sebagai pabrik EV terbesar dan paling efisien di Eropa, sekaligus perintis transformasi jaringan produksi global VW. Memenuhi ambisi pabrikan asal Wolfsburg ini untuk menjual 22 juta EV di 2028.


Kontribusi terhadap lingkungan tidak hanya tercermin dari produk EV. Karakteristik ramah lingkungan ini disuntik hingga ke akar. Secara lokal, pabrik beroperasi tanpa emisi. Di sisi lain VW juga tetap memperhatikan Neutral Carbon Balance, berprinsip menghindari dan mengurangi CO2. Segala emisi yang tidak dapat dihindari akan diseimbangkan oleh investasi pada proyek perlindungan iklim.



Edisi peluncuran VW ID.3 1st ditawarkan dalam tiga konfigurasi menyesuaikan kebutuhan customer. Versi basic mendapatkan sistem navigasi, radio digital DAB+, penghangat kursi dan setir, kabel pengisian Mode 2, berikut pelek alloy ringan 18 inci.


Di atasnya terdapat varian ID.3 1st Plus. Versi ini diberikan tambahan adaptive cruise control serta akses pengoperasian canggih tanpa kunci (Kessy). Sektor interior dilengkapi jok yang lebih bergaya, konsol tengah, dan ambient lighting. Bila melirik eksterior, VW melaburkan paket Style berkelir silver, Headlamp Matrix LED, juga lampu matrix lainnya di samping, taillight, dan juga sein. Peleknya mengandalkan light-alloy 19 inci sebagai bagian dari paket.


Varian tertinggi disebut ID.3 1st Max. Permainan teknologi sekaligus rasa premium tersaji di model ini. Contohnya head-up display Augmented Reality, sound system Beats, atap panoramic dan pelek 20 inci. Peranti tambahan dibenamkan berupa Lane Keeping System with Emergency Assist serta Lane Change System.


Seluruh EV anyar Wolfsburg ini ditenagai oleh motor listrik pada poros roda belakang. Keluaran daya dari sistem mencapai 201 hp. Momen puntir tergolong besar bagi sebuah hatchback, khas mobil listrik, yakni 301 Nm. Seluruh kemampuan motor listrik berasal dari baterai 58 kWh, diklaim mampu mencapai 420 km dalam sekali pengisian. Daya dapat diisi ulang melalui normal charging AC (output maksimal 11 kW) atau fast charging DC (output maksimal 100 kW). Jika diisi dengan fast charger, energi setara 290 km dapat terisi dalam waktu 30 menit saja. (Krm/Odi)


Sumber: Insideevs


Baca Juga: Bikin Pabrik Baterai, Volkswagen Makin Serius Garap Mobil Listrik