Porsche Cayenne Terbaru, Mobil Sport Dalam Tubuh SUV

Porsche Cayenne Terbaru, Mobil Sport Dalam Tubuh SUV
Gambar
Review Pengguna

Porsche Cayenne terbaru resmi dipasarkan di Indonesia, beberapa waktu lalu (1/3). Berbagai ubahan diberikan agar karakter sportnya semakin kental. Mulai dari rangka ringan, transmisi Tiptronic S sampai fitur rear-axle steering.

Rangkanya gabungan dari baja dan aluminium, sukses membuat bobot Cayenne turun sekitar 65 Kg. Kali ini penggunaan aluminiumnya cukup banyak, tersebar baik di atap, lantai, pintu, kompartemen mesin dan bagasi.

Karakter sport kental lantaran fitur rear-axle steering yang diadaptasi dari model 911. Sistem ini membuat roda belakang ikut berbelok maksimal tiga derajat. Saat berada di kecepatan rendah, roda belakang otomatis bergerak melawan arah roda depan. Gunanya untuk memudahkan manuver terutama saat parkir. Tatkala kecepatan sudah di atas 80 Kpj, roda belakang mengikuti pergerakan roda depan. Efeknya pergerakan kemudi jadi lebih presisi dan menjadikan mobil stabil saat diajak melesat, layaknya mobil sport premium.

"Bayangkan memiliki sebuah mobil yang dilengkapi dengan kemampuan luar biasa untuk pengalaman sehari-hari yang adaptif di jalan manapun di Indonesia. Interior luas dan suspensi udara tiga tingkat, memberi pengalaman yang nyaman bagi penumpang di dalam kendaraan. Sementara DNA mobil sportnya, pasti menggetarkan para pengemar fanatik Porsche," ujar Managing Director Porsche Indonesia, Chritoph Choi seperti dikutip dari rilis resmi yang kami terima.

Soal tenaga tak perlu diragukan. Porsche Cayenne tersedia dalam dua pilihan mesin. Opsi pertama 3.0 liter twin turbo berkonfigurasi enam silinder segaris. Mesin standar ini mampu menyemburkan torsi puncak 450 Nm pada 1.340-5.300 rpm dan tenaga maksimal 340 rpm. Khusus Anda yang menginginkan performa lebih, bisa pilih Cayenne S dengan depot daya V6 berkapasitas 2,9 liter twin turbo. Meski kapasitasnya lebih kecil tapi torsi puncak yang dihasilkan lebih besar mencapai 550 Nm pada 1.800-5.500 rpm dan tenaga maksimalnya 440 hp.

Kemampuan hebat Cayenne didukung transmisi otomatis delapan percepatan Tiptronic S. Menghasilkan perpindahan gigi lebih cepat dan halus. Gigi satunya dibuat pendek untuk menghasilkan akselerasi mantap. "Setiap model Cayenne mencapai kecepatan maksimum di gigi enam. Gigi tujuh dan delapan sengaja untuk efisiensi maksimal dan kenyamanan saat berkendara jarak jauh," seperti dikutip dari buku manual Porsche Cayenne.

Tidak kalah canggih, proses pendinginan mesinnya memakai cooling air flaps. Secara otomatis kisi-kisi udara di bemper dapat terbuka saat mesin butuh udara sejuk. Sementara saat mobil dalam kondisi berakselerasi, kisi-kisi itu tertutup untuk meningkatkan aerodinamika.

Berapa harganya? "Cayenne kami memiliki harga yang kompetitif di segmennya," cuma itu jawaban Cristoph. Seperti biasa, dia tidak mau membeberkan secara gamblang. Sebagai gambaran, Cayenne dijual di Singapura mulai dari SGD 343.488 atau setara Rp 3,57 miliar dan Cayenne S SGD 433.988 atau setara Rp 4,52 miliar. (Lodra/RS)

Baca juga: Bokong Porsche 911 Generasi Mendatang Tersingkap

Jelajahi Porsche Cayenne

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store