• Wishlist

Tesla Mencetak Sejarah Baru, Capai Produksi Satu Juta Unit

Tesla Mencetak Sejarah Baru, Capai Produksi Satu Juta Unit

Capaian membanggakan diraih Tesla tahun ini. Baru saja mereka mengumumkan produksi yang mencapai ke 1 juta. Unit yang mendapat kehormatan menyandang nomor seri segitu adalah SUV listrik Tesla Model Y bergaya ala kupe.

Prestasi ini tentu menjadi hal besar bagi Tesla. Bagaimana tidak, perjalanan perusahaan yang dikenal memiliki bos eksentrik itu terbilang panjang dan tak mudah. Dimulai dari 2003, ketika Martin Eberhard dan Marc Tarpenning mendirikan Tesla. Elon Musk yang kini menjabat CEO baru masuk pada 2004, bertindak sebagai investor dan chairman. Setelah pengembangan produk yang cukup lama, akhirnya pada 2006, mereka membuka tabir Roadster elektrik yang mirip dengan Lotus Elise. Lama karena disebabkan penggunaan sasis Lotus Elise yang dimodifikasi Tesla.

Tesla Model Y kebanggaan menjabat sebagai unit kesejuta

Elon Musk pun mengambil alih perusahaan pada 2008, setelah Eberhard dan Tarpenning hengkang, dan beberapa penyesuaian CEO. Pabrikan baru benar-benar beroperasi seperti sekarang saat Model S masuk ke jalur produksi pada 2012. Sebenarnya, sebelum hal ini terjadi, Musk berencana membuat tunggangan yang sangat mahal, guna membiayai pengembangan kendaraan elektrik. Selama itu, Tesla mengalami masa sulit, bahkan hampir mengalami kebangkrutan.

Karena langkah pintar yang diambil, Tesla dapat menghindari bencana itu. Namanya justru makin mentereng dan diminati dunia, khususnya Model 3. Ini adalah lini paling dicari, terutama di Cina. Sampai-sampai Tesla memutuskan membangun pabrik di Negeri Tirai Bambu. Tepatnya di Shanghai untuk membuat Model 3 dan Model Y.

Baca Juga: Sistem Autopilot Tidak Menjamin Keselamatan, Tetap Perlu Antisipasi Pengemudi

Kehebatan Tesla sebenarnya tak hanya dari kemampuannya bertahan. Namun, pengaruh terhadap industri global di segmen kendaraan elektrifikasi. Ia mampu mempercepat tren ini. Tanpa peran Tesla, pabrikan besar sepertinya akan menunggu untuk mengembangkan kendaraan listrik. Mungkin tak akan ada Porsche Taycan, Chevy Bolt EV atau GMC hummer EV. Bahkan Volkswagen Group tak bakal menanamkan investasi besar untuk pengembangan tunggangan elektrifikasi.

Produksi Tesla 1 juta unit

Kembali ke unit kesejutanya. Perayaan capaian tak dibuat terlalu meriah. Dalam unggahannya di Twitter, Musk memperlihatkan foto unit kesejuta yang dikelilingi para pekerja. Tampaknya mereka berpose di pabriknya di Fremont, California, Amerika Serikat. Tak diketahui nasib Model Y dengan label unit ke-1.000.000 itu. Apakah diberikan ke konsumen beruntung, atau mungkin dimuseumkan Musk. Atau malah bakal dikirim ke luar angkasa untuk bergabung dengan sang Roadster? Wajib ditunggu aksi Musk untuk unit bersejarah ini, mengingat ia selalu punya pemikiran aneh yang out of the box. (Hfd/Tom)

Sumber: Caranddriver, Twitter

Baca Juga: Menterengnya Lamborghini Aventador SV Kustom Milik Chris Brown