Honda Civic Siap Regenerasi Tahun Depan, Varian Sedan Dimatikan

Honda Civic Siap Regenerasi Tahun Depan, Varian Sedan Dimatikan
Gambar
Review Pengguna

Honda tengah menyiapkan sebagian besar lininya dengan model 2021. Beberapa mengalami regenerasi. Tapi ada juga yang merupakan facelift dengan beragam peningkatan. Menariknya, ada pula yang terpaksa dikecilkan variasinya. Seperti Civic. Padahal generasi ke-11 Civic dijadwalkan mendebut pada semester pertama tahun depan.

Civic sendiri terbagi dalam beberapa varian. Paling nahas adalah sedan, harus dihentikan pemasarannya. Bahkan pabrikan memutuskan untuk tak lagi memproduksi. Lantaran penjualan yang terus merosot. Di Jepang saja, data fiscal tahun lalu cuma terlego 1.619 unit. Kalah jauh dengan mobil mungil N-Box.

Honda Civic Coupe

Di Amerika Serikat lebih parah lagi. Tak cuma sedan, tapi juga Coupe dan Si. Namun, untuk Si sekadar hiatus selama setahun. Kabarnya nanti dihadirkan lagi setahun kemudian atau pada 2022. Coupe sendiri merupakan lini yang memiliki tampilan paling cantik. Mengusung dua pintu dengan beberapa pilihan tipe mesin ; 2,0 liter empat silinder dan 1,5 liter empat silinder turbo.

Bukan tanpa alasan. Anjloknya minat pelanggan terhadapnya dipengaruhi kehadiran Civic Hatchback. Mobil dengan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang trennya terus positif. Sejak 2016 hingga sekarang, porsinya mampu menyentuh 24% (dibanding model lainnya). Sedangkan Coupe terjun bebas dari 16% menjadi 6%.

Baca juga: Tak Sampai Rp 200 Juta, Mobkas Keren Honda City 2016 Layak Dipertimbangkan

Lantas bagaimana di Tanah Air? Mengingat Honda Indonesia masih memasarkan Civic sedan. Belum ada kejelasan tentangnya. Secara spesifikasi tak berbeda dengan hatchback. Cuma bentuknya dan harga yang berbeda. Dibekali mesin 1,5 liter empat silinder yang disokong turbo, outputnya mencapai 173 PS di putaran 5.500 rpm dan torsi maksimal 220 Nm sejak 1.700 sampai 5.500 rpm. Banderolnya Rp 533 juta, selisih Rp 34 juta dari versi hatchback.

Honda Civic Type-R Limited Edition

Civic Type R

Untuk model paling bertenaga, Type R tak akan diregenerasi. Alias masih menggunakan model 2020. Namun, pabrikan bakal menghadirkan edisi khusus terbatas. Sebelumnya Honda tertangkap spyshot tengah menguji Civic. Terbalut dalam jubah kamuflase. Muncul dugaan ini Civic Type R terbaru, yang ubahannya bakal diterapkan pada varian standar. Sementara bulan lalu, Honda merilis video pendek yang menampilkan Civic Type R Limited Edition sedangmengelilinig Sirkuit Suzuka. Pabrikan sepertinya ingin membuktikan model berpenggerak dua roda itu tercepat di lintasan di Jepang. Ini kemungkinan membenarkan pernyataan di atas, bahwa sang pemilik merek tak akan meregenerasi Type R memakai model 2021.

Nasib Honda Fit (Jazz)

Tak cuma Civic sedan yang kena sial. Kabar buruk juga menimpa Honda Fit untuk pasar Amerika Serikat. Diyakinkan tak bakal dijual lagi. Sekalipun generasi keempatnya sudah meluncur Februari lalu dan tengah bersiap dipasarkan di Jepang dan Eropa. Mobil yang turut dikenal dengan nama Jazz itu mendapat diferensiasi jantung mekanis. Bahkan merambah elektrifikasi.

Terdapat lima tipe : Basic, Home, Ness, Luxe dan Crosstar. Masing-masing memiliki dua pilihan dapur pacu. Pertama berupa pembakaran konvensional 1,3 liter i-VTEC DOHC. Kedua 1,5 liter i-VTEC DOHC yang disokong motor hybrid ganda. Menghasilkan semburan tenaga yang lebih mumpuni, termasuk torsi.

4th gen Honda Jazz

Di Amerika Serikat sendiri, penyebab dihentikan karena penjualan anjlok signifikan. Pada 2019, angkanya mencapai 35.414 unit, tapi pada 2020 hanya 13.887 unit. Munculnya HR-V dinilai menjadi salah satu faktor. Minat konsumen terhadapnya sangat positif. Padahal banderolnya lebih mahal. Tentu ini sangat menguntungkan sang produsen. Lagi-lagi bagaimana dengan Indonesia? Belum ada tanda-tanda Jazz bakal segera diregenerasi. Apalagi mengingat pilihan mesinnya 1,3 liter atau hybrid. (Hfd/Tom)

Sumber: Motortrend

Baca juga: Honda City Resmi Meluncur di India Tanpa VTEC Turbo

Jelajahi Honda Civic Hatchback RS

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store