Kelebihan SUV Hyundai Palisade, Senjata Lawan Pesaingnya

Kelebihan SUV Hyundai Palisade, Senjata Lawan Pesaingnya
Gambar
Review Pengguna

Hyundai tak hanya serius menggarap pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Mereka tetap tak melupakan mobil bermesin konvensional yang -- harus diakui -- masih mendominasi pasar Tanah Air. Salah satunya dengan menghadirkan Hyundai Palisade. SUV berbadan besar ini masuk ke segmen yang cukup bergengsi, yaitu luxury SUV 7-seater. Para rival di segmen ini tidak main-main, yang bisa dibilang sudah lebih berpengalaman dibandingkan Hyundai.

Palisade adalah kreasi pertama Hyundai di segmen ini. Sebelumnya Hyundai punya Santa Fe menjadi model SUV tertinggi dari line-up. Untuk meningkatkan level permainan di kelas luxury SUV, Hyundai tentu menyiapkan serangkaian keunggulan dan highlight yang dibawa ke dalam Palisade. Sebagai perwakilan dari Korea Selatan, Palisade berhadapan dengan Lexus LX, Toyota Land Cruiser dan Mazda CX-9.

Di line-up Hyundai, Palisade melengkapi barisan model SUV yang sebelumnya diisi sudah diisi Kona, Tucson, dan Santa Fe. Selain itu, Hyundai juga sudah menawarkan kendaraan listrik murni ke konsumen Indonesia lewat Ioniq Electric dan Kona Electric. Ada tiga varian bisa dipilih oleh konsumen Indonesia yang melirik Palisade, yaitu Prime, Signature dan Signature AWD.

Varian dengan spesifikasi terlengkap dan terbaik ada pada Palisade Signature AWD. Varian ini menggabungkan seluruh yang terbaik dari sisi keamanan, kenyamanan, kemewahan dan kemampuan jelajah khas SUV.

Hyundai Palisade SUV

Desain

Bicara soal desain, Hyundai merancang Palisade menjadi bagaikan sang raja yang memimpin seluruh keluarga SUV. Grille besar menunjukkan kewibawaan sosok, yang salah satunya agar bisa ikut membaur dengan para SUV bongsor dari Amerika. Lengkap dengan frame tebal berwarna chrome. Fascia depan juga menampilkan bahasa desain terbaru Hyundai, lewat letak lampu utama dan LED DRL yang terpisah.

Kemewahan sebenarnya dari Palisade bisa dijumpai ketika masuk ke dalam kabinnya. Fitur Safe Exit Assist (SEA) langsung menyambut. Fitur otomatis ini akan mencegah pintu terbuka saat terdeteksi ada kendaraan lain melintas di samping mobil. Tentunya fitur ini akan berguna memberi proteksi lebih saat anak-anak berada di dalam kendaraan.

Desain dashboard Palisade menciptakan kesan lapang dan luas pada interior. Berpadu dengan trim berlapis bahan berkualitas Nappa leather, panel kayu, dan alumunium brush. Sistem infotainment terpusat pada layar sentuh di bagian tengah, yang sudah mendukung berbagai fungsi dan koneksi, termasuk Apple CarPlay dan Android Auto. Berbeda dengan SUV pada umumnya, pengoperasian transmisi otomatis Palisade hanya cukup menekan tombol di konsol tengah, mengandalkan teknologi shift-by-wire.

Baca juga: Hyundai Palisade, Formula Baru Bagi Mereka yang Berjiwa Petualang

Hyundai Palisade SUV

Penggunaan Captain Seat

Jok pengemudi depan bisa diatur posisinya sesuai selera secara elektris, dengan opsi 12 arah pengaturan. Bahkan setelan posisi duduk bisa disimpan untuk beberapa opsi. Dua jok di depan juga sudah menggunakan heated and ventilated seat, yang akan membuat suhu tetap nyaman dalam kondisi berkendara apapun.

Menu utama Palisade yang tidak ada pada SUV Hyundai lainnya adalah opsi captain seat pada baris kedua. Kursi baris kedua yang terpisah ini akan memberikan sensasi lega dan eksklusif untuk setiap penumpang yang duduk, layaknya petinggi negara atau bos besar. Sementara untuk privasi, penumpang bisa manfaatkan tirai atau curtain pada setiap jendela. Keistimewaan penumpang di belakang juga disajikan lewat panoramic sunroof yang membentang sampai baris ketiga.

Hyundai Palisade SUV

Fitur Keamanan

Fitur pendukung keamanan dan keselamatan pada Palisade tidak bisa dipandang sebelah mata. Kelengkapannya dibuktikan dengan adanya Blind Spot Monitoring System, Rear Occupant Alert, Rear and Cross Collision Warning. Sementara soal utilitas dan kepraktisan, pintu bagasi sudah disematkan smart power tailgate, yang bisa dibuka tanpa harus disentuh sama sekali.

Kemudian bicara soal sistem penggeraknya, Hyundai mengandalkan mesin diesel 2,2 liter R CRDi. Menyediakan tenaga 197 hp dan torsi puncak 440 Nm. Transmisi otomatis dual clutch 8 percepatan dikendalikan dengan sistem shift-by-wire seperti dijelaskan di atas. Standar untuk varian Prime dan Signature menggunakan penggerak roda depan, sementara varian tertinggi Signature AWD tentu saja dibekali all-wheel drive.

Hyundai Palisade bisa menjadi pilihan baru yang menarik bagi konsumen Indonesia yang menginginkan SUV besar yang gagah dan bersahabat untuk keluarga. Apalagi kalau melihat rangkaian fitur canggih dan kekiniannya. Palisade bisa dimiliki dengan harga (OTR Jakarta) mulai Rp 777 juta, dan tertinggi di angka Rp 1,078 miliar. (Why/Raju)

Baca juga: Nilai Jual Hyundai Palisade yang Ditawarkan untuk Konsumen Indonesia