Foto Interior Kia Grand Sedona Dibeberkan, Diklaim Lebih Luas Sekaligus Canggih

Foto Interior Kia Grand Sedona Dibeberkan, Diklaim Lebih Luas Sekaligus Canggih
Gambar
Review Pengguna

Satu per satu detail Kia Grand Sedona diungkap ke publik. Jika sebelumnya eksterior, baru-baru ini dibeberkan foto ruang kabin sang Grand Utility Vehicle – sebutan Kia untuk Carnival / Sedona. Ia menampilkan kesan futuristis sekaligus diklaim menawarkan ruang lebih lapang.

Dimensi eksterior menyuarakan dampak perubahan dalam kabin. Melansir Autocar India, sudah dikonfirmasi bahwa Sedona memanjang 40 mm sehingga mencatatkan total 5.155 mm. Di balik pemanjangan itu, wheelbase bertambah 30 mm menjadi 3.090 mm berikut ekstra pada overhang belakang. Bisa diekspektasikan ruangan kian lapang terutama baris terakhir untuk penumpang dan juga barang. Tak hanya itu, disebut pula Sedona melebar 10 mm dengan mencatatkan pengukuran 1.995 mm.

 bocoran interior Kia Grand Sedona / Carnival

Urusan kapasitas penumpang, dipastikan tersedia tiga konfigurasi. Mau itu tujuh penumpang, sembilan, atau sebelas, Kia menyajikan sesuai kebutuhan saat nanti mulai dipasarkan di Korea. Jelas dibuat nyaman, apalagi model tiga baris yang dipamerkan ini. Captain seat dapat direbah berikut disokong sandaran kaki elektris di baris kedua. Kian dimanja oleh layar multimedia individu melekat di bangku depan, ruang penyimpanan konsol tengah, dan USB charging port.

Nuansa mewah pun tidak dilengserkan, serbabaru dan hampir sama sekali tidak membawa elemen serupa model lama. Paling banter tetap menganut komposisi mendasar seperti pintu geser, dual sunroof, serta multi-zone climate control. Bisa dilihat lingkar kemudi anyar berisi set tombol kontrol, melengkapi detail segar dari rangkaian dasbor. Nah, ketika melirik konsol tengah, ada komponen selektor transmisi berbentuk kenop putar mirip kepunyaan sedan kelas kakap Genesis G80.

Berkelas sekaligus futuristis. Kia Grand Sedona anyar diberi padu padan skema warna coklat, beige, ornamen kayu, dan disudahi set tombol touch sensitive. Panggung utama diduduki oleh dua layar 12,3 inci terintegrasi dalam satu bingkai, berdiri manis di atas strip krom melintang. Satu berperan sebagai panel instrumen, satu lagi bertugas menghadirkan hiburan.

Baca juga: Road Test KIA Grand Sedona Diesel: Mid Size MPV Sempurna, Apa Kekurangannya? (Part-1)

Terkait jantung pacu, Kia masih menutup rapat soal detail spesifikasi. Belum tahu akan di-update atau tidak, diekspektasikan membawa pemacu yang sama. Sebagai gambaran, Grand Sedona di Tanah Air mengadopsi seleksi enjin diesel 2,2 liter atau bensin 3,3 liter. Versi diesel empat silinder unggul menyoal torsi, siapkan kekuatan memuntir 441,6 Nm dan keluaran tenaga 200 PS. Sementara itu, unit bensin V6 punya tenaga sebesar 270 Nm dibarengi torsi 317 Nm.

Entah kapan Kia bakal mengungkap rahasia Grand Sedona/Carnival secara keseluruhan. Dapat dipastikan tidak lama lagi lantaran GUV ini pernah diberitakan mulai mengaspal di Korsel pada kuartal ketiga 2020. Barulah setelah itu menyapa pasar global.

Kia Grand Sedona 2021

Jati Diri MPV, Ketularan Virus SUV, Membawa Nama GUV

Kia menyebut Sedona/Carnival generasi keempat sebagai Grand Utility Vehicle. Wujud eksterior sudah terungkap lebih dulu, membawa evolusi desain Sedona tanpa melengserkan jati diri. Bisa dilihat dari siluet samping: menggambarkan sebuah MPV keluarga berukuran besar. Meski begitu, ia sekarang menganut elemen desain futuristis serta dicipratkan nuansa SUV.

Rasa futuristis jelas tampil di wajah lewat interpretasi grille Tiger Nose termutakhir. Para desainer Kia menyebut rancangan ini sebagai ‘Symphonic Architecture’. “Desain fasad depan mengumpulkan serangkaian fitur teknis untuk menciptakan rasa harmonis dan energi struktural,” seperti dijelaskan dalam keterangan resmi. Bisa dilihat lewat grille yang menggabungkan diri dengan lampu menyipit bagai sebuah simfoni.

New Carnival juga tertular virus gaya SUV - dari panggilan saja (GUV) sudah bisa terbayang. Ditampilkan secara gamblang di depan melalui dagu hitam dan trim metalik pada sisi terbawah bumper. Kian ditekankan oleh lingkar sepatbor tebal nan tegas berikut roof rail model gantungan. Nah, profil samping pun seakan dibuat lebih atletis ketimbang MPV biasa. Pilar A mundur agar moncongnya bisa lebih mancung, wheelbase ikutan memanjang – turut berkontribusi atas perluasan ruang dalam kabin. (Krm/Tom)

Sumber: Autocar India

Baca juga: Dokumen Internal Bocor, Kia Sedang Siapkan Seltos EV

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store