Setelah Forester Subaru Indonesia Pastikan Bakal Ada Produk Baru Lagi di 2022, Mungkinkah XV?

Setelah Forester Subaru Indonesia Pastikan Bakal Ada Produk Baru Lagi di 2022, Mungkinkah XV?

Menandai kebangkitan merek mobil Subaru di Indonesia, PT Plaza Auto Mega atau Plaza Subaru resmi menghadirkan SUV Forester. Mereka juga menjamin layanan after sales dengan program diler 3S (sales, service, dan sparepart) di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan.

KEY TAKEAWAYS

  • Model baru Subaru bakal masuk tahun ini juga

    Diduga Subaru XV atau Crosstrek bakal mengisi lini Subaru di Indonesia
  • Untuk market domestik, produk pertama Subaru Forester dihadirkan dalam 2 varian berbeda yakni 2.0-i L dan 2.0-i S EyeSight. Masing-masing ditawarkan dengan banderol Rp579,5 dan juta Rp659,5 juta yang sudah berstatus on the road (OTR) Jakarta.

    Chief Operating Officer (COO) Subaru Indonesia, Arie Christopher mengatakan jika di tahun ini masih akan ada kejutan produk baru untuk konsumen. Tapi sayangnya dia enggan merinci model spesifik apa yang akan dilansir.

    Subaru XV

    "Akan ada beberapa model. Tapi kalau melihat di website Subaru global secara produk juga memang tidak banyak. Sudah tahu-lah mana saja yang akan masuk Indonesia. Jadi intinya selama produk tersebut cocok dengan market dan regulasi di Indonesia kita pasti akan bawa," kata Arie, belum lama ini.

    Untuk fokus produk jualan Subaru di Indonesia sendiri, dirinya mengatakan jika segmen SUV-lah yang akan digenjot oleh Subaru. Kendati demikian, model sedan juga jadi salah satu agenda yang dibidik oleh APM anyar Subaru ini. "Memang kita tertarik untuk menjual sedan, tapi tujuan dan prioritas kita adalah SUV," imbuhnya.

    Baca juga: Ini Sebabnya Pengiriman Subaru Forester untuk Konsumen Baru Dilakukan di Agustus 2022

    Potensi Besar Subaru XV

    Keran informasi soal produk baru masih ditutup rapat oleh Subaru Indonesia. Tapi mereka coba bermain cantik dengan memberikan semacam pesan jika Subaru XV bakal masuk salah satu calon produk anyar untuk market domestik.

    Kode itu ditampilkan lewat video teaser berdurasi 1 menit 9 detik di kanal YouTube resmi Subaru Indonesia. Pada akhir video pengenalan produk Forester ada framing sebuah mobil misterius berkelir putih dengan beberapa bagian bodi masih tertutupi. Diduga kuat itu adalah crossover Subaru XV yang juga dikenal sebagai Subaru Crosstrek di beberapa negara.

    Subaru crosstrek

    Hal ini terlihat dari bentuk khas XV, mirip seperti Subaru Impreza hatchback dengan ground clearance tinggi dan body cladding layaknya mobil SUV. Mobil tersebut adalah generasi kedua dari lini model XV yang diperkenalkan pada pameran otomotif New York International Auto Show (NYIAS) 2017 lalu.

    Mengutip laman resmi Subaru Amerika, Subaru XV atau Crosstrek juga sudah dipersenjatai Subaru Global Platform yang sama dengan Forester di Indonesia. Penggunakan konstruksi ini diklaim lebih aman, nyaman, dan menawarkan rigiditas yang baik.

    Soal mesinnya, di balik bonnet bersemayam enjin FB20 Boxer 2.0 liter yang mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 152 daya kuda dan torsi puncak menyentuh 196 Nm. Output itu dikawinkan dengan sistem penggerak Symmetrical All-Wheel Drive (AWD) dengan transmisi otomatik CVT.

    Di Amerika Serikat, Subaru Crosstrek dijual mulai dari 23.145 USD atau Rp338,8 juta (kurs 1 USD = Rp14.609,55 per 25 Mei 2022), hingga tipe termahal Crosstrek Sport yang diLEGO 27.495 USD atau Rp409 juta.

    Crossover ini juga tersedia dalam pilihan mesin hybrid yang mana dijual seharga 36.345 USD atau setara Rp530 jutaan. Rasanya kita hanya tinggal menunggu sebentar lagi untuk prosesi peluncuran resmi dari mobil ini. Untuk diketahui juga, sebelum berbendera Plaza Subaru, APM terdahulu pernah meniagakan Subaru XV untuk konsumen di Indonesia. (Kit/Tom)

    Baca juga: Pendatang Baru All New Subaru Forester Lawan Honda CR-V

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature