Road Trip Jakarta - Surabaya Bersama All New Toyota Yaris Cross S HV

Keunggulan sistem hybrid saat dipakai perjalanan jauh

Road Trip Jakarta - Surabaya Bersama All New Toyota Yaris Cross S HV

Ada yang berbeda dari Electria persembahan OTO Media Group kali ini. Tim mengambil teknologi mobil hybrid sebagai bagian dari elektrifikasi digunakan untuk simulasi mudik, lantaran masih dalam bulan Ramadhan dan menyambut Lebaran. Alasannya, sebagai alternatif dari mobil listrik yang sepenuhnya menggunakan baterai, teknologi Hybrid menawarkan keuntungan dari dua teknologi, elektrifikasi dan mesin pembakaran internal.

Toyota menjadi pabrikan yang aktif menawarkan produk hybrid. Cukup banyak model yang masuk lini keluarga hybrid ditawarkan di Indonesia. Salah satu yang terbaru adalah Yaris Cross. Varian atas dengan menawarkan opsi dengan imbuhan Toyota Hybrid System. Menjadi model yang pas sebagai tes perjalanan jarak jauh sekaligus meninjau jalur mudik. Kami pun memutuskan membawa All New Yaris Cross HEV dari Jakarta menuju Surabaya dalam Electria: Mudik with Hybrid.

Kenapa Harus All New Toyota Yaris Cross HEV?

Toyota Yaris Cross

Tentu karena tema kali ini adalah Electria: Mudik with Hybrid, jadi harus kendaraan dengan sistem hybrid yang dicoba. Lalu kenapa Yaris Cross HEV?

All New Yaris Cross sendiri hadir dengan diferensiasi tawaran sistem hybrid dibanding pemain lain di segmen yang sama. Tentu saja berlaku sebagai varian atas. Terdapat juga varian non-hybrid untuk All New Yaris Cross. Namun, kembali lagi, pada perjalanan kali ini perlu pembuktian apakah mobil hybrid cocok untuk digunakan sebagai kendaraan jarak jauh. Dalam kesempatan ini sebagai kendaraan mudik. Kemudian dari perjalanan ini juga bisa dilihat keunggulan Yaris Cross HEV jika digunakan sebagai kendaraan jarak jauh dibandingkan mobil listrik maupun mobil yang tidak dilengkapi sistem hybrid.

Performa Bikin Terkesima

Toyota Yaris Cross

Perjalanan kami menuju Surabaya tentu saja dengan rute tol Trans Jawa. Meski mayoritas perjalanan merupakan jalur tol, banyak kondisi yang bisa menjadi pembuktian keunggulan All New Yaris Cross. Pertama misalnya, saat memasuki Tol Layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ). Jalan tol ini sudah tersohor dengan permukaan yang bergelombang, menjadi medan uji kenyamanan suspensi dan pengendalian.

Apabila menggunakan kendaraan dengan bantingan suspensi keras, jaminan kenyamanan berkurang saat melintas Tol MBZ. Tapi tidak demikian saat menggunakan All New Yaris Cross. Jujur sedikit kaget saat mengetahui kalau mobil ini punya bantingan yang cenderung lembut. Biasanya, pabrikan cenderung menjadikan jenis SUV compact seperti Yaris Cross dengan setelan yang agak kaku dan sporty.

Meski empuk, bukan berarti mobil menjadi mantul-mantul saat melewati jalan bergelombang. Kombinasi platform TNGA, suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam pada All New Yaris Cross menawarkan racikan yang seimbang antara kenyamanan dan rasa sporty yang dibutuhkan untuk manuver lebih cekatan. Alhasil, kenyamanan terjamin selama melintas tol layang MBZ.

Selepas dari Tol MBZ, tak jauh ada Rest Area KM 57. Kami pun mampir sejenak untuk rehat. Selain itu, di sini ada Posko Siaga Toyota yang tersedia dari 5 April sampai 15 April 2024 untuk para pemudik dengan kendaraan Toyota. Fasilitasnya antara lain ada ruangan ber-AC, makanan dan minuman, tempat beristirahat, tempat bermain anak, WiFi dan layanan servis yang bisa dinikmati selama 24 jam.

