• Wishlist

Toyota Siapkan Satu MPV Lagi Untuk Muncul Di GIIAS 2016

Toyota Siapkan Satu MPV Lagi Untuk Muncul Di GIIAS 2016

Jakarta: Toyota Sienta boleh saja meluncur di gelaran IIMS 2016 yang saat ini sedang berlangsung hingga tanggal 17 April nanti. Namun ternyata rencana Toyota tidak hanya sampai disitu.


Untuk ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung 11-21 Agustus nanti, Toyota mempersiapkan satu lagi produk baru, yang sudah kami dapatkan bocorannya, sekaligus menjawab pertanyaan kami kenapa Sienta harus muncul lebih dulu di IIMS, sementara pabriknya sendiri belum 100 persen siap untuk memproduksi. Dan ya, produk baru tersebut berbentuk MPV 7-seater.


Avanza pilihan populer MPV Indonesia


Toyota Avanza yang dihargai paling murah Rp 184 jutaan, menyisakan ruang di bawah harga tersebut (Rp 100-150 jutaan), dan Toyota beranggapan harus ada yang mengisi kekosongan tersebut. Anda masih ingat dengan Daihatsu UFC Concept yang dibuat oleh Daihatsu? Nah, rumor yang kami dapatkan adalah, Toyota akan memproduksi mobil ini, untuk menyasar segmen yang berada di bawah Toyota Avanza/Daihatsu Xenia tersebut.


Salah satu main dealer Toyota mengkonfirmasi bahwa mobil yang namanya masih dirahasiakan ini akan muncul dan langsung dijual di GIIAS 2016. Meski tidak ada konfirmasi soal dimana MPV berbasis Agya-Ayla ini dibuat, namun mengingat desain awal yang dikerjakan oleh Daihatsu, maka bisa jadi Astra Daihatsu yang akan merakitnya, sekaligus menjadi produk ‘kembar’ keempat yang dibuat oleh Daihatsu dan Toyota.


Tidak ada detil spesifikasi yang muncul, atau apakah MPV ini akan menjadi kendaraan LCGC nantinya. Namun yang pasti, kalau rumor tersebut benar adanya, maka line-up MPV Toyota (dan Daihatsu) akan semakin menarik konsumen, terutama mereka yang memerlukan MPV murah.


Jika Toyota dan Daihatsu memang akan memasukannya ke kategori LCGC, maka paling tidak mobil ini akan memiliki penggerak roda depan dengan mesin berkapasitas 1,2 liter. Mesin yang mana? Ini pertanyaan paling mudah.


Toyota punya mesin 2NR yang berkapasitas persis seperti itu, yang dirakit di Toyota Plant 3 di Karawang. Mesin tersebut sudah terpasang di Etios Valco. Atau kalau mau yang lebih bertenaga, ada 1NR yang berkapasitas 1,5 liter, seperti milik Sienta, yang juga dibuat di pabrik yang sama. Atau, kalau memang mau bermain di LCGC, Daihatsu punya mesin 1,0 liter tiga silinder yang terpasang di Xenia.


Soal UFC (Ultra Function Concept) sendiri, mobil peraga ini diperkenalkan di ajang IIMS 2012 lalu, dan sudah dua kali mengalami perubahan. UFC 3 (gmbar paling atas) adalah yang paling baru, dan muncul di IIMS 2014. Saat UFC 3 dimunculkan, dan bentuknya tampak sudah mirip dengan mobil yang siap produksi, spekulasi akhirnya bermunculan bahwa mobil ini akan dihargai dibawah Xenia.


Kemunculan UFC nanti, sekali lagi, kalau benar, maka akan membuat dominasi Datsun Go+ Panca bergoyang karena mobil itu tidak lagi bermain sendirian di segmen MPV LCGC. Namun jika Astra memilih untuk tidak turun di LCGC, maka yang ‘kena hajar’ nantinya bisa jadi kelas city car seperti Honda Brio, Kia Picanto, dan lainnya.


Well, pertanyaan ini sepertinya akan segera terjawab di GIIAS nanti.


Baca Juga: Promo Aksesoris Toyota Hanya Di IIMS 2016


Foto: allcarindex.com