Fiat Kenalkan 500 dan Panda Mild Hybrid

Fiat Kenalkan 500 dan Panda Mild Hybrid

Fiat kini punya kendaraan listrik, walau masih sebatas mild hybrid. Tapi ini jadi langkah besar bagi pabrikan Italia itu untuk penerapan strategi elektrifikasi jangka panjang. Model yang diperkenalkan: 500 dan Panda Mild Hybrid. Dua mobil Fiat yang paling diminati konsumen. Keduanya dihadirkan dalam seri spesial, Launch Edition.

Fiat pasang sistem mild hybrid untuk Panda dan 500

Edisi spesial dapat dikenali melalui badge Hybrid yang tertempel di belakang. Huruf H pada kata itu dibentuk dari corak dua embun yang saling bertautan. Embun dipilih karena menjadi simbol penanda fajar dan awal mula era baru. Hal ini juga menginspirasi Fiat untuk menyematkan kelir eksklusif Dewdrop Green. Tampilan luarnya menjadi elegan, ditambah pelek bespoke yang palangnya banyak dan rapat.

Di balik kap 500 Hybrid anyar dan Panda Hybrid terdapat mesin FireFly 1,0 liter. Konfigurasinya tiga silinder yang mampu menghasilkan 70 hp. Ini dikombinasikan motor elektrik Belt-integrated Starter Generator (BSG) 12 volt, yang terhubung baterai lithium kecil. Perpaduan ini mampu mengurangi emisi karbon dioksida hingga 30 persen, bila dibandingkan mesin bensin 1,2 liter Fire bertenaga 69 hp yang dipakai dulu.

Jantung mekanis terbaru cukup menarik. Konstruksinya sangat sederhana. Menggunakan dua katup per silinder dan chain-driven camshaft tunggal dengan continuously variable valve timing (CVVT). Sistem BSG diposisikan langsung di atas mesin, dan dioperasikan melalui sabuk. Secara otomatis, perangkat akan mengisi atau mengembalikan daya ke baterai ketika mobil direm atau mengalami deselerasi. Adapun baterainya berukuran 11 Ah. Ini bisa digunakan untuk menghidupkan kembali dapur pacu (start-stop) dan sebagai akselerator.

Mesin baru Fiat Panda dan 500 hybrid

Mild hybrid kedua model dipasangkan dengan sistem transmisi manual 6-speed. Dinukil dari situs Motor1 (10/01), keberadaan rasio gear keenam membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar saat berkendara luar kota. Makin menarik, lantaran seluruh sumber tenaga pendorong ditempatkan 45 mm lebih rendah dari posisi mesin 1,2 liter lama. Setelan ini diyakini dapat meningkatkan handling menjadi lebih baik.

Kabin dibuat cukup atraktif dengan permainan warna kontras. Menariknya, edisi ini diklaim pertama kali menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan dari Seaquel Yarn. Pabrikan yang memanfaatkan plastik bekas berasal dari laut (10 persen) dan daratan (90 persen). Komponen itu dicampurkan fiber yang juga ramah lingkungan.

kabin fiat Panda hybrid

Fiat 500 Hybrid akan tersedia Februari ini di beberapa negara di Eropa. Ke depannya, Fiat bakal menghadirkan 500 versi full listrik tahun ini. Sementara Panda baru dipasarkan pada Maret. Lantaran edisi khusus, keduanya disuguhkan dalam jumlah terbatas. (Hfd/Tom)

Sumber: Motor1

Baca Juga: Siap-siap, Daihatsu Sirion Facelift Rilis pada Maret 2020 di Indonesia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store