Toyota Yaris Cross

Kembali ke perjalanan, dengan ruas Tol Palimanan - Kanci arah Cirebon. Mulai dari sini, melintas Jawa Tengah sampai ke Jawa Timur, jalan tol membentang. Menjadi medan untuk menguji performa mesin All New Yaris Cross.

Mesin yang digendong memiliki kode 2NR-VEX, dengan huruf X di akhir menandakan kalau ada sistem hybrid yang digunakan. Secara enjin, 4-silinder 1,5 liter Dual VVT-i punya tenaga 67 kW (89 hp) di 5.500 rpm dan torsi 121 Nm di 4.000 - 4.800 rpm. Tambahkan lagi tenaga dari dinamo motor elektrik sebesar 59 kW (79 hp) dan torsi 141 Nm. Figurnya kalau secara total, menjadi hampir dua kali lipat dari All New Yaris Cross tanpa sistem hybrid. Mobil ini menggunakan transmisi CVT dan penggerak roda depan.

Benar saja, ketersediaan tenaga terasa lebih berkat penggunaan sistem hybrid. Tarikan menjadi lebih enteng dan sistem dengan pintar mengatur penggunaan baterai sebagai sumber tenaga atau menggunakan mesin. Dalam hal pengendaraan dengan kecepatan tinggi, mesin akan lebih banyak bekerja. Sementara jika berkendara cruising lebih santai dengan kecepatan rendah sampai medium, bisa merasakannya sebagai mobil listrik. Dengan kata lain, mesin tidak menyala dan hanya mengandalkan baterai sebagai penggerak roda. Dalam beberapa kondisi, pengemudi bisa memilih untuk tetap menggunakan mode EV sepenuhnya.

Performa yang berlimpah bikin lupa kalau mobil ini berada di kelas kendaraan dengan mesin 1.500 cc. Injakan pedal terasa ringan dan responsif dalam menyediakan tenaga. Jika butuh tenaga lebih, tambah tekanan pada pedal akselerasi, langsung tersedia. Belum lagi, ada tombol yang bisa mengganti mode berkendara. Dari Normal menjadi Eco atau PWR (power). Model PWR bakal meningkatkan kadar responsif menjadi lebih tinggi untuk ketersediaan tenaga yang lebih cepat.

Ketika suspensi sudah terasa pas dan tenaga mesin menyenangkan. Tinggal pengendalian yang menjadi penyempurna performa. All New Yaris Cross pun punya tawaran handling yang bikin pengemudi betah berlama-lama mengendalikannya. Bobot putar setir ringan, namun tetap presisi dan punya feedback yang baik. Input dari gerakan kemudi langsung diterjemahkan dengan sesuai. Memudahkan dalam bermanuver, misal menyalip kendaraan, bergerak penuh dinamika di kecepatan rendah atau saat parkir.

Saat bertemu Rest Area KM 207 A bisa mampir untuk istirahat sekaligus mengecek kondisi kendaraan. Karena di sini juga ada Posko Siaga Toyota.

Menjamin Keamanan dan Keselamatan

Toyota Yaris Cross

Perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya memang didominasi jalan tol. Beberapa ruas jalan tol yang lurus, datar, monoton dan terasa membosankan, berpotensi menimbulkan bahaya karena bisa menyebabkan microsleep. Selain itu, ramainya pengguna jalan saat mudik tentu meningkatkan risiko kecelakaan. Makanya, selain kondisi diri dan kendaraan yang prima, fitur pendukung dari kendaraan juga diperlukan.

All New Yaris Cross pun punya daftar fitur yang bisa memberi keamanan, keselamatan dan kenyamanan selama di perjalanan. Terkhusus saat melintas jalan tol seperti Trans Jawa. Fitur standar seperti rem cakram di tiap roda, ABS+EBD+BA, 6 airbags. Ditambah lagi fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang canggih dan dapat memberi proteksi lebih selama di perjalanan.

Pertama ada fitur seperti Blind Spot Monitoring yang akan memberi peringatan jika ada kendaraan di titik buta yang mendekat. Kemudian Pre-Collision Warning & Braking yang memanfaatkan kamera dan radar, akan memberi peringatan hingga pengereman otomatis jika mendeteksi potensi tabrak depan. Ada juga Lane Keeping Control yang disokong dengan Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention untuk menjaga mobil tetap di jalur yang sesuai.

