• Wishlist

Fiat Panda Elektrik Dikenalkan Pada 2023, Beragam Inovasi Disajikan

Fiat Panda Elektrik Dikenalkan Pada 2023, Beragam Inovasi Disajikan

Fiat diduga menghadirkan Panda bertenaga listrik sepenuhnya. Mobil terlarisnya ini, sebelumnya dikabarkan punya generasi baru pada 2021. Dua tahun kemudian, versi elektrik baru dikenalkan untuk para pecinta Panda.



Sinyalemen ini diperkuat pernyataan CEO FIAT, Olivier Francois yang dilansir dari carscoops.com. Ia mengungkapkan Panda EV (Electric Vehicle) terkini, mengaplikasi wujud Centoventi Concept. Sebuah mobil konsep listrik, yang pertama kali ditampilkan Fiat lewat pameran otomotif Geneva 2019 lalu.


Tak hanya itu, teknologi yang digunakaan juga tak jauh berbeda. Ia disenjatai sistem baterai yang bisa dilepas-pasang. Sedikitnya ada 5 modul yang dapat disematkan. Dengan satu unitnya mampu mendorong mobil sejauh 100 km. Ini berarti Panda bisa melaju hingga 500 km bila konsumen memakai 5 modul. Tiga modul yang disuguhkan merupakan opsional. Tujuan pengaplikasian model seperti ini, untuk menekan harga jual agar tetap terjangkau atau sesuai kemampuan pelanggan. Pemakaian baterai yang bisa dilepas-pasang, juga memudahkan pengguna. Kendala pengisian daya yang lama dapat diantisipasi dengan menukar.



Sebagai informasi, Centoventi digambarkan sebagai kanvas kosong. Konsumen bisa mempersonalisasi. Fiat menyajikan beragam pilihan untuk masing-masing komponen, antara lain 4 atap, 4 bumper, 4 pelek dan 4 wrapping eksternal. Hal itu memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk mengombinasikan opsi-opsi itu secara luas. Bahkan, Contoventi menerapkan model atap yang bisa dilepaskan. Pembelinya dapat dengan mudah menggantinya dengan model yang dilengkapi sunroof, soft-top atau roof-box.


Interiornya dibuat futuristik, dengan permainan desain membulat. Fiat menyematkan bahan ramah lingkungan untuk membentuk kabin. Jok, misalnya, dibuat dari hasil rajutan yang terinspirasi dari sepatu masa kini. Menariknya, bangku penumpang depan bisa dilepaskan dan digantikan dengan perangkat lain, seperti kursi khusus anak atau tempat penyimpanan.



Panel instrumen yang memperlihatkan informasi seputar mobil berukuran 20 inci. Ini dipadukan head unit di dasbor yang punya dua pilihan. Konsumen dibebaskan antara memakai smartphone sebagai perangkat multimedia inti, atau layar sentuh konvensional yang menyambung dengan panel instrumen.


Selain itu, Fiat menyuguhkan suku cadang yang dibuat menggunakan mesin cetak 3-dimensi. Ini membuat proses pemenuhan kebutuhan menjadi lebih praktis. Inovasi lainnya berupa layar di pintu bagasi dan kaca depan. Lewat komponen itu, pengguna mobil bisa menampilkan pesan singkat, atau menjadikannya ruang iklan berbayar. Sementara wajahnya dipasangkan bumper berteknologi memory foam yang mengurangi efek tumbukan, sehingga lebih ramah terhadap pejalan kaki. (Hfd/Odi)


Sumber: Carscoops


Baca Juga: Ini Mobil Pertama yang Terintegrasi Waze