Top 3 Berita Minggu ini: Toyota Corolla Cross, Mazda3 Turbo, Kawasaki Ninja ZX-25R

Top 3 Berita Minggu ini: Toyota Corolla Cross, Mazda3 Turbo, Kawasaki Ninja ZX-25R

Industri otomotif mulai menggeliat di tengah pandemi yang masih melanda. Model baru terus berdatangan dari para jenama papan atas. Minggu ini dikejutkan penampilan perdana Toyota Corolla Cross. Sebuah crossover medium, tak lain versi jangkungnya Corolla hatchback. Debut di Thailand, besar kemungkinan bakal dipasarkan juga untuk Indonesia.


Desas-desus soal Mazda3 bermesin turbo terjawab sudah. Meluncur dulu untuk pasar Meksiko, lalu resmi dijual juga di Amerika Serikat. Basisnya mengambil versi bodi hatchback. Mesin dipakai tak lain punya CX-9 dan CX-5 turbo. Diklaim punya kemampuan setara hot hatch.


Terakhir soal resminya Kawasaki Ninja 4-silinder rilis di tanah air. Sangat ditunggu-tunggu kedatangannya, sampai dibuka dulu keran pemesanan dengan unit terbatas.


Debut Toyota Corolla Cross


2021 Toyota Corolla Cross side


Resmi sudah versi SUV Corolla mendebut di Thailand, membawa imbuhan nama Cross. Racikannya kental dengan ciri RAV4, ditenagai powertrain serupa Corolla. Rancangannya sangat terpengaruh RAV4. Bahkan sah menganggap Corolla Cross sebagai adik kecilnya. Tak salah juga karena secara dimensi memang lebih ringkas, persis mengisi ruang antara Toyota C-HR dan RAV4. Dicatatkan angka 4.460 x 1.825 x 1.620 mm (PxLxT) dengan jarak antarsumbu seukuran C-HR: 2.640 mm.


Jika lekuk permukaan tubuh RAV4 tajam dan tegas, eksekusi Corolla Cross cenderung minim sudut. Garisnya mirip hanya saja dihaluskan. Di depan, rumah lampu berisi pendar LED tampak lebar menyipit, langsung terhubung ke arah grille. Di situ letak dominasi paras. Ketika melirik ke bawah, apron hitam memberikan nuansa tangguh bak elemen bull bar. Area dagu disudahi oleh fog lamp dan skid plate metalik.


Corolla Cross berdiri di atas platform kompak TNGA-C serupa Corolla sedan, bukan TNGA-K. Penyesuaian diberikan berupa suspensi torsion-beam anyar, optimalisasi geometri, serta mengadopsi bos suspensi lembut demi pengendalian stabil sekaligus nyaman. Unit 2ZR dipercaya sebagai pencipta gerak, beroperasi mandiri atau dibarengi motor listrik pada model hybrid. Berapa luapan daya dihasilkan? selengkapnya di sini.


Mazda3 2.5 Turbo


Mazda3 2.5 turbo launch


Versi turbo Mazda3 hatchback resmi mengaspal di Negeri Paman Sam. Jantung pacu jadi pusat perhatian, seonggok 2,5 liter turbo. Potensinya serupa model Meksiko, tapi ternyata dipecut untuk menghasilkan tenaga lebih besar lagi.


Line-up Mazda3 dibekali mesin kencang dengan spesifikasi cukup menghantui hot hatch lain. Dalam mode paling standar, unit Skyactiv-G 2.5T mungkin terdengar kurang mumpuni meski tetap saja menggiurkan. Ia sanggup gelontorkan tenaga 227 hp dibarengi torsi 420 Nm. Seluruhnya kemudian disalurkan menuju empat roda lewat sistem AWD i-Activ. Melihat angka ini tentu menyerupai informasi dari Meksiko.


Tapi tunggu dulu, ekstraksi sebanyak itu dikeluarkan jika menggunakan bensin dengan nilai oktan 87. Lain cerita kalau menenggak oktan 95. Total keluaran daya diklaim meningkat hingga sanggup melontarkan 250 hp berikut puntiran sekuat 434 Nm. Lompat signifikan dan sontak bisa percaya diri di lingkaran hatchback kencang. Ambil contoh Volkswagen Golf GTI. Melansir Top Gear, generasi ke-8 GTI akan memiliki senjata 2,0 liter turbo demi hasilkan 245 hp dari Mk7. Kompetitif. Lebih lengkapnya, klik di sini.


Kawasaki Ninja ZX-25R 4-Silinder Resmi Dijual


Kawasaki Ninja ZX-25R SE hijau


Akhirnya diluncurkan juga, setelah sempat tertunda akibat COVID-19. Ninja ZX-25R berkonfigurasi 4 silinder ditawarkan dalam dua varian, terdiri dari tipe standar yang dijual Rp 96 juta dan versi Special Edition (SE) Rp 112,9 juta on the road Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang. Konsumen yang membeli, segera mendapatkan motor idaman mereka Agustus depan.


Untuk varian terendah hanya satu opsi warna, Metallic Spark Black. Sementara buat tipe tertinggi tersedia Lime Green/Ebony (KRT livery), Metallic Spark Black/Pearl Flat Stardust White dan Candy Plasma Blue/Metallic Spark Black. Yang membedakan tipe standar dengan SE ada pada tambahan grafis warna, beberapa aksesori seperti pillion seat cover/single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape. Selain itu fitur sudah pasti beda.


Tapi fokus utama motor sport ini bersumber dari jantung mekanis. Unit DOHC 4-silinder segaris berkapasitas 249,8 cc. Tenaganya 49,3 Hp di 15.500 rpm, torsi maksimalnya 22,9 Nm di 14.500 rpm. Klaim pabrikan, kecepatan tertinggi tembus 187 kpj. Lebih menarik lagi, power bisa naik 1 hp berkat hadirnya ram air. Apa itu, baca di sini


Baca Juga: IIMS Motobike Show 2020: Tempat Pajangan Motor, Kendaraan Listrik, Hingga Sepeda

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store