Toyota Yaris Cross

Jika jalanan lengang tak ramai dengan kendaraan lain, bisa memanfaatkan fitur Adaptive Cruise Control. Maksimal kecepatan pada Cruise Control adalah 125 km/jam. Dan kadar adaptif bisa disetel jaraknya dalam tiga pengaturan. Fitur Automatic High Beam terasa sangat berguna saat melintas di ruas jalan tol yang minim penerangan ketika malam hari. Dengan fitur Automatic High Beam, bisa dengan otomatis mengaktifkan lampu besar sehingga visual pengemudi lebih jelas.

Masih banyak lagi daftar fitur TSS pada All New Yaris Cross S HV. Seperti Rear Cross-Traffic Alert, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert. Terlebih lagi dengan bekal kamera di sekeliling bodi serta fitur Panoramic View Monitor dapat memudahkan ketika parkir atau harus melewati jalanan sempit.

Karena perjalanan masih panjang, kami pun memutuskan untuk mampir dan bermalam di Surakarta. Memasuki ruas tol Semarang - Solo memang banyak persimpangan yang terkadang membingungkan. Solusi aman adalah memanfaatkan petunjuk navigasi digital. Melalui konektivitas Android Auto atau Apple CarPlay ke layar 10,1 inci, bisa dengan mudah menampilkan Google Maps. Mencari tujuan pun lebih mudah dengan tampilan yang lapang.

Hebatnya Hybrid!

Toyota Yaris Cross

Sampai di Surakarta atau Solo, kami pun penasaran dengan hasil konsumsi bahan bakar All New Yaris Cross HEV. Sebelumnya, kami sudah mereset angka di MID dan melakukan pengisian penuh bahan bakar. Dua acuan itu untuk membandingkan konsumsi bahan bakar. Pertama, setelah menempuh jarak sekitar 483 km hasil di MID menunjukkan angka 19,7 km/liter. Sedangkan dari hasil hitung full-to-full, kami mendapatkan 18,9 km/liter. Tidak terlalu jauh perbedaannya. Jadi data dari MID termasuk akurat. Oh ya, kami menggunakan bahan bakar dengan RON 92.

Yang menarik, angka itu bisa dikatakan sangat irit. Apalagi kalau menilai pengemudian kami yang tidak eco-driving. Bahkan kerap melakukan eksplorasi tenaga pada All New Yaris Cross HEV. Belum lagi beberapa area jalan yang menanjak di daerah ruas tol Semarang - Solo. Benar saja kalau All New Yaris Cross dibilang punya keunggulan dari segi performa tanpa mengorbankan soal bahan bakar. Di sini letak kehebatan mobil hybrid!

Kabin Nyaman

Toyota Yaris Cross

Melanjutkan perjalan dari Solo menuju Surabaya. Kembali masuk Tol Trans Jawa. Jarak pun masih cukup jauh sehingga kenyamanan sangat penting. All New Yaris Cross tawarkan kenyamanan ekstra bagi penghuni kabinnya. Baik pengemudi maupun penumpang. Pertama dari penggunaan material kulit yang membungkus jok dan bagian lain dari kabin, membuat nyaman saat bersentuhan dengan kulit dan mewah dipandang. Pengaturan kursi depan juga sudah elektrik yang tidak bikin repot.

Kabin termasuk lega, khususnya di bagian leg room dan head room. Nilai lapang juga berlaku di baris kedua hingga bagasi untuk penyimpanan. Selain itu, banyak kompartemen seperti pada konsol tengah dan cup/bottle holder tersebar di kabin. Memberi kemudahan untuk menyimpan minuman dan makanan ringan sebagai bekal di perjalanan. Plus ada Wireless Charger yang bisa mengisi daya ponsel dengan cepat dan tanpa kabel.

Tak ketinggalan ada Panoramic Glass Roof yang bikin suasana di kabin terasa lebih mewah dan menyenangkan. Apalagi kalau diaktifkan saat suasana senja yang indah. Ketika malam menyambut, masih ada lampu ambient di kabin yang terlihat estetik.

Semua Orang Bisa Berkontribusi!

