jakarta-selatan
kali dibagikan

Membedah Lebih Dalam Mahindra Scorpio Pikup S6 Double Cabin

  • 30 Okt, 2019
  • 1117 Kali Dilihat

Pasar otomotif Indonesia kedatangan merek India lagi. Mahindra, menawarkan produk yang menyasar segmen fleet. Ialah Scorpio Pikup S6 dengan dua varian, single dan double cabin. Kami pun sempat mencoba opsi double cabin yang dbanderol Rp 318 juta (OTR) di trek offroad Jeep Station Indonesia, Bogor.


mahindra scorpio


Bila melihat tampilannya, kesan tangguh langsung terpancar. Tengok saja wajahnya yang penuh guratan maskulin. Grille bermotif honeycomb, tampil dominan dengan aksen garis vertikal dan logo Mahindra tertempel di tengah. Ia menjembatani kedua lampu utama berbentuk kotak besar. Sentuhan modern diimbuhkan, melalui daytime running light yang berada di atas lampu bak alis mata. Bumper yang dilengkapi foglamp sederhana, tapi desainnya tegas. Paling menarik kap mesinnya yang dibuat tak rata dan dipasangi scoop bonnet


Wujud Scorpio terbilang unik. Pilar A berdiri dengan sudut yang cukup besar. Kesannya tak punya aerodinamika yang baik. Sebenarnya hal ini tak masalah, apalagi ia memang tak ditujukan untuk melaju kencang. Justru desain itu membuat kabin menjadi lebih lapang. Sisi bodi diberikan detail berupa garis yang memanjang dari fender depan yang melebar hingga ke bak di belakang. Mahindra mengaplikasikan pelek alloy berpalang tebal dan desain sederhana. Lantas dibalut ban 245/75 model all-terrain.



Area buritan tak banyak diotak-atik. Fungsionalitas menjadi hal penting di bagian ini. Untuk double cabin, ruang angkut di belakang berukuran 1.570 x 1.615 x 775 mm. Ia mampu mengangkut barang berbobot maksimal 995 kg.


Memiliki dimensi 5.155 x 815 x 1.940 mm, Scorpio terbilang tak terlalu besar dibanding pesaingnya, seperti Mitsubishi Triton. Tapi bobotnya mencapai 3.150 kg. Ground clearance diseting 230 mm, dengan setelan sudut approach 34 derajat, departure 15 derajat dan breakover 18 inci. Ini dapat menunjang Scorpio melewati medan offroad secara optimal.


kabin mahindra scorpio


Konfigurasi itu tentu membutuhkan jantung mekanis yang bertenaga untuk mendorongnya. Mahindra membenamkan mesin berkubikasi 2,2 liter, 4 silinder yang ditunjang turbo. Hasilnya, tenaga yang disemburkan mencapai 141,9 PS dan momen puntir 320 Nm. Untuk bisa melihat mesin ini, Mahindra sudah memasang kap mesin dengan pegas hidrolik. Sehingga memudahkan pengguna saat membukanya.


Tenaga yang dihasilkan dapur pacu, disalurkan ke roda melalui sistem transmisi manual 6-speed. Untuk memaksimalkan performanya melewati medan ekstrem, tersedia transfer mode berkendara 2WD dan 4WD secara elektrik yang ditempatkan kenopnya di belakang tuas pemindah gigi. Ini juga dibantu differensial pengunci Eaton. Walau begitu, Mahindra mengklaim mobil ini efisien, tiap liter konsumsi bahan bakarnya dapat membawa mobil sejauh 11,2 km. Capaian itu disebabkan sistem Micro Hybrid –Stop Start yang membantu penghematan hampir 5 persen.


mesin mahindra scorpio


Saat dicoba melewati jalan ekstrem, kami cukup puas dengan performanya. Kaki tidak cepat lelah, mobil bisa bergerak tanpa perlu menginjak pedal akselerasi. Dengan syarat, transfer case diarahkan ke 4WD Low. Jalur yang digenangi air cukup tinggi, sekitar 40 cm tak menjadi masalah. Hanya perlu menambah sedikit tenaga bila dirasakan mobil mulai melambat. Paling menarik saat menanjak jalan bersudut lebih dari 45 derajat. Kemampuan crawling-nya luar biasa, lagi-lagi kami tak harus menginjak pedal gas. Tanpa sadar mobil sudah berada di puncak. Urusan melaju cepat juga tak kalah. Mobil ini punya respons yang cepat. Daya manuvernya juga presisi. Sayang kami tak bisa merasakan bagaimana tingkat kenyamanannya ketika melewati jalan kurang rata pada kecepatan tinggi.


Bagaimana kabinnya? Rasanya sangat lapang, baik di baris pertama maupun kedua. Ya, seperti yang dibahas di atas, ini turut dipengaruhi desain mengotak di bagian atap. Secara desain Scorpio Pikup S6 terkesan tak ada yang istimewa. Dasbor dibuat kekar dengan banyak bagian yang menggembung.


Ventilasi AC di konsol tengah diposisikan di atas head unit 2DIN. Untuk mengatur perangkat pengatur suhu, double cabin ini memakai model kenop. Fungsionalitas juga cukup baik, apalagi bagi penumpang yang ingin mengisi daya gawai elektroniknya bisa memanfaatkan power outlet 12V. Sementara itu, untuk kepastian keselamatan dan keamanan mobil, Scorpio sudah menyelipkan dual airbags di depan, teknologi ABS (Anti-locking Brake System), sabuk pengaman 3 titik dan ISOFIX. Artinya, mobil ini sangat andal digunakan keluarga sebagai angkutan sehari-hari sekalipun. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Alasan Mahindra Pilih Garap Pasar Fleet

Promo Populer di Jakarta Selatan