Kenapa Tidak Produksi Sirion di Indonesia, Daihatsu?

Kenapa Tidak Produksi Sirion di Indonesia, Daihatsu?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Daihatsu Sirion terbaru di Indonesia hari ini, Selasa (13/2). Produk city car yang dipasarkan sejak 2007 ini - seperti biasa - mereka datangkan secara utuh dari Malaysia. Dengan usia pemasaran yang sudah mencapai 11 tahun, lantas apakah ADM memiliki rencana untuk memproduksi pesaing Mitsubishi Mirage dan Suzuki Ignis ini di tanah air?

Sirion pakai mesin xenia

Hal ini dijawab oleh Amelia Tjandra Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurutnya, saat ini untuk memproduksi Sirion di dalam negeri masih belum mencapai skala ekonomi yang telah ditetapkan dan penjualannya juga dianggap belum mencapai target.

"Kalau membuat mobil dengan harga yang bisa bersaing untuk dipasarkan, kita membutuhkan volume yang sesuai. Tapi mungkin saja bisa diproduksi. Namun dilihat dari penjualan pasar city car saja hanya 3.000 unit sebulan, skala ekonominya belum cukup," jelas Amelia.

Dengan alasan itu, menurut Amelia, masih lebih baik bila mendatangkan Sirion secara utuh dari Malaysia. Daihatsu memiliki grup di Malaysia bernama Perodua yang memproduksi Myvi atau nama lain dari Sirion.

"Sirion di Malaysia yang dipasarkan dengan nama Myvi pasarnya besar di sana. Bisa mencapai 12 ribu perbulan. Bandingkan dengan kita hanya 200 sampai 300 unit," tambah Amelia.

Itu sebabnya Sirion di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama dengan Myvi. Mobil ini menggunakan mesin baru, 1NR-VE yang berteknologi Dual VVT-i hasil pengembangan Toyota dengan kapasitas yang masih sama, 1.3-liter. Dengan perubahan mesin itu, membuat Sirion baru lebih bertenaga. Untuk perawatannya tak perlu khawatir, karena mesin sama seperti dipakai oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mobil ini dibekali fitur keselamatan dan keamanan mumpuni. Kantung udara terdiri dari 2 untuk pengemudi dan penumpang dan 2 lagi di sisi kursinya. Sistem pengereman dilengkapi ABS dan EBD, serta tersedia VSC (Vehicle Stability Control) plus TCS (Traction Control System). 

Harga Sirion baru masih sangat masul akal, Rp 182,5 juta untuk transmisi manual 5-speed dan Rp 193,5 juta untuk transmisi otomatis 4-speed. (Dir/Odi)

Baca Juga: Daihatsu Sirion Baru Uji Tabrak, Ini Videonya

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Daihatsu Sirion

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Daihatsu Sirion Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Daihatsu Sirion

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Daihatsu Sirion dari Carvaganza