Toyota Yaris Cross

Sesampainya di kota Surabaya, kami sengaja menyempatkan untuk mampir ke stasiun pengumpulan sampah yang didirikan Toyota. Lokasinya di Radial Road Citraland. Cukup ketik Rekosistem Waste Station Toyota Radial Road dalam pencarian navigasi di kendaraan atau smartphone. Di sini, bisa menyetorkan sampah untuk dikumpulkan dan nantinya diolah kembali. Bagi yang menyetorkan juga bisa mengumpulkan poin. Jadi sambil menjaga lingkungan, bisa tetap mendapat reward..

Penggunaan mobil hybrid Toyota pun masuk dalam kontribusi menjaga lingkungan. Memang kalau bicara emisi nol dari mobil listrik akan berbeda, karena hybrid masih menghasilkan emisi. Namun, pemangkasannya jelas sangat signifikan dibandingkan tanpa teknologi hybrid. Selain itu, teknologi EV yang cenderung masih mahal menjadikannya lebih terbatas untuk bisa dinikmati lebih banyak orang. Beda dengan hybrid yang bisa diakses oleh lebih banyak masyarakat. Sesuai dengan jargon Toyota, yakni It's Time for Everyone! Semua orang bisa berkontribusi menuju netralitas karbon.

Simpulan

Toyota Yaris Cross

Menempuh jarak sekitar 800 km dari Jakarta sampai Surabaya. Terasa menyenangkan ketika ditemani All New Toyota Yaris Cross. Poin pembuktian dari misi Electria dengan mobil hybrid kali ini pun bisa dipaparkan. Hybrid yang masih masuk dalam kategori elektrifikasi karena mengandalkan baterai dan motor penggerak, menjadi solusi ramah lingkungan yang paling mudah dijangkau saat ini. Dalam arti, pengguna tak perlu merasakan kecemasan dari keterbatasan stasiun pengisian daya listrik, maupun menunggu untuk mengisi baterai.

Dengan teknologi hybrid, ketenangan selama menggunakan masih bisa dirasakan berkat pengisian bahan bakar. Namun, efisiensi yang lebih baik dari mobil dengan mesin pembakaran internal biasa menjadikannya lebih ramah lingkungan. Plus, pengalaman melaju dengan tenang menggunakan baterai dan penggerak listrik juga bisa didapatkan. Sambil menunggu ekosistem kendaraan listrik yang lebih matang, hybrid jadi solusi tepat bagi yang ingin berkontribusi terhadap lingkungan.

Di sisi lain, All New Toyota Yaris Cross HEV sendiri merupakan produk yang solid. Desain yang sangat mudah diterima, beragam fitur pendukung, safety yang melebihi standar dan yang pasti performa serta efisiensi hebat berkat teknologi hybrid. Jaminan nama Toyota juga tak bisa dilepaskan dari nilai plus. Bahkan, Toyota memberi garansi untuk baterai pada model HEV sepanjang 8 tahun. Sebuah jaminan yang bikin tenang pemilik, bahkan ketika mobil ingin dijual kembali. Sehingga tidak menjatuhkan resale value. (ADV)

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Toyota

  • Toyota Calya
    Toyota Calya
  • Toyota Avanza
    Toyota Avanza
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
  • Toyota Kijang Innova
    Toyota Kijang Innova
  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
  • Toyota Raize
    Toyota Raize
  • Toyota Veloz
    Toyota Veloz
  • Toyota Hilux
    Toyota Hilux
  • Toyota Hiace
    Toyota Hiace
Harga Mobil Toyota

Jangan lewatkan

Promo Toyota Yaris Cross, DP & Cicilan

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Rp 785,8 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Avanza 2024
    Toyota Avanza 2024
    Rp 294,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Toyota Yaris Cross Terbaru di Oto

Oto
  • Toyota Yaris Cross Hybrid, Mudik Jakarta - Surabaya dengan BBM Seirit Ini
    Toyota Yaris Cross Hybrid, Mudik Jakarta - Surabaya dengan BBM Seirit Ini
    10 Apr, 2024 .
  • Cobain Langsung All New Toyota Yaris Cross, Sesuai Harga! | First Drive
    Cobain Langsung All New Toyota Yaris Cross, Sesuai Harga! | First Drive
    16 Jun, 2023 .
  • Toyota All New Yaris Cross, Lawan Tangguh Honda HR-V | First Impression
    Toyota All New Yaris Cross, Lawan Tangguh Honda HR-V | First Impression
    09 Jun, 2023 .
Tonton Video Mobil Toyota Yaris Cross

