Mini John Cooper Works GP Debut, Banderolnya Rp 600 Jutaan

Mini John Cooper Works GP Debut, Banderolnya Rp 600 Jutaan

Mini John Cooper Works (JCW) GP dikenalkan lewat event LA Auto Show 2019. Tampilannya lebih galak dan sporty, berkat penyematan berbagai aksesori. Namanya JCW, tak lengkap kalau performa normal saja. Seperti biasa, jantung penggerak juga dipasangkan yang lebih bertenaga, memastikan performanya mumpuni.

Klaim Mini, JCW GP dapat melesat dari posisi nol ke 100 kpj dalam 5,1 detik. Angka ini hampir menyamai Honda Civic Type R. Adapun kecepatan tertinggi yang bisa dicapainya 225 kpj (dibatasi). Prestasi itu diraih berkat mesin 2,0 liter turbocharged yang menghasilkan daya sebesar 302 hp. Angka ini lebih besar 74 hp dari JCW standar. Untuk momen puntirnya mencapai 450 Nm yang sudah keluar sejak putaran 1.750 rpm.

Berbagai peningkatan dilakukan, mulai memperbesar volume, pemasangan knalpot free-flowing dan turbocharger yang di-tuning. Sistem pelumas dan pendingin juga dioptimalkan, sehingga kinerja mesin tetap prima meski dipacu layaknya mobil balap. Seluruh tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui perangkat pemindah gigi Steptronic 8-speed terintegrasi differential lock mekanis.

Sistem suspensi ikut direvisi kekakuannya, guna mendukung kestabilan manuver. Ia juga dibuat lebih ceper. Ban yang digunakan punya tapak lebih lebar. Sementara sistem pengereman ditunjang cakram 14,1 inci dengan caliper empat piston di depan. Fitur pendukung pengendalian tak luput diberikan. Terdapat Dynamic Stability Control yang menjaga mobil dari terjadinya understeer dan oversteer.

Wujud JCW GP dibuat agresif dengan fender besar yang mencuat keluar. Ini dikombinasikan pelek 18 inci berbobot 9 kg. Desainnya sederhana dan terkesan elegan, ketimbang sporty. Wajahnya dibekali aksesori bergaya garang. Tengok saja grille dengan corak sarang lebah yang dibelah palang merah horizontal. Kelir yang sama juga diaplikasikan pada bumper. Bergeser ke belakang, ada spoiler masif, biar bisa mendapat down force lebih optimal.

Makanya Untuk memperoleh performa andal, Mini mengorbankan sedikit kenyamanan. Layaknya mobil balap, insulasi untuk kekedapan kabin dikurangi, lalu jok yang dipasang hanya dua di baris depan. Area belakang dipasangi palang, yang berfungsi mencegah barang di ruang kargo terlempar ke depan saat mengalami insiden tak diinginkan atau berhenti mendadak.

Tersedia dalam banyak pilihan warna, Mini hanya membuat JCW GP sebanyak 3 ribu unit. Harga yang disuguhkan mulai $ 44.900 atau Rp 632 jutaan, dengan pemesanan unit sudah bisa dilakukan sekarang. Tapi pengiriman ke konsumen baru dilaksanakan pada Maret 2020. Banderol harga itu cukup masuk akal untuk meminang Mini versi produksi paling dahsyat dalam sejarah. Malah Mini JCW GP sebelumnya mencatatkan rekor menuntaskan sirkuit Nürburgring dengan waktu kurang dari 8 menit. (Hfd/Tom)

Sumber: Motor1

Baca Juga:  Bakal Banyak BMW M Meluncur Tahun Depan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store