• Wishlist

Volkswagen Golf GTI MK8 Tertangkap Kamera, Telanjang Tanpa Kamuflase

Volkswagen Golf GTI MK8 Tertangkap Kamera, Telanjang Tanpa Kamuflase

Volkswagen resmi mengenalkan Golf generasi ke-8 bulan lalu. Kehadirannya tentu diikuti versi lebih bertenaga, Golf GTI. Tapi pabrikan asal Jerman itu, belum mengumumkan kapan tepatnya diluncurkan. Walau begitu, telah beberapa kali Golf GTI anyar tertangkap kamera. Salah satunya di sirkuit Nürburgring. Paling menarik, penampakan terbaru di jalanan Eropa.



Menarik, lantaran hot-hatch itu tak memakai jubah kamuflase sama sekali di jalan yang dihiasi salju. Jelas terlihat beberapa peningkatan pada rupanya, guna membedakan dengan versi standar. Ubahannya cukup banyak dan berhasil membuatnya tampil lebih sporty. Sentuhan itu terlihat pada lampu utama yang menajam dan grille tegas berventilasi. Bumper depannya pun disempurnakan, dengan lubang intake besar berpola sarang lebah besar di tengah. Di sudutnya terpampang foglamp yang ditutupi mika transparan. Sepertinya, bertujuan untuk mengalirkan udara lebih mulus.


Bergeser ke samping, pelek berpalang sederhana dan tegas diaplikasikan. Pola ini memperlihatkan kaliper rem merah yang menguatkan konsep performa tinggi. Kemudian di belakang, bumpernya disandingkan knalpot ganda yang diletakkan di ujung. Tak ketinggalan spoiler di atas, tampak lebih besar dari versi standar.


Layaknya versi standar, Golf GTI memakai platform MQB teranyar. Penggunaannya membuat tubuhnya lebih ringan. Produsen yang pernah membuat pesawat terbang pada perang dunia kedua itu, dikabarkan menghadirkan generasi terbaru GTI dengan desain hatchback lima pintu saja.


Desain kabin sewajarnya ikut diubah, meski tak banyak. Ada beda pada kokpit digital, konsol tengah dan tuas transmisi. Ekspektasi hadir fitur head-up display (HUD) yang ditawarkan opsional. Display digitalnya ada dua, satu sebagai panel instrumen 10,25 inci dan head unit berupa layar sentuh berukuran antara 8,25 atau 10 inci.



Urusan jantung mekanis, Golf GTI Mk8 memakai model EA888 yang pernah digunakan GTI Mk7. Namun, ada sedikit revisi, sehingga ia dapat memeras tenaga lebih besar. Estimasinya, daya dorong yang keluar mencapai 255 hp untuk tipe standar. Kemungkinan ada yang 295 hp dengan badge TCR. Untuk pemindah gigi, perangkat otomatis dual clutch (DSG) 7-speed diterapkan. Bisa juga memilih opsi manual 6-speed. Kombinasi itu diperkirakan dapat melesatkan mobil dari posisi nol ke 100 km/jam di bawah enam detik. Ada kemungkinan, Volkswagen turut menyempurnakan pengendaliannya. Akurasi kemudi diperbaiki agar memberikan pengarahan lebih tepat dan feedback responsif.


Kabarnya GTI meluncur pertengahan tahun depan. Atau bisa lebih lama. Karena VW juga punya portofolio Golf lain untuk dirilis. Termasuk Golf R, GTD dan GTI TCR. Tentang harga juga belum ada bocoran. Tapi perkiraannya sekitar £ 28 ribu atau Rp 507 jutaan seperti dinukil dari pewartaan situs Motor1.com (27/11). (Hfd/Tom)


Sumber: Motor1


Baca Juga:  Volkswagen Indonesia Belum Dapat Lampu Hijau Pasarkan Golf Mk8

Jelajahi Volkswagen Golf

Volkswagen Golf Rp 600 Juta Cicilan : Rp 13,69 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store