Bandingkan & Rekomendasi

Toyota Yaris Cross
Toyota Yaris Cross
Rp 353,9 - 452,45 Juta
Harga Yaris Cross
Honda BRV
Honda BRV
Rp 292,9 - 363,4 Juta
Harga Honda BRV
Toyota Rush
Toyota Rush
Rp 284,4 - 310,45 Juta
Harga Rush
DFSK Glory i-Auto
DFSK Glory i-Auto
Rp 365,2 Juta
Harga Glory i-Auto
MG ZS
MG ZS
Rp 315,8 - 355,8 Juta
4.67 (2 Ulasan)
Harga MG ZS
Tenaga 105
119
103
148
112
Torsi 138 Nm
145 Nm
136 Nm
220 Nm
150 Nm
AC Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
EBD (Electronic Brake Distribution) Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Kantong Udara Pengemudi Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Airbag Penumpang Depan Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Headrest Kursi Belakang Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Power Steering -
Ya
Ya
Ya
Ya
Adjustable Seats -
Ya
Ya
Ya
Ya
Bandingkan Sekarang

Tren SUV

  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mercedes Benz EQE SUV
    Mercedes Benz EQE SUV
    Rp 1,222 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Neta U
    Neta U
    Rp 463,76 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Haval Jolion
    Haval Jolion
    Rp 442,21 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil SUV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota Yaris Cross dari Carvaganza

  • LEBARAN DRIVE 2024: Pakai Toyota Yaris Cross HEV Mudik ke Tegal, Ini Benefit Dari Mesin Hybrid
    LEBARAN DRIVE 2024: Pakai Toyota Yaris Cross HEV Mudik ke Tegal, Ini Benefit Dari Mesin Hybrid
    Anjar Leksana, 15 Apr, 2024
  • Toyota Yaris Cross, SUV Penyaji Keseruan Berkendara dan Kelengkapan Mumpuni
    Toyota Yaris Cross, SUV Penyaji Keseruan Berkendara dan Kelengkapan Mumpuni
    Muhammad Hafid, 06 Nov, 2023
  • Toyota Genjot Produksi Yaris Cross Bulan Ini Cegah Inden Panjang
    Toyota Genjot Produksi Yaris Cross Bulan Ini Cegah Inden Panjang
    Alvando Noya, 12 Jul, 2023
  • Banyak Fitur TSS di Toyota Yaris Cross Hybrid, Tapi Kurang Memuaskan
    Banyak Fitur TSS di Toyota Yaris Cross Hybrid, Tapi Kurang Memuaskan
    Alvando Noya, 10 Jul, 2023
  • Nyetir Antar Kota Pakai Toyota Yaris Cross Sambil Coba Fitur Canggih TSS
    Nyetir Antar Kota Pakai Toyota Yaris Cross Sambil Coba Fitur Canggih TSS
    Alvando Noya, 04 Jul, 2023

Artikel Mobil Toyota Yaris Cross dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid saat ke Luar Kota?
    Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid saat ke Luar Kota?
    Anjar Leksana, 06 Mei, 2024
  • Keunggulan All New Toyota Yaris Cross Hybrid yang Membuatnya Nikmat Dipakai Mudik
    Keunggulan All New Toyota Yaris Cross Hybrid yang Membuatnya Nikmat Dipakai Mudik
    Ardiantomi, 22 Apr, 2024
  • Menjelajah Irit Jakarta - Surabaya Bersama All New Toyota Yaris Cross S HV
    Menjelajah Irit Jakarta - Surabaya Bersama All New Toyota Yaris Cross S HV
    Ardiantomi, 18 Apr, 2024
  • Minat Kredit Toyota Yaris Cross GR Hybrid TSS, Cek Cicilannya
    Minat Kredit Toyota Yaris Cross GR Hybrid TSS, Cek Cicilannya
    Anjar Leksana, 15 Apr, 2024
  • Bisa Tukar Tambah, Skema Cicilan Toyota Yaris Cross 2023 Mulai Rp7 Jutaan
    Bisa Tukar Tambah, Skema Cicilan Toyota Yaris Cross 2023 Mulai Rp7 Jutaan
    Anjar Leksana, 14 Jun, 2023

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*