Porsche Cayenne Mampu Menarik Airbus A380

Porsche Cayenne Mampu Menarik Airbus A380
Gambar
Review Pengguna

Cayenne menarik Airbus

Menarik pesawat jet komersial, menjadi sarana promosi yang ampuh bagi pabrikan otomotif. Tujuannya, tak lain menunjukkan keperkasaan tenaga dan torsi yang dihasilkan dari mesin mobil bersangkutan. Masih melekat di ingatan, saat Volkswagen Touareg V10 TDI menarik Boeing 747 lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Kemampuan menarik pesawat berbobot 155 ton, masih terdengar impresif hingga sekarang. Tapi rekor itu patah pada 2012 lalu. Toyota Tundra menunjukkan keperkasaannya dengan menarik pesawat luar angkasa Endeavor. Dan setahun kemudian, Nissan Patrol juga sukses menarik pesawat kargo seberat 170 ton.

cayenne turbo s menarik pesawat

Rekor baru dipegang kembali oleh Volkswagen Group. Kali ini menggunakan Porsche Cayenne varian S Diesel yang memiliki tenaga dan torsi lebih dahsyat ketimbang VW Touareg V10 TDI. Touareg V10 TDI sudah memiliki tenaga 313 PS dengan torsi 750 Nm. Berbanding cukup signifikan dengan Cayenne S Diesel dengan 385 PS dan torsi 850 Nm.

Pesawat penumpang terbesar di dunia, Airbus A380, milik maskapai Air France yang memiliki bobot 285 ton menjadi target. Rekor yang dipegang Patrol pun terpecahkan saat Cayenne S Diesel mampu menarik jumbo jet ini sejauh 73 meter di landasan udara Charles de Gaulle, Paris, Prancis.

porsche-cayenne-s-diesel-pulls-airbus-a380

Tidak cukup hanya Porsche Cayenne S Diesel saja. Untuk memanaskan suasana, Porsche turut membawa serta Cayenne Turbo S dan melakukan aksi yang sama. Hasilnya juga memukau. SUV sport yang dirancang untuk menaklukkan sirkuit Nurburgring ini juga mampu menarik Airbus A380 tanpa kesulitan berarti sepanjang 42 meter.

Menilik output Cayenne Turbo S, berasal dari mesin bensin V8 4,8-liter biturbo dengan besaran tenaga 570 PS dan torsi 800 Nm. Ya, torsi paling berbicara soal menarik beban yang sangat berat. Porsche pun membuktikannya walaupun memiliki perbedaan torsi 50 Nm antara kedua mobil itu.

porsche cayenne cetak rekor

Kedua varian Cayenne mampu menuntaskan tugas dengan baik. Namun gelar yang diberikan oleh Guinness Book of Records berhak disandang Cayenne S Diesel, karena jarak yang lebih jauh. Dua-duanya dalam kondisi standar saat pemecahan rekor ini. Hanya ditambahkan, towing untuk menyambungkannya ke pesawat dan tetap dengan kemampuan menarik beban maksimal 3,5 ton sesuai di spesifikasi. Tapi, fakta rupanya berbicara lain.

Baca Juga: Porsche dan Audi Kerja Sama Ciptakan Mobil Masa Depan

Sumber: Motor1, Motorauthority

Jelajahi Porsche 718

Porsche 718 Rp 1,5 - Rp 2,5 Milyar Cicilan : Rp 34,32 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store