Suzuki Karimun Wagon R vs Daihatsu Ayla 1.0 vs Datsun GO

Suzuki Karimun Wagon R vs Daihatsu Ayla 1.0 vs Datsun GO
Gambar
Review Pengguna

Cari mobil budget cuma Rp 120 jutaan? Kandidatnya ada pada LCGC city car. Salah satu jagoannya ada Suzuki Karimun Wagon R. Terlepas dari desainnya yang tak mudah diterima banyak orang, Suzuki Karimun Wagon R adalah produk yang sangat baik untuk kelas mobil murah LCGC. Kualitasnya di atas rata-rata, baik dari bodi maupun mesinnya.


Tapi Wagon R tak sendiri. Ada lawan yang juga menawarkan rentang harga sama. Daihatsu Ayla masih punya mesin 1.0 liter dan Datsun GO yang juga dibanderol harga tak jauh berbeda.


DIMENSI


DIMENSION-WKarimun-Wangon-R-Daihatsu-Ayla-1L-x---Datsun-GO


Soal ukuran, Karimun Wagon R terlihat paling kecil. Pasalnya, bodinya paling ramping dan jangkung di antara kompetitornya. Datsun GO menawarkan bodi paling panjang dan lebar dibanding Ayla. Jarak sumbu roda terpanjang, dipegang Ayla, dan Karimun Wagon R paling pendek jarak antar poros rodanya.


Meski begitu, kabin Wagon R termasuk lapang, tidak terasa sempit dan kaku. Suzuki cukup pintar meracik kabin sehingga terasa lapang. Salah satunya, dengan dashboard menggantung, menyisakan ruang kaki ekstra bagi penghuni kabin depan. Sudah begitu, masih ada ruang sisa untuk bagasi. Apalagi kalau bangku kedua dilipat rata, ruang bagasi jadi lebih lapang.


MESIN


PERFORMA-Karimun-Wangon-R-Daihatsu-Ayla-1L-x---Datsun-GO


Ketiganya membawa mesin 3-silinder. Karimun Wagon R dan Ayla sama-sama 1.0 liter, sedang Datsun GO 1.2 liter. Kendati begitu, tenaga Karimun Wagon R sama dengan Datsun Go, 68 PS, sementara Ayla 65 PS. Itu berarti tenaga Wagon R terbilang besar. Soal torsinya, GO unggul dengan 104 Nm, diikuti Wagon R 90 Nm dan Ayla 83 Nm.


Selain manual 5-speed, Karimun Wagon R dan Ayla sudah menyiapkan pilihan transmisi otomatis dengan menambah sedikit biaya. Datsun GO belum punya transmisi otomatis.


FITUR


Fitur hiburan bukan pertimbangan utama dari ketiga mobil. Headunit audionya standar, menawarkan basic audio seperti radio dan pemutar MP3 melalui USB.


suzuki-karimun-wagon-r-gs-steerio


Fitur safety, masing-masing dilengkapi kantung udara tanpa ada rem ABS. Datsun GO hanya menyiapkan satu kantung untuk pengemudi sama halnya dengan Karimun Wagon R. Sedang Ayla tipe Airbag sudah dilengkapi dual SRS Airbag.


HARGA


Ini yang menarik. Karimun Wagon R tipe tertinggi, GS transmisi manual, sekitar Rp 126,5 juta, Daihatsu Ayla 1.0L X MT Rp 116,4 juta. Terakhir Datsun GO T Active Rp 113,8 juta. Terlihat harga Karimun Wagon R menjadi yang termahal, bahkan masih lebih mahal dari Ayla 1.0L transmisi otomatis Rp 125,45 juta.


Baca Juga:  Avanza vs Mobilio vs Ertiga: Menakar Tiga Raja Jalanan

Komparasi Suzuki Karimun Wagon R vs Daihatsu Ayla

Suzuki Karimun Wagon R
  • Rp 120,5 - Rp 142,5 Juta
Daihatsu Ayla
  • Rp 102,15 - Rp 159,9 Juta
Karimun Wagon R vs Ayla

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store