Honda CR-V Atau Hyundai Santa Fe?

Honda CR-V Atau Hyundai Santa Fe?
Gambar
Review Pengguna

Selalu ada pertanyaan, mending CR-V baru apa Hyundai Santa Fe? Ini sebetulnya banyak rancunya. Santa Fe secara dimensi lebih besar dari CR-V. Beda panjangnya mencapai 11,6 cm (4.700 mm vs 4.584 mm). Kadang Hyundai Santa Fe malah disandingkan dengan SUV besar lainnya semacam Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner. Tapi antara CR-V dan Santa Fe kini memiliki harga yang mepet, plus sama-sama 7-seater.

Bahkan sebagai penggemar otomotif sekalipun, jika melihat spesifikasi keduanya yang terbilang menggiurkan dan canggih, sulit memilih yang mana. All New Honda CR-V sudah memiliki mesin 4-silinder dengan turbocharger, Santa Fe dibekali dua opsi mesin bensin dan turbodiesel. Opsi terakhir itu, biasanya yang banyak dipinang mereka yang doyan kecepatan. Namun semuanya bermuara ke satu hal dasar dan paling manusiawi : harga

Mesin & Chassis

Spesifikasi CRV dan Santa FE

Ya, Santa Fe diesel memang layak dijuluki badak karena torsinya mencapai 436 Nm. CR-V yang menggunakan mesin turbo memiliki torsi sebesar 240 Nm. Namun tenaga puncak keduanya tidak jauh berbeda. Santa Fe diesel hanya lebih besar 7 ps (197 vs 190 ps) dibanding CR-V. Bagaimana dengan Santa Fe bensin? Tenaganya terpaut jauh dibanding SUV Honda itu, karena hanya 176 ps, dengan torsi 226 Nm.

Keduanya berdiri di atas platform monokok yang menjanjikan kenyamanan dan kestabilan berkendara. Suspensi yang menopang Santa Fe dan CR-V sama persis konfigurasnya, Multi link di belakang dengan MacPherson Strut di depan. Konfigurasi ini jamak digunakan mobil-mobil penjelajah, yang memang menawarkan kenyamanan.

Kenyamanan & Keselamatan

Dimensi CRV vs Santa Fe

Itu dari sisi performa. Kami jujur belum pernah mencoba CR-V yang baru. Tapi mesin turbonya serupa dengan yang digunakan Civic, dan kami suka mesin itu. Sedang Santa Fe, terutama yang menggunakan mesin turbodiesel, adalah performance SUV, yang gagal menanggalkan kenyamanan. Meski kencang, tapi Anda bisa tetap membawa keluarga dengan nyaman.

Baik Santa Fe maupun CR-V, dibekali fitur-fitur canggih yang memudahkan pengendaraan maupun membuat nyaman. Head unit dengan sambungan bluetooth, itu sudah pasti. Santa Fe bahkan punya surround system yang dihasilkan enam speaker. Namun CR-V punya 8-speaker dengan head unit berkemampuan mirroring layar ponsel. Kedua SUV kota ini juga sudah dilengkapi AC digital berkemampuan Dual Zone.

Wheelbase Santa Fe yang lebih panjang (2.700 vs 2.660 mm) menjanjikan ruang yang lebih lega di kabin. Untuk mobil seven seater, jarak sumbu roda yang panjang itu membantu penataan baris ketiga, supaya bisa sedikit lebih lega. Bodi yang lebih panjang menghasilkan ruang bagasi yang lebih luas. Juaranya, lagi-lagi Santa Fe berkat dimensi yang lebih besar.

Namun CR-V masih punya trik lain untuk bisa menjegal Hyundai: Keselamatan. Fitur keselamatan aktif pada kedua mobil ini sama-sama lengkap seperti ABS, EBD, Brake Assist. Santa Fe Limited Edition bahkan punya kamera Eagles Eye View, yang sangat membantu untuk parkir. Tapi hal ini tidak tersedia di semua varian. CR-V meningkatkan lagi tingkat proteksi keselamatan dengan menghadirkan 6 airbag, hill start assist, dan sistem brake override (rem berkerja saat pedal gas dan rem ditekan bersamaan).

Pilih Yang Mana?

Honda CR-V. Itu kalau Anda yang alirannya mainstream. Tapi terlepas dari mainstream atau tidak, Santa Fe memang unggul di bidang performa, terutama yang bermesin turbodiesel. Dan CR-V menggebrak dengan mesin kecil, efisien serta bertenaga besar berkat imbuhan turbocharger.

Harga Honda CRV 2017

Pada akhirnya, semuanya bermuara ke harga dan running cost. Di sini CR-V unggul telak. Selain harganya yang lebih murah bahkan untu varian tertingginya, mesin 1,5 liter, empat silinder jadi modal efisiensi BBM. Belum lagi mobil ini bisa berjalan dengan bensin beroktan minimal 91. Santa Fe diesel baru terasa betul performanya saat diisi solar sekelas PertaDex.

Harga Hyundai Santa Fe

Kalau mau dipanjangkan lagi, perpajakan lebih murah, lagi-lagi karena mesinnya yang kecil itu. Santa Fe, baik yang bermesin bensin maupun diesel terpukul telak di bagian ini. Varian bermesin bensin memiliki kapasitas 2,4 liter dan Santa Fe diesel bermesin 2,2 liter. Skema PKB kita yang old school dan masih melihat besaran kapasitas mesin akan membuat Santa Fe lebih mahal.

Kalau begitu CR-V saja? Hmm, untuk sementara ini sepertinya begitu. Sampai ada gebrakan dari Kia atau Toyota.

Baca Juga: Kelebihan dan kekurangan Honda HR-V

Jelajahi Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe Rp 547 - Rp 643 Juta Cicilan : Rp 12,48 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store