• Wishlist

Menakar Value Mitsubishi Mirage GLX

Menakar Value Mitsubishi Mirage GLX

Segmen city car 1,2 liter memang serba tanggung. Harganya di atas kelas Low Cost Green Car (LCGC), tapi menyerempet Low MPV termurah. Itulah yang membuat mobil imut ini jarang dilirik. Mungkin menjadi salah satu faktor mengapa nama Mitsubishi Mirage cukup tenggelam. Ditambah lagi munculnya Suzuki Ignis yang memiliki value for money lebih baik, sepertinya akan menjadi raja di celah ini. Padahal, masih banyak potensi yang diemban hatchback Mitsubishi ini.


New Mirage, model facelift sudah beredar sejak tahun lalu. Perubahan yang ada terbilang tak banyak. Hanya sebatas kosmetik belaka dan penambahan sedikit fitur baru. Sama seperti model sebelumnya, New Mirage juga terdiri dari tiga tipe - GLX, GLS dan Exceed - . Nah, setelah membahas Mirage GLS, kini giliran Mirage GLX sebagai varian termurah. Harganya Rp 173 juta. sepadankah dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada?


2016_mitsubishi_mirage_GLX


Mirage GLX banyak kesamaan dengan GLS. Fitur sebagian besar sama dan perbedaan terbesar datang dari transmisi manual 5-percepatannya. Dari luar tampak serupa, tapi ada ciri utama yaitu pelek alloy 14-inci dengan ban 165/65. Bagian depan tanpa lampu kabut dan ornamen krom di airdam. Bagian belakang juga sama, polos tidak ada rear spoiler dan tidak punya sensor parkir seperti GLS.


Interior identik dengan Mirage GLS. Tapi, ika melihat tuas transmisi manual, sudah pasti itu varian GLX. Selebihnya sama mulai dari motif jok hingga atribut lainnya. Mitsubishi hanya memberi gimmick sedikit berupa Auto A/C yang tertata rapi di dasbor menyatu dengan head unit terintegrasi. Fitur keselamatan dan keamanan tetap sama. Hanya dual airbag, minus ABS+EBD dan immobilizer.


Dashboard MIrage lebih menarik


Jika Anda penyuka transmisi manual, maka hanya tipe GLX satu-satunya pilihan. Mau tidak mau harus menerima konsekuensi fiturnya yang sangat minim. Tapi mengendarai Mirage GLX terasa lebih menyenangkan dibanding GLS dan Exceed. Eksplorasi torsi dari mesin 3-silindernya terasa pas dengan rasio gear manual. Ditambah suara mesin yang cukup gahar karena jumlah silinder ganjil, memberi kenikmatan tersendiri saat menggeber mesin mungil ini hingga batas redline.


Tapi patut hati-hati, karena setelan suspensi Mirage tergolong unik. Bukannya berkarakter Mitsubishi yang sporty cenderung kaku, Mirage justru terlalu empuk dan mengayun. Mirage facelift dibenahi dengan sedikit dikeraskan, namun body roll masih cukup besar saat menikung.


Minimalisnya Mirage GLX membuat harga Rp 173 juga terlampau kemahalan. Sehingga tidak sepadan dengan apa saja yang didapat. Di saat bersamaan, kompetitor sekelas yang harganya tak jauh beda, sudah varian tertinggi dengan fitur jauh lebih lengkap dan transmisi otomatis. Sebut saja Honda Brio RS dan Suzuki Ignis GX. (Odi/Van)


Baca Juga : Konsumsi BBM Mirage Mencapai 24 kpl

Jelajahi Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage Rp 173 - Rp 197,5 Juta Cicilan : Rp 3,95 Juta