• Wishlist

Grand Cherokee Trackhawk Bertenaga lebih dari 700 Hp!  

Grand Cherokee Trackhawk Bertenaga lebih dari 700 Hp!  

JAKARTA: Pabrikan asal Amerika Serikat, Fiat-Chrysler Automobile (FCA), dikabarkan tengah mengembangkan Jeep Grand Cherokee Trackhawk yang bertenaga dahsyat. Kehadiran model Trackhawk ini pun semakin dekat dengan kenyataan lantaran akan mulai dipasarkan pada tahun depan.  Menurut salah satu sumber internal, sebagaimana yang dilaporkan Worldcarfans, Jumat (19/6/2015), pembangunan Grand Cherokee Trackhawk atau yang juga disebut denganProject K ini sudah mendapatkan lampu hijau untuk diproduksi massal.


Tak tanggung-tanggung, Jeep ini dikabarkan akan mengusung mesin Hellcat guna mendukung performa yang lebih dahsyat. Bahkan, seperti yang dikutip dari Motor Authority, Jumat (19/6/2015), Jeep Grand Cherokee Trackhawk itu bakal menggendong mesin HEMI V-8 berkapasitas 6.200 cc dan Fiat pun sudah menguji prototipenya dengan mesin tersebut. Mesin bertenaga dahsyat ini juga ditanamkan pada Dodge Charger dan Challenger SRT Hellcat dan dapat menyemburkan daya maksimum hingga 716 tk dengan letupan torsi sebesar 880 Nm. Kendati demikian, belum ada rincian output tenaga yang dihasilkan pada Trackhawk, tapi sumber mengisyaratkan tenaga tetap berkisar antara 707 hp. Adapun yang belum jelas adalah torsinya, apakah akan sama juga dengan SRT Hellcat atau tidak. Mesin ini rencananya akan dipadukan dengan transmisi otomatis ZF delapan tingak percepatan untuk menyalurkan tenaga ke roda. Sedangkan untuk sistem penggerak, akan mengadopsi teknologi standar penggerak empat roda.


Terlepas dari itu, Trackhawk diyakini akan memiliki kecepatan dan akselarasi yang sangat tinggi. Model ini mampu menembus 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 321,8 km/jam. Namun dengan catatan, kecepatan maksimum ini dibatasi secara elektronik. Kehadiran mobil ini tentunya akan menjadi penantang serius dari beberapa mobil lain yang telah beredar, seperti Range Rover Sport SVR yang bertenaga 550 Tk dan Porsche Cayenne Turbo S berkekuatan 570 tk.. Sebagai perbandingan saja, Porsche Cayenne Turbo S memerlukan waktu sekitar 3,8 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Bahkan, mobil andalan Prosche tersebut bahkan 'hanya' mampu melaju dengan kecepatan maksimal 283,2 km/jam.


Menurut informasi terbaru yang didapatkan CarBay, Fiat Chrysler rencananya akan merilis Cherokee Trackhawk ke pasaran Amerika Serikat (AS) pada kuartal kedua tahun 2016 mendatang. Tidak heran jika dengan performa dahsyat yang diusungnya, mobil ini ditawarkan dengan harga yang lebih mahal, yakni mencapai 65 ribu dolar AS atau sekitar Rp 857,8 juta. Kendati demikian, ketika ditanyai media mengenai kehadiran mobil bertenaga Hellcat ini, juru bicara FCA enggan untuk mengomentari lebih lanjut. “Kami tidak akan mengomentari soal produk masa depan,” ucap juru bicara tersebut.


Sekilas informasi, selain Grand Cherokee Trackhawk bermesin Hellcat, menurut sumber  internal di FCA itu,  akan ada perubahan nama pada Jeep Grand Cherokee SRT. Kabarnya, Jeep tersebut bakal menerima sumber tenaga yang lebih besar yakni mesin HEMI V8 berkapasitas 6.400 cc yang dapat memuntahkan daya maksimum hingga 490 hp. Kita tunggu bersama perkembangannya!