jakarta-selatan
kali dibagikan

Bakal Banyak BMW M Meluncur Tahun Depan

  • 18 Nov, 2019
  • 1011 Kali Dilihat

Tahun depan merupakan momen penting bagi sub-brand BMW Motorsport di Tanah air. Kabarnya banyak pilihan BMW versi kencang bagi konsumen. Kami sudah pernah berusaha menganalisa spesies apa saja yang mungkin diboyong. Setelah mendapat informasi lebih dalam, keyakinan kian kuat karena SUV memiliki probabilitas paling tinggi.



Sedikit bocoran dibeberkan Director of Communications BMW Group of Indonesia saat pengenalan M4 Competition. Diungkapkan oleh Jodie O’Tania, “Tahun depan adalah tahun yang cukup penting untuk M. Jadi, di tahun depan kami akan luncurkan banyak sekali varian BMW M”. Kala ditanya lebih lanjut ia enggan mengungkapkan seri spesifik, hanya saja dipastikan bermodel SUV. Selanjutnya, ia menjelaskan mobil ini akan diresmikan pada kuartal pertama.


Merujuk analisa kami sebelumnya, kemungkinan dari keluarga X3 atau X4 semakin tinggi. Terutama jika dikenalkan pada awal tahun depan. Pasalnya, line-up global duo SUV ini sudah lengkap mulai dari PHEV sampai M. Selain itu, X5 M dan X6 M baru perdana meluncur April 2020. Terlalu mepet untuk masuk di kuartal pertama, walau kehadiran masih bisa diharapkan hingga akhir tahun.


Anggap saja benar spesies anyar ini merupakan SUV seri 3 atau 4. Topik bahasan kemudian soal M seperti apa yang bakal dibawa lebih dulu. Versi M paling serius tentu tidak boleh absen dari jajaran. Secara teori X3 membawa nama seri-3 sebab ialah representasi SUV dari sedan kompak nan ikonik itu. Maka dari itu, angka 3 kurang lengkap tanpa huruf M di BMW. Pun sama halnya dengan X4 mewakilkan 4-series, tetap perlu M karena masih satu keturunan seri-3.



Eksekusi performa sangat serius melalui mesin S58. Ini merupakan jawaban dari insinyur Divisi Motorsport. Keluaran daya mencapai 480 hp berikut torsi 600 Nm. Kapabilitas xDrive tetap dipertahankan walau dirancang sebagai pelukis aspal, bersinergi dengan Adaptive M Suspension. Jika ingin lebih liar, BMW punya senjata Competition. Tenaga ditingkatkan menjadi 510 hp dengan torsi sama.


BMW punya versi M tidak murni yakni varian M Performance seperti M40i. Meski begitu, potensi tetap tinggi untuk sekelas SUV kompak premium. Jantung B58 3.000 cc enam silinder TwinPower Turbocharger dibenamkan. Unit ini sanggup mengail tenaga hingga 360 Nm dengan momen puntir maksimum 500 Nm. Sokongan suspensi spesifik M turut melengkapi kemampuan.



Jika membahas M Performance, maka kandidat bertambah satu. Boleh jadi BMW X2 M35i yang datang. Ia dibekali mesin 4 silinder dibantu TwinPower Turbo berkubikasi 2.000cc. Output daya tetap berlimpah, tepatnya 306 hp dan torsi 450 Nm. Sektor kaki-kaki didukung paket M Sport Suspension yang disetel sesuai karakteristik crossover.


Waktu dijelaskan akan banyak diluncurkan, tidak melulu berarti dalam jumlah seri. Contoh gabungan BMW X3 dan X4 saja sudah enam jenis sendiri, yang terdiri dari M40i, M, dan M Competition. Selama belum ada informasi resmi, kami hanya dapat menerka-nerka karena tidak mampu menengok masa depan. Namun terkaan kami tetaplah X3 atau X4, hanya saja tidak terbayang spesies apa yang benar diboyong. (Krm/Tom)


Baca Juga: BMW X1 Facelift 2019, Lima Hal Baru

Harga dan Promo Varian X3

  • xDrive20i Luxury | Rp 1 Milyar (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 212 Juta
    Angsuran Rp 28 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video BMW X3

Lihat video terbaru BMW X3 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil BMW Pilihan

  • Populer
  • Komparasi