Hyundai CRETA Active, Kelengkapan Varian Terbawah dengan Harga Rp 279 Juta

Hyundai CRETA Active, Kelengkapan Varian Terbawah dengan Harga Rp 279 Juta

Hyundai telah memperkenalkan Creta beberapa waktu lalu. SUV pertama buatan pabrik Hyundai di Indonesia ini ditawarkan dengan pilihan varian Prime, Style, Trend dan terendah Active.

Literasi banyak membahas varian teratas Prime, namun apa yang ditawarkan varian terendah Active? Redaksi OTO.com coba mengulik lebih jauh dengan varian yang dibanderol Rp 279 juta ini.

Pertama dari eksterior Tampilannya sekilas sama dengan varian yang ada di atasnya, namun Active menggunakan warna grile berbeda yakni dark silver sedangkan varian teratas menggunakan dark chrome. Sisi penerangan juga berbeda, Active menggunakan halogen sedangkan variant eratas sudah menggunakan multireflektor LED. Untuk DRL tetap menggunakan LED seperti varian di atasnya.

Hyundai Creta

Bagian eskterior Active mendapatkan shark fin antenna, high mounted stop lamp LED namun dengan lampu belakang menggunakan bohlam. Dari eksteriornya, Creta Active juga tidak mendapatkan sunroof dan pewarnaan two tone.

Soal kaki-kaki, Hyundai menyamaratakan seluruh varian Creta dengan ban 17 inci. Termasuk soal pengereman yang mempercayakan pada rem cakram di depan dan belakang.

Masuk ke interior, Creta Active menawarkan jok dengan bahan fabrik. Meter clusternya hadir lebih kecil yakni 3,5 inci LCD, berbeda dengan varian teratas yang mendapatkan layar TFT LCD 10,25 inci.

Hyundai Creta

Soal kenyamanan di dalam kabin, varian Active hanya mendapatkan kemampuan pengaturan kemudi tilt, armrest di konsol tengah, AC baris kedua, armrest di baris kedua, electric parking brake serta electric tailgate release. Fitur seperti paddle shift, cruise control, drive mode, traction mode, ambient light, AC auto climate, wireless smartphone, push start button, remote start engine, ventilated seat harus absen di varian termurah ini.

Beruntung, Hyundai tetap menyematkan head unit yang seragam untuk setiap varian yakni layar sentuh 8 inci dengan kemampuan smarphone integrated dengan kemampuan memutar beragam format media. Varian Active hanya mendapat empat speaker dan tidak mendapat sentuhan Bose Premium Sound seperti di varian atas. Namun tidak perlu kecewa, varian terbawah ini mendapatkan pengaturan audio di lingkar kemudi termasuk sambungan telepon.

Baca juga: GIIAS 2021: Hyundai Creta Bisa Dicicil Rp 4 Jutaan per Bulan

Hyundai Creta

Creta Active juga tidak mendapatkan Hyundai Sense. Jadi fitur canggih seperti high beam assist, forward collision warning, manual speed limit assist, lane keeping assist, lane following assist, driver attention warning, driver rear view monitor, blind spot collision avoidance assist, safe exit warning dan rear cross traffic collision avoidance assist tidak ada di model terbawah.

Namun soal keamanan, Creta Active sebagai yang termurah masih mendapatkan fitur yang cukup lengkap. Sebut saja ABS, BA, ESC, vehicle stability management, hill start assist, emergency stop signal, speed sensing auto door lock, impanct sensing auto door unlock, serta child pretection rear door lock tersedia sebagai standar. Varian ini mendapatkan dua airbags dibagian depan, immobilizer serta alarm.

Soal mesin, Creta Active tidak berbeda dengan varian teratasnya. Creta menggunakan mesin Smarstream G1.5 MPI 1.497 cc dengan tenaga 115 ps pada putaran 6.300 dan torsi 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm. Untuk transmisi, Hyundai hanya menyediakan pilihan transmisi manual pada Creta Active.

Hyundai Creta GIIAS 2021

Terkait target yang disasar Hyundai untuk Creta Active ini, COO PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur mengungkapkan pasar untuk SUV dengan transmisi manual cukup besar. Terlebih untuk kebutuhan di luar kota.

"Jadi kita sediakan apapun kebutuhan konsumen, kita fokus ke kebutuhan itu. Kita juga memberikan pilihan, buat konsumen yang sebelumnya punya low MPV serta seven seater, kalau mau naik kelas ke SUV ada kesempatan untuk memilih Creta ini. Makanya kita tempatkan dengan selisih harga yang cukup jauh (dengan varian di atasnya)," ucap Makmur saat ditemui beberapa waktu lalu.

Lantas bagaimana dengan harga Rp 279 jutaan ini? Jika dibandingkan dengan beberapa pilihan SUV 1.5L saat ini, Creta Active tembus cukup tinggi. Namun perlu diingat, Creta tidak mendapatkan kemudahan diskon PPnBM karena baru akan diantarkan ke konsumen Januari 2021. Hadir dengan beragam kelebihan dan kekurangannya ini, Creta Active bisa jadi pilihan menarik.

Bagaimana menurut Anda? (Sta/Raju)

Daftar harga Hyundai CRETA:

Tipe Harga
CRETA Active 6-speed MT Rp 279.000.000
CRETA Trend 6-speed MT Rp 299.000.000
CRETA Trend IVT Rp 319.000.000
CRETA Style IVT Rp 359.000.000
Hyundai CRETA Prime IVT Rp 397.500.000
CRETA Prime IVT Two Tone Roof Rp 399.000.000

 

Baca juga: Hyundai Creta Laris Manis di GIIAS 2021, HMID Bawa Pulang 1.477 Unit SPK

Jelajahi Hyundai Creta

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Creta
  • Tampak Depan Hyundai Creta
  • Tampak belakang Creta
  • Hyundai Creta Front Side View
  • Tampak depan medium Hyundai Creta
  • Tampak belakang sisi tengah Creta
  • Tampak depan Creta, tilted
  • Hyundai Creta Front Cross Side View
Hyundai Creta
Rp 279 - Rp 397,5 Juta Cicilan : Rp 6,37 Juta

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
Mobil Hyundai

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Creta Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai Creta

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang