Hyundai New Santa Fe 4x4 Akan Hadir Di IIMS 2016?

Hyundai New Santa Fe 4x4 Akan Hadir Di IIMS 2016?

Jakarta: New Santa Fe sebelumnya memang sudah diperkenalkan di Tanah Air, tepatnya tanggal 18 Februari 2016 kemarin. SUV 7-seater facelift ini diniagakan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku agen pemegang merek mobil Hyundai dalam dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel.

Namun demikian penggeraknya cuma ada satu tipe yakni 4x2 dengan Front-Wheel Drive (FWD). Menelisik strategi HMI pada dua-tiga tahun ke belakang, varian Santa Fe yang mengusung bahasa desain fluidic sculpture pertama juga mendapat penambahan tipe 4x4 di waktu terpisah. Oleh karenanya HMI banyak yang memperkirakan bahwa HMI juga akan turut melakukan strategi tersebut pada edisi penyegaran Santa Fe.

Hal ini semakin menguat setelah merujuk data tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor kemenperin yang dilansir kemarin, dimana terdapat informasi bahwa strategi HMI benar dilaksanakan. Dalam data tersebut tercantum nama merek dan tipe yang didaftarkan HMI yakni Hyundai Santa Fe 4x4.

Meski ceruk persaingan di SUV 4x4 tidak semasif segmen SUV 4x2, namun Hyundai sepertinya menghadirkan varian ini guna melengkapi variannya yang sebanding melawan Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport berpenggerak 4 roda.

Mungkinkah mobil ini meluncur di IIMS 2016 yang akan berlangsung 7-17 April 2016 yang akan datang? Tidak ada komentar dari HMI, namun menelisik lebih lanjut mengenai Hyundai New Santa Fe 4x4, jantung mekanis yang tersembunyi dibalik bonnetnya adalah mesin diesel CRD-i dengan Variable Geometry Turbocharger yang berkapasitas 2.2L.

Mesin CRDi Hyundai

Bila dibedah perihal kompetensi dari kode mesin peminum bahan bakar jenis solar ini ialah sanggup melahirkan tenaga maksimum 197 PS pada putaran 3.800 rpm dan melontarkan momen puntir sebanyak 436 Nm sejak 1.800 rpm hingga 2.500 rpm.

Prestasi performa ini tergolong membanggakan, mengingat All New Pajero Sport Dakar 4x4 hanya memproduksi daya181 PS dan torsi maksimal 430 Nm dan All New Fortuner VRZ 4x4 mampu menyajikan tenaga sebesar 149,6 PS dan torsi 400 Nm. Tak ketinggalan, sebagai pemindah daya SUV asal Negeri Ginseng ini tertanam transmisi otomatis 6-percepatan shiftronic.

Menimbang langkah Hyundai yang pernah diambil sebelumnya, maka diperkirakan apabila bahasa rancang eksterior dan interior tetap sama. Sehingga SUV 4x4 yang berdiri diatas rangka monokok ini pun menerapkan tema Fluidic Sclupture 2.0 dengan desain Storm Edge.

Pada tampilan depannya diperkuat oleh grill hexagonal dengan lapisan krom, lampu depan dilengkapi lampu posisi berteknologi LED dan HID projector plus lampu kabut yang bagian atasnya dihuni daytime-running light LED. Beralih ke buritan, tampak lampu belakang memakai LED dan lubang knalpot lebih sporty. Bermain ke dalam kabin dari SUV 7-penumpang ini pun tetap sama dengan tidak melupakan penambahan fitur pengaturan 4WD.

Dalam rangka memprediksi harga jual yang dikenakan SUV 4x4 ini, kami merujuk referensi harga Santa Fe Diesel 4x4 pada edisi sebelumnya yang diniagakan Rp 660 jutaan, dan dengan adanya sentimen inflasi sehingga kami perkirakan terdongkrak naik dikisaran Rp 700 jutaan.

Wow, mendengar nilai perkiraan tadi, PT Hyundai Mobil Indonesia memerlukan penyesuaian fitur dan spesifikasi supaya dapat menyusutkan harga dan berkompetisi seru dengan All New Pajero Sport Dakar 4x4 yang dijual Rp 623 juta dan All New Fortuner VRZ 4x4 di Rp 631,5 juta. Kita tunggu saja tanggal mainnya. HMI sedang sibuk mempersiapkan banyak produk baru sepertinya, karena di daftar TPT yang sama juga ada nama Hyundai Avega dengan kode NE di belakangnya. New Engine?

Baca Juga: Akankah Tucson Baru Meluncur di IIMS 2016 Nanti?

Jelajahi Hyundai Santa Fe

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai H100
    Hyundai H100
  • Hyundai Tucson
    Hyundai Tucson
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
  • Hyundai Grand i10
    Hyundai Grand i10
Mobil Hyundai

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Santa Fe Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai Santa Fe

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang