Mau Meminang Honda HR-V, Simak Perbandingan Harga Baru dan Bekasnya

Mau Meminang Honda HR-V, Simak Perbandingan Harga Baru dan Bekasnya
Gambar
Review Pengguna

Selain Honda Brio yang laris di pasaran. HR-V juga menjadi kompak SUV dengan peminat tidak sedikit. Dalam kondisi normal sebelum Covid-19 menghantam industri, seri ini laku 2.000-an unit sebulan. Ia digermari lantaran desain ringkas, mesin terkenal irit dan harga jual kembali tak terlalu jatuh di pasar mobil bekas. Jika Anda berminat, baiknya simak dulu perbandingan harga dan rekomendasi varian.


Anyar


Unit baru HR-V dijual Rp 301,6 juta S MT. Kemudian Rp 311,8 juta tipe S CVT, Rp 335 juta E CVT dan Rp 422,3 juta Prestige Two Tone. Tapi disarankan untuk mengambil mesin 1,5 liter. Selain efisien, besaran pajak tahunan yang harus Anda bayar juga lebih murah. Sudut pandang bakal berubah, bila Anda butuh tampilan dan fasilitas lebih. Maka memboyong tipe E maupun Prestige tak jadi soal. Kalau konsumen punya fokus utama dalam fungsionalitas, maka HR-V S CVT paling direkomendasikan.


Honda HR-V Special Edition


Ia dilego Rp 311,8 juta. Untuk paket lima tahun, berikan DP Rp 127,54 juta dan cicilan Rp 4,72 juta saban bulan. Kemudian dalam tenor tiga tahun, sediakan panjar Rp 123,56 juta serta cicilan Rp 6,90 juta. Terakhir, andai minat mencicil setahun harus bayar uang muka Rp 129,11 juta lanjut siapkan Rp 18,91 juta tiap bulan.


Bekas


Mobil bekas dibanderol mulai dari Rp 185 jutaan untuk tipe S CVT keluaran 2016. Siapkan Rp 190 jutaan untuk lansiran 2017. Rp 200 jutaan bikinan 2019 dan Kucurkan Rp 245 jutaan unit bekas 2019. Bebas, mana yang mau Anda pilih. Banderol pasaran mobkas memang bervariasi. Bergantung pada kesehatan mobil dan kondisi fisik keseluruhan. Semua estimasi ini banderol berlaku untuk kawasan Jabodetabek.


Baca juga: Honda CR-V Facelift 2020 Nongol di Vietnam, Indonesia Selanjutnya?


Tapi ada yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli HR-V bekas. Bagian kaki-kaki kerap dikeluhkan konsumen. Sebaiknya periksa teliti atau membawa mekanik terpercaya sebelum meminang. Pastikan bagian itu nihil masalah. Terakhir, wajib test drive lebih lama agar paham betul kondisi handling serta kenyamanan.


Kenapa Pilih HR-V?


Crossover ini punya kabin nyaman dan lapang, HR-V bisa jadi opsi utama. Ia mempunyai panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm, kemudian wheelbase 2.610 mm. Mobil pakai ban 215/55 serta pelek 17 inci. Penumpang belakang disediakan ruang kaki dan kepala ekstralega. Ditambah lagi kepraktisan pengaturan kursi yang sama persis dengan Honda Jazz.


HR-V special edition


Bila Anda butuh ruang bagasi lebih besar, tinggal melipat sandaran jok yang rata lantai. Seketika tersedia area lapang dan datar. Pembagiannya 60:40, bisa jua disesuaikan kebutuhan antara membawa barang juga penumpang. Dudukan jok juga mampu dilipat ke atas atau juga dikenal sebagai mekanisme Ultra Seat.


Jujur saja, fitur pada varian dasar sudah komplet. Honda sama sekali tidak pelit memberi fitur untuk HR-V. Varian termurah (1.5L S), sudah dilengkapi fitur keselamatan amsal ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal dan Brake Override System. Rem parkirnya saja pakai model elektrik (Electronic Parking Brake). Kemudian ada Auto Brake Hold. Namun airbag hanya ada dua, sama seperti tipe E.


Varian tengah (E dan Special Edition) makin lengkap lagi. Saat Anda menyalakan mesin, cukup pakai tombol (keyless ignition) ditambah paddle shift. Ia jua punya cruise control untuk sensasi berkendara lebih menyenangkan. Lalu tombol AC Smart Touch tetap terlihat futuristik. Urusan audio juga sudah cukup. Head unit monitornya sebesar 8 inci, yang dibuat bergaya mengambang.


Enjin


Di balik bonet, tertanam mesin naturally aspirated 1,5 liter yang menyuplai daya 120 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm. Output disalurkan ke roda depan pakai transmisi CVT dan opsi manual 5-speed. Pada HR-V CVT Prestige tertancap mesin i-VTEC 4-silinder 1.8 liter. Unit melecutkan daya 139 PS di 6.500 rpm dan momen puntir 169 Nm pada 4.300 rpm. Dibandingkan versi 1.5L, beda tenaga 19 PS dan torsi 24 Nm.


Inferensi


Pada dasarnya membeli mobil baru atau bekas tidak boleh grusa-grusu alias gegabah. Aspek yang wajib dipertimbangkan ialah cash flow bulanan Anda. Kalau dikalkulasi, cukup untuk memboyong tipe mana. Lalu langkah selanjutnya ialah menentukan kebutuhan. Kalau sekadar butuh mobilitas dan faedah praktis, HR-V S CVT patut dipertimbangkan. Bebas, mau gres atau second hand. Pikirkan masak-masak agar tidak menyesal di kemudian hari.


Namun bila Anda butuh dorongan mesin lebih besar. Lantas imbuhan Motion Adaptive Electric Power Steering. Berbekal cruise control dan paddle shift untuk memindah gigi lebih tangkas. HR-V 1.8 CVT sila dilihat. Ada harga lebih, artinya tersedia pula peranti lebih kompet. (Alx/Tom)


Baca juga: Honda Recall 1,4 Juta Mobil di Seluruh Dunia, Apa Sebabnya?

Jelajahi Honda HRV

Honda HRV Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta Cicilan : Rp 6,88 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store