Pembuktian Mesin, Daihatsu Ajak Media Mencicipi Langsung Rocky 1.2L di Medan yang Sesuai

Pembuktian Mesin, Daihatsu Ajak Media Mencicipi Langsung Rocky 1.2L di Medan yang Sesuai

Pada Juni 2021 lalu, varian mesin 1.2L dari Daihatsu Rocky diperkenalkan. Statusnya world premiere. Karena menggendong mesin baru yang tidak diberikan pada Rocky di negara lain. Diungkap, mesin itu memang dikembangkan khusus untuk jalanan Indonesia. Sehingga menawarkan sensasi berkendara berbeda ketimbang Rocky bermesin turbo.

Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan mesin 1.200 cc Rocky dikembangkan secara khusus. Mesin ini menawarkan sensasi berkendara yang berbeda dengan mesin 1.0L Turbo.

"Sahabat dapat merasakan sensasi berkendara Daihatsu Rocky disertai beragam fitur unggulan canggih terkini yang bisa membuat perjalanan Sahabat menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan," ujar Audi saat ditemui di pusat R&D (Research & Development) Daihatsu, Karawang Timur, Selasa (5/10/2021).

Daihatsu Rocky 1.2L

Kehadiran varian Rocky mesin 1.2L jelas memberikan pilihan pada calon konsumen yang menginginkan pilihan dapur pacu tanpa turbo. Untuk itu, Oto.com mendapat kesempatan dari Daihatsu untuk mencoba mesin ini secara langsung.

Baca juga: Rocky 1.2L Bakal Jadi Backbone Penjualan Daihatsu

 

Tempat pengujian yang disediakan adalah proving ground Daihatsu yang memiliki panjang lintasan 2,7 kilometer. Namanya proving ground, didesain sebagai simulasi pengujian yang sesuai dengan target.

Oto.com juga berkesempatan mencoba akselerasi dan tenaga mesin 1.2L ini di lintasan lurus sepanjang 825 meter. Selain lintasan tersebut peserta juga mendapat kesempatan menjajal tanjakan 14 derajat untuk penggambaran kemampuan mesinnya.

Daihatsu Rocky 1.2L

Soal spesifikasi di atas kertas, Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder, memiliki performa bertenaga dengan menghasilkan maximum power 88 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.500 rpm. Mesin ini memiliki kemampuan melewati jalanan menanjak, responsif, sekaligus diklaim tetap irit bahan bakar.

Dimensi mesin Rocky 1.2L lebih kecil dibanding yang digunakan pada Sigra. Mesin ini memiliki ukuran tinggi 540 mm dan lebar 360 mm dengan berat hanya 65 kilogram berkat penggunaan bahan ringan dan kuat. Mesin yang kecil ini berdampak pada rumah roda untuk manuver kendaraan yang lebih baik.

Soal dimensi ukurannya termasuk kompak. Mobil ini memiliki ukuran panjang  4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm dengan ground clearance setinggi 200 mm, serta radius putar 4,9 meter. Mobil ini dilengkapi sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering), membuat Rocky 1.2L terbukti cocok dikendarai di berbagai kondisi jalan dan perkotaan dengan jalanan sempit di Indonesia. 

Rocky 1.2L dilengkapi dengan teknologi transmisi terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission) serta pilihan transmisi manual. Transmisi ini juga diberikan pada varian turbo.

Daihatsu Rocky 1.2L

Rocky 1.2L juga dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti HSA (Hill Start Assist), yang mampu mencegah mobil agar tidak mundur saat berhenti di jalanan menanjak, VSC (Vehicle Stability Control) mencegah oversteer dan understeer ketika berbelok, SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, serta rear parking camera yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Fitur ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brake Force Distribution) menjadi standar untuk memaksimalkan pengereman agar kendaraan tetap dapat dikontrol ketika melakukan pengereman terlalu dalam saat panik atau darurat, serta memberikan distribusi tekanan pengereman yang merata pada seluruh roda sesuai kondisi berkendara.

Berbagai fitur terkini pun turut disematkan. Seperti LED headlamp & rear combi lamp, dan start stop button. Masih ada layar 7 inci TFT Metercluster dengan 4 mode tampilan, touchscreen audio 7 inci dengan smartphone connectivity, serta pelek berdiameter 16 inch yang membuat tampilan Daihatsu Rocky semakin tangguh.

Daihatsu Rocky

Dikembangkan khusus untuk jalanan Indonesia

Pengembangan varian Rocky 1.2L disebut dilakukan oleh putra-putri bangsa melalui tim R&D PT ADM bersama tim Daihatsu Motor Company Jepang juga Malaysia, dan telah melewati serangkaian uji tes jalan dengan beragam 24 kondisi jalan di Indonesia.

Audi mengungkapkan jalanan di Indonesia berbeda dengan kedua negara di atas. Indonesia dikenal dengan jalanan menanjak yang panjang, seperti jalanan di Malang, serta pengembangan riding comfort yang berbeda.

“Pengembangannya dilakukan sejak 2017. Performa Rocky tidak di-copy paste begitu saja dari Jepang ke sini, tapi sudah disesuaikan. Semua riset dan development dilakukan di pusat R&D Daihatsu ini. Rocky 100 persen pengembangannya oleh Daihatsu, waktu itu dari Indonesia ada sekitar 60 orang yang ikut dalam pengembangan produk ini,” ucap Audi. (Sta/Tom)

Harga Daihatsu Rocky 1.2L

  • 1.2 X CVT ADS Rp 215.000.000
  • 1.2 X CVT Rp 207.000.000
  • 1.2 X MT ADS Rp 199.300.000
  • 1.2 X MT Rp 191.300.000
  • 1.2 M CVT Rp 194.600.000
  • 1.2 M MT Rp 178.900.000

Baca juga: Mengulik Desain Daihatsu Xenia 2022, Tampilannya Total Berganti

Jelajahi Daihatsu Rocky

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Rocky
  • Tampak belakang serong Rocky
  • Tampak Grille Rocky
  • Fog lamp depan Rocky
  • Lampu depan Rocky
  • lampu belakang Rocky
  • Daihatsu Rocky Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Rocky
Daihatsu Rocky
Rp 180,7 - Rp 237,9 Juta Cicilan : Rp 4,12 Juta

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV