Kia Grand Sedona Diesel Tak Punya Lawan, Ini Spesifikasinya

Gambar
Review Pengguna

Kia Grand Sedona Diesel jadi alternatif menarik. Dengan mesin diesel yang kaya torsi, tarikan mobil keluarga besar itu, bisa tetap terjaga tanpa mengorbankan banyak bahan bakar seperti pada mesin bensin. Menariknya, secara posisi harga, fitur dan jenis, Grand Sedona hampir tak punya lawan berarti. Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya?

Mulai dari penampilan luar. Berbeda dengan tipe bensin, Grand Sedona diesel ini merupakan versi facelift. Ada perbedaan pada sejumlah kecil bagian wajah, lampu kabut dan bemper. Ornamen krom masih bisa dijumpai di sekujur bodi mobil. Lampu depan otomatis proyektor, ditemani lampu siang hari LED dan lampu kabut, juga sudah proyektor. Sementara lampu belakangnya LED kombinasi dan ada lampu rem LED terintegrasi pada spoiler atas. Untuk pelek, Grand Sedona diesel memakai ukuran 18 inci alloy, terlihat sangat besar dan gagah.

Pintu samping sudah power sliding door, untuk sisi kiri maupun kanan. Artinya, bisa dibuka otomatis menggunakan remote atau tombol. Tailgate juga bisa otomatis dengan sebutan Smart Power Tailgate. Dengan memanfaatkan sensor, pintu bagasi belakang bisa terbuka otomatis. Praktis saat hendak membuka bagasi tapi tangan penuh dengan barang atau belanjaan. Fitur yang biasa ditemui pada mobil mewah itu bisa dimatikan kalau dirasa mengganggu.

Pada interior jok sudah dilapis bahan kulit. Permukaan dasbor soft touch, sayangnya kemudi tidak dibungkus apa-apa dan bahannya kurang nyaman digenggam. Jok pengemudi dan penumpang depan bisa diatur secara elektrik dan jok pengemudi sudah lumbar support. Dalam kondisi default, kursi tersedia enam. Baris kedua dan ketiga bisa dinaikkan bagian tengahnya sehingga total menjadi 8-seater. Kalau kurang, baris kedua dan ketiga harus dimajukan sedikit dan kursi baris keempat bisa dimunculkan, tadinya terlipat rata dengan lantai bagasi. Total, Grand Sedona diesel bisa diisi 11 orang, dengan syarat ruang bagasi terpakai dan kabin jadi lebih sempit.

Ada fitur dua sunroof (depan dan belakang), sunshade pada kaca penumpang, Electric Chromic Mirror (kaca spion tengah dengan penyesuaian cahaya), sistem audio 4-speaker 2-tweeter dan layar sentuh 7 inci dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay. Soal audio ada penurunan derajat dari versi bensin, yang sudah menggunakan sistem audio premium dengan 8-speaker. Tapi bukan masalah. Ada wireless charging yang sangat praktis bisa mengisi daya smartphone cukup dengan menaruhnya pada tempat khusus. Port USB bisa ditemui di depan dan baris kedua saja. AC sudah otomatis dan double blower sampai belakang.

Dari fitur safety, Grand Sedona diesel punya banyak airbag termasuk: pengemudi, penumpang, airbag samping dan curtain yang menutup sekujur kaca samping kiri dan kanan. Selain itu, ada rem cakram di keempat roda, ABS+EBD, sensor parkir empat titik depan dan belakang, kamera parkir mundur, central door lock dan alarm. Disayangkan ada fitur safety yang absen yakni pengendali traksi maupun stabilitas. Padahal kalau melihat sosok bodi, bobot dan tenaga besar yang dimiliki Grand Sedona diesel, fitur itu pasti sangat membantu saat dibutuhkan.

Jantung mekanisnya 2.2 liter CRDi bertenaga 200 PS dan torsi puncak 441 Nm yang disalurkan melalui transmisi 8-speed otomatis. Ada mode berkendara ECO untuk lebih menghemat bahan bakar. Fitur cruise control juga ada untuk kenyamanan, meski belum adaptif. Rangka monokok dengan teknologi AHSS (Advance High Strength Steel) diklaim menyokong kenyamanan dan keselamatan.

Ada delapan pilihan warna bodi pada Grand Sedona diesel: Snow White Pearl, Clear White, Silky Silver, Black Berry, Deep Chrome Blue, Panthera Metal, Aurora Black Pearl dan Marsala. Sedang untuk harga, Kia masih memberi promo untuk Grand Sedona diesel, Rp 595 juta. Harga itu dipastikan bertahan cukup lama, sampai ajang GIIAS 2018 juga dijanjikan masih sama. (Tom/Odi)

Baca Juga: First Drive Kia Grand Sedona Diesel: MPV Nyaman Penyuka Diesel

Jelajahi KIA Grand Sedona

KIA Grand Sedona Rp 656,7 - Rp 692,4 Juta Cicilan : Rp 14,98 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store