First Drive Kia Grand Sedona Diesel: MPV Nyaman Penyuka Diesel

First Drive Kia Grand Sedona Diesel: MPV Nyaman Penyuka Diesel
Gambar
Review Pengguna

Hari ini (18/7) Kia Mobil Indonesia meluncurkan Grand Sedona Diesel. Mobil ini memang unik. MPV premium dengan 4 baris kursi yang bisa menampung 11 penumpang. Konfigurasi kursi pun dapat diatur secara fleksibel. Namun yang lebih unik lagi, mobil ini bermesin diesel.

Memang ada Hyundai H-1. Tapi Grand Sedona memberikan tampilan yang lebih segar. Apalagi ini versi facelift dari Grand Sedona bensin yang sudah terjual 40 unit di Indonesia. Perubahannya memang tidak signifikan, hanya detail minimalis pada desain lampu depan, bemper depan dan belakang. Begitupun interiornya yang masih senada namun dengan tema warna berbeda.

First Drive Kia Grand Sedona Diesel

Menariknya, Kia Grand Sedona diesel dijual seharga Rp 595 juta. Harganya lebih mahal dari versi bensin yang dijual mulai Rp 503 juta sampai Rp 561 juta. Meski lebih mahal, namun sistem audionya tak lebih baik dari versi bensin. Kalau tipe bensin dibekali audio 8-speaker infinity, versi diesel hanya 6 speaker biasa.

Kelebihan utama mobil ini dari varian bensin tentu dari mesinnya. Mesin diesel 2.2 liter CRDI menghasilkan tenaga 200 PS pada 3.800 rpm dengan torsi puncak 441 Nm pada 1.750 rpm - 2.750 rpm. Tentunya performanya berbeda dari mesin bensin 3,3 liter yang bertenaga 270 PS pada 6.400 rpm dengan torsi puncak 317 Nm pada 5.200 rpm. Karakter mesin diesel yang responsif dengan torsi gemuk, menjanjikan kemampuan yang memadai di rpm rendah. Apalagi transmisi otomatis 8-speed miliknya, bisa dioperasikan secara manual. Meskipun MPV Kia bukan mengutamakan performa, tapi kenyamanan berkendara.

Kenyamanan ini ditopang struktur rangka monokok dan kualitas bantingan suspensi yang lembut hingga ke penumpang paling belakang sekalipun. Apalagi dimensinya yang besar memberikan ruang kabin yang sangat lapang. Lihat saja dimensi panjang 5.115 mm, lebar 1.985 mm dan tinggi 1.755 mm. Hebatnya, kursi baris keempatnya bisa dilipat dan berubah menjadi ruang bagasi yang cukup. Jadi kalau dilipat, Anda bisa berkendara lengkap 7 penumpang dengan ruang bagasi yang memadai.

Ruang pengujian kami kali ini sangat terbatas. Hanya di area perumahan sekitar Pantai indah Kapuk. Jadi sulit menceritakan tentang stabilitas dan rasa kemudinya di tikungan. Paling tidak impresi berkendara mobil ini sukses membuat saya terbius karena kualitas kenyamanannya. Apalagi, kekedapan kabinnya sangat baik. Dari dalam, hampir sulit membedakannya dengan tipe bensin lantaran tipikal suara mesin diesel yang lantang tak menyelinap ke dalamnya.

Kesimpulan sementara, Kia Grand Sedona Diesel memang cocok untuk Anda yang sedang mencari MPV premium nyaman bermesin diesel. Pertanyaannya sekarang, seberapa irit mobil ini? Menurut hasil pengujian Kia di Korea, mobil ini menghasilkan konsumsi BBM rata-rata 10,2 kpl sampai 15 kpl. (Rs/Van)

Baca Juga: Kia Sportage Terbaru Disokong Baterai 48 Volt

Jelajahi KIA Grand Sedona

KIA Grand Sedona Rp 656,7 - Rp 692,4 Juta Cicilan : Rp 14,98 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store