Hyundai Santa Fe 2021 Bukan Sekadar Facelift, Platform Ikut Berubah

Hyundai Santa Fe 2021 Bukan Sekadar Facelift, Platform Ikut Berubah
Gambar
Review Pengguna

Lama menggoda publik dengan menampilkan unit test di jalan, Hyundai merilis wajah Santa Fe anyar. Disebut sebagai facelift, tapi ubahan yang diberikan amat signifikan. Meski sebatas foto tampak depan yang terlingkup gelap, wajah mengalami transformasi berat. Bahkan, infonya SUV ini menganut platform generasi terbaru, yang berbeda dari sebelumnya. Padahal generasi keempat ini baru meluncur dua tahun lalu.

Makin menarik, karena penggunaan basis itu tak hanya menjanjikan peningkatan performa, handling dan keselamatan. Terpenting, fleksibilitas yang menunjang teknologi elektrifikasi. Santa Fe memang direncanakan tak cuma tersaji dalam versi mesin pembakaran konvensional. Hyundai telah mengungkap bakal ada versi hybrid dan plug-in hybrid. Namun, waktu peluncurannya masih belum diketahui. Rumornya bersamaan dengan unit ICE (Internal Combustion Engine), tapi ada juga yang menyusul setelahnya dengan jenjang waktu tak terlalu jauh.

Baca Juga: Hyundai Tucson Diesel, Pilihan SUV Medium Bertorsi Besar 

Dalam gambar, fascia Santa Fe lebih futuristik dan galak. Ada dua pola grille yang ditawarkan. Sarang lebah tipis sepertinya merujuk pada model sporty. Satunya lagi bentuk berlian menonjol, yang sering diimplementasikan pada model-model Hyundai. Ini menyajikan kesan lebih premium. Bentuknya persegi delapan bersudut lembut yang mendapat ekstensi sampai ujung bodi depan. Perangkat dipisahkan lampu vertikal yang tampaknya daytime running light (DRL). Komponen pencahayaan itu menyambung hingga atas, ke sektor penerangan utama. Di sini DRL tampil seksi dengan bentuk huruf T yang terbelah tengahnya. Mata jadi makin tajam.

Lewat teaser juga terlihat fitur macam apa yang dimilikinya. Pada ujung grille tampak samar empat objek bundar. Diduga sensor untuk cruise control. Ini mengindikasikan Hyundai menyematkan banyak perangkat keselamatan. Sebut saja Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), and Safe Exit Assist (SEA) yang hadir pada Santa Fe sebelumnya, dipastikan tersedia. Namun tergantung tingkatan trim. Selain itu, Hyundai mengatakan tak hanya eksterior berkarisma tinggi disuguhkan, tapi juga interior yang berubah di berbagai sisi.

Informasi lebih lengkap bakal diungkap pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu dalam beberapa minggu ke depan. Sementara penjualannya sendiri baru mulai di Eropa pada September 2020. Kehadiran versi listrik bukanlah hal yang mengejutkan. Soalnya, regulasi emisi di Benua Biru makin diperketat. Membuat kendaraan ramah lingkungan pengguna baterai menjadi opsi paling tepat. (Hfd/Odi)

Sumber: Motor1

Baca Juga: Generasi Ketiga Hyundai i20 Tertangkap di Jalan Raya Tanpa Kamuflase

Jelajahi Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe Rp 547 - Rp 643 Juta Cicilan : Rp 12,48 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store