All-New Kia Carnival Bakal Masuk Indonesia Tahun Ini, Begini Spesifikasinya

All-New Kia Carnival Bakal Masuk Indonesia Tahun Ini, Begini Spesifikasinya

Para pabrikan mulai menyusun strategi di tahun ini. Salah satunya adalah menyiapkan model-model baru untuk diperkenalkan di Indonesia. Kia, pabrikan asal Korea, sudah bersiap. Mereka tengah merencanakan peluncuran Kia Carnival 2021 di Tanah Air dalam waktu dekat. Hal tersebut juga diyakinkan dengan munculnya nama Kia Carnival 2021 di daftar informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta.

Sejauh ini, hanya ada satu varian Carnival yang didaftarkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Indonesia. Pada website tersebut, terdaftar Kia Carnival 2.2 A/T yang berarti konfigurasi mesin 2.2-liter dengan transmisi otomatis. Selain itu, terdapat juga nilai jual yang mencapai Rp 449 juta.

Tapi angka ini bukan patokan harga jual Kia Carnival 2021 yang akan ditawarkan ke konsumen. Pasalnya, untuk menjadi harga on the road (OTR) ada beberapa komponen pajak yang nantinya akan ditambahkan. Mulai dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Sebagai pembanding, di situs Kia Indonesia, Carnival atau Grand Sedona dibanderol seharga Rp 656,7 juta.

Kabar kedatangan Kia Carnival terbaru ke Indonesia sudah terkuak sejak tahun lalu, tak lama setelah All New Carnival melakukan debut dunia pada Agustus 2020. PT Kreta Indo Artha (KIA) mengamini tentang rencana dirilisnya Kia Carnival di Indonesia dan menyatakan bahwa “Rencana selalu ada,” kata Marketing and Development Division Head KIA, Ario Soerjo. Hal tersebut disampaikan melalui pesan singkat saat tim Carvaganza memastikan bahwa Carnival akan segera dirilis.

Kia Carnival Sedona 2021

Spesifikasi

Kia Carnival merupakan MPV yang berbagi platform dengan Hyundai serta memiliki konfigurasi tujuh penumpang. Dirilis dari caradvice.com, Kia Carnival akan menyediakan dua pilihan mesin di antaranya V6 3,5-liter GDI V6 mesin bensin yang mampu menghasilkan tenaga 289 hp dan torsi maksimal mencapai 355 Nm.

Juga tersedia mesin 4-silinder 2,2-liter Turbodiesel yang mampu menghasilkan tenaga 198 hp dan torsi 440 Nm. Semua mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Namun dari data yang didapatkan, Indonesia akan kebagian versi mesin 2.2 liter.

Baca juga: Transformasi Signifikan Kia Grand Sedona, Rupa dan Fungsionalitas Makin Mumpuni

Kia Carnival Sedona 2021

Fitur

Carnival atau juga dikenal dengan Sedona, menyediakan empat varian yakni S, Si, SLi, dan Platinum dengan perbedaan beberapa fitur dan tampilan pada eksteriornya. Generasi keempat ini tetap menganut desain grille khas hidung macan alias Tiger Nose. Walau tak terlalu kentara layaknya model lain. Dominan yang berpadu apik penerangan utama, seolah keduanya terintegrasi. Detail tajam diselipkan lewat daytime running light (DRL) yang menjalar dari tepian kisi-kisi ke bagian bawah lampu. Pencahayaan berbentuk kotak sipit terkesan tajam, menciptakan keseluruhan wajah Carnival yang modern.

Meski demikian, Kia Carnival 2021 tetap menyediakan beberapa fitur standar yang akan ditanamkan pada semua varian. Di antaranya adalah fitur keselamatan Junction Autonomous Emergency Braking, Cruise Control, Adaptive LED pada headlightnya serta koneksi smartphone Apple CarPlay dan Android Auto. Pada interiornya, Kia Carnival 2021 dibekali dengan panoramic digital consol dengan layar sentuh berukuran 8-inci pada varian terendahnya.

Kia Carnival Sedona 2021

Secara dimensi, Kia Carnival 2021 memiliki panjang 5.155 mm dengan lebar 1.995 mm dan tinggi 1.740 mm. Angka tersebut menghasilkan jarak sumbu roda (wheelbase) yang mencapai 3.090 mm dan lebih panjang 30 mm dari generasi sebelumnya. Hal tersebut juga dapat menghasilkan ruang lapang pada kabin.

Beberapa negara akan segera kedatangan Kia Carnival pada akhir tahun ini dan awal 2022. Sedangkan di Indonesia masih menunggu konfirmasi dari agen pemegang merek resmi Kia, PT Kreta Indo Artha. Saat ini model-model yang dipasarkan di Indonesia adalah Kia Picanto, Kia Rio, Sedona, Sonet dan Kia Seltos. Diharapkan kehadiran Kia Carnival di Indonesia dapat meramaikan pasar MPV yang banyak diisi oleh pabrikan Jepang dan Tiongkok. (Ndo/Raju)

Baca juga: Foto Interior Kia Grand Sedona Dibeberkan, Diklaim Lebih Luas Sekaligus Canggih

Model Mobil KIA

  • KIA Sonet
    KIA Sonet
  • KIA Picanto
    KIA Picanto
  • KIA Seltos
    KIA Seltos
  • KIA Rio
    KIA Rio
  • KIA Sonet 7-Seater
    KIA Sonet 7-Seater
  • KIA Grand Sedona
    KIA Grand Sedona
  • KIA K2700
    KIA K2700
Mobil KIA

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil KIA Grand Sedona Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil KIA Grand Sedona

Tren MPV

  • Yang Akan Datang