• Wishlist

Jeep Grand Cherokee Ini Bisa Mengangkangi Kemacetan

Jeep Grand Cherokee Ini Bisa Mengangkangi Kemacetan

Kemacetan? Semua pengendara kendaraan jenis apapun yang kerap berkomuter di kota besar pasti akrab dengan kata itu. Saya pun sempat terpikir mempunyai kekuatan seperti Bruce Almighty, tokoh sekaligus judul film yang diperankan Jim Carrey, di mana ia memiliki kemampuan ‘Tuhan’ untuk menggeser kendaraan dengan libasan tangannya. Tapi ternyata cukup dengan kreativitas, sebuah Jeep Grand Cherokee bisa mengakali masalah ini.


Jeep Cherokee ngangkang


Ide sebuah perusahaan telekomunikasi, Verizon. Mereka mencoba menunjukkan kemampuan produknya, dengan membuat mobil yang mampu melewati kemacetan dengan sangat praktis dan termasuk logis. Yakni dengan cara mengangkangi kendaraan lain.



Jeep Grand Cherokee diracik khusus oleh A27FX, rumah modifikasi yang berfokus pada pembuatan berbagai kendaraan untuk kepentingan promosi, film atau iklan. Mobil dengan berat hampir 2 ton ini, diberikan kaki-kaki hidraulis yang bisa meninggikan mobilnya lebih tinggi dari kendaraan di depannya. Artinya, hampir 2 meter.


Tak cuma meninggikan, namun demi mengangkangi kendaraan di hadapannya, jarak antar roda (track width) juga bisa dilebarkan. Ketika video itu diputar, memang nampak solutif untuk melewati kemacetan.


Seperti diulas Carscoops, A27FX menggunakan kaki-kaki yang dirancang khusus, sebab tak ada pabrikan yang menjualnya. Mereka menggunakan mesin kompresor Honda untuk memompa tabung hidraulis, agar bisa menopang bobot dengan ketinggian seperti itu. Total bobot sistem suspensi dan hidraulisnya saja, hampir menyamai bobot mobilnya.


Tapi sayangnya, teknologi itu cuma untuk kepentingan iklan semata. Ya, Verizon menggunakan jasa agensi periklanan Thinkmodo untuk mempromosikan produknya Hum. Mereka pun menamakan mobil ini Verizon Hum Rider.


Tentunya video pun diakhiri dengan deskripsi bahwa mobil tak akan mampu melakukan hal seperti itu, menghindari kemacetan dan melenggang tanpa terhambat. Namun, produk komunikasi mereka, bisa.


Lantas apakah akhirnya teknologi ini mustahil? Nampaknya tidak. Kita tentu sudah melihat bagaimana pabrikan kecil membuat mobil terbang. Atau mewujudkan mimpi mobil yang bisa menyelam di dasar laut. Jika sekadar kendaraan 4 roda yang memiliki suspensi fleksibel seperti ini, rasanya bukan hal merepotkan.


Tentunya yang perlu dikhawatirkan bukan pengembangan kendaraannya. Melainkan pengguna kendaraan lain. Sebab, jika saat melintas di atas mobil lain, lalu ada yang membuka pintu, atau melakukan manuver, maka tamat sudah nasib suspensi canggih itu.


Baca Juga: Jeep Wrangler terbaru siap diproduksi


Foto: Youtube Hum Rider

Jelajahi Jeep Grand Cherokee

Jeep Grand Cherokee Rp 1,34 - Rp 1,41 Milyar Cicilan : Rp 30,55 Juta

Bandingkan & Rekomendasi