jakarta-selatan
kali dibagikan

Jaguar XE Terkuat Hadir dalam Waktu Dekat

  • 13 Mei, 2015
  • 860 Kali Dilihat

JAKARTA: Jaguar XE yang kehadirannya telah tercium sejak bulan Agustus 2014, kini siap menyaingi kesuksesan BMW Seri-3 dan Mercedes-AMG C63. Jaguar dikabarkan tengah mempersiapkan varian terbaru sedan premium ini dengan performa yang lebih dahsyat sehingga siap menantang rival di kelasnya. Berdasarkan laporan media, Jaguar XE teranyar ini bakal hadir menemani crossover Jaguar F-Pace dan generasi kedua Jaguar XF. Ketiga andalan Jaguar tersebut akan dirilis bersamaan pada akhir tahun ini.


Fokus utama dari mobil ini adalah kekuatan jantung pacunya. Pihak Jaguar mengklaim bahwa mesin untuk XE lebih efisien sebesar 17 persen dibandingkan dengan XF yang mengusung mesin berkapasitas sama. Mesin yang dibuat dari bahan aluminium tersebut adalah hasil pengembangan dari Jaguar bersama Land Rover. Adapaun varian XE tercepat ini akan dipersenjatai dengan mesin V6 35 T berkapasitas 3000 cc yang dilengkapi supercharger. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga sebesar 340 hp beserta torsi sebesar 332 lb-ft.


jaguar-xe-2015-(5)


Namun, agar bisa bertahan dalam persaingan yang ketat di segmennya, terutama dengan pabrikan asal Jepang, Jaguar juga menawarkan varian mesin yang lebih dahsyat dan mumpuni dalam perihal performa. Varian tertinggi sedan XE tersebut dilansir akan menggunakan mesin sejenis F-Type R Roadster V8, yang mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 500 hp. Bahkan, mesin yang diusung ini memungkinkan mobil untuk berakselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu kurang dari 5 detik. Selain itu, mesin ini juga mengusung kepraktisan. Mesin V8 dapat lebih mudah ditanamkan di dalam ruang mesin XE ketimbang mesin 4-silinder milik Ford yang digunakan oleh edisi sebelumnya ataupun mesin baru diesel Jaguar Land Rover Ingenium 4-silinder.


Jaguar pun sepertinya lebih mengutamakan performa daripada desain ekterior edisi XE terkuat ini. Beberapa perbaikan dilakukan terutama pada pengaturan transmisi. Penyaluran tenaga dari mesin ke roda menggunakan transmisi otomatis delapan percepatan sehingga menghasilkan mode manual yang lebih baik. Selain itu, Jaguar juga melakukan modifikasi pada sasis yang mendukung sistem penggerak roda, all rear wheels drive.


XE terbaru ini bakal hadir secara istimewa dan meyakinkan. Dari segi desain eksterior, sedan saloon ini menonjolkan kombinasi unsur seksi dari varian F dan aura elegan milik sedan XF. Garis atapnya mengalir menuju bagian ekor sehingga menambahkan sisi aerodinamis pada mobil ini. Selain itu, dengan menggunakan kerangka berbahan alumnium, Jaguar XE  menjadi sedan premium yang paling ringan dan kokoh dari yang pernah ada. Beberapa fitur andalan Jaguar juga akan tetap dipertahankan dalam mobil ini. Diantaranya adalah electrically assisted steering dan all surface progress control system yang berfungsi untuk mengail traksi.


Hingga detik ini, belum ada konfirmasi dari pihak Jaguar mengenai detail bulan peluncuran sedan XE terbarunya. Yang pasti, XE yang merupakan sedan premium yang paling efisien, canggih, dan kuat ini diharapkan nantinya dapat menyokong pertumbuhan Jaguar di masa depan. Terlebih lagi, mobil ini juga dipersiapkan untuk menjadi amunisi Jaguar di segmen yang saat ini telah ditempati BMW M3 dan Mercedes C63 AMG.

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Jaguar XE

Lihat video terbaru Jaguar XE untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Jaguar Pilihan

  • Populer
  • Komparasi