Aston Martin DB11, Pewaris Tahta Grand Tourer

Aston Martin DB11, Pewaris Tahta Grand Tourer

Jakarta: Inilah Aston Martin DB11, line-up ikonik terbaru dari Aston Martin yang memulai debut globalnya di ajang Geneva Auto Show 2016. Sebagai generasi terbaru dari DB series, Coupe Grand Tourer ini tetap mewarisi genetika DB meskipun tampilannya dituntut harus berevolusi. Disamping itu, pada waktu pengembangannya para pakar berjibaku guna membekalinya dengan bobot ringan dan peningkatan performa.

Coupe berkonfigurasi kabin 2+2 ini mengusung konsep desain bodi aerodinamis yang segar dari ujung kap depan hingga ke bodi belakang walau perlu mempertahankan identitas garis bodi DB series. Perubahan menonjol terjadi di area depan, dimana grill diperbesar dan dikombinasi dengan lekukan dinamis, perlu ditambahkan konstruksi kap depan yang melandai dihiasi garis tegas yang membentang dari area kaca depan hingga ke depan gril.

Dimensi DB11 lebih panjang 19 mm

Tak ketinggalan model lampu utama mengadopsi bentuk baru yang mengaplikasikan teknologi LED dan juga dipakai untuk Daytime Running Lights dan low-speed cornering light. Pada bagian buritan timbul kesan modern lewat bentuk lampu belakang LED tiga dimensi yang menyerupai boomerang dan spoiler Aeroblade yang tersembunyi di atas bodi belakang.

Dampak dari perubahan desain ini mempengaruhi dimensinya yang berubah menjadi lebih panjang 19 mm dengan atap lebih rendah 3 mm dibandingkan DB sebelumnya. Akan tetapi bobotnya malah lebih ringan 15 kilogram. Ini disebabkan oleh pemakaian material panel bodi yang didominasi bahan khusus bercampur aluminium pada kap depan, atap dan pintu.

Selain itu di jarak sumbu roda ada pelebaran sebanyak 65 mm yang mengakibatkan distribusi bobotnya menjadi 51% depan dan 49% belakang atau nyaris sempurna.

Dashboard DB11 terlihat elegan dan rapi

Melihat ke dalam kabin DB11, Aston Martin memanjakan pengemudi dan penumpangnya dengan bentuk dashboard yang berbeda. Sekarang ini terpasang layar LCD 8 inci dibagian tengah dashboard sebagai peranti multimedia dan layar 12 inci sebagai instrument cluster yang berisi beragam informasi berkendara termasuk speedometer.

Lingkar kemudi dengan palang tiga yang dijejali beragam tombol di bagian kiri dan kanan plus bentuk paddle shift yang berbentuk semakin modern. Meneruskan kekhasan DB series, seluruh pengaturan dan tombol dirancang tetap di dalam satu area yakni di konsol tengah mulai dari pengaturan pendingin udara, multimedia, tombol menyalakan mesin hingga tombol transmisi. Unsur mewah pada kabin lahir dari penggunaan material interior baik di jok, dahboard dan atap yang berkelas serta trim pintu berbahan kayu hitam berlapis glossy.

DB11 mengusung mesiin V12

Membuka kap depan, maka terlihat sebongkah mesin Aston Martin 5.2 L twin-turbocharge berkonfigurasi V12. Kompetensinya menyemburkan tenaga 608 PS dan torsi 700 Nm. Bersinergi dengan sistem transmisi ZF otomatis 8-percepatan plus electronic shift-by-wire menjadikannya sebagai DB tercepat dan paling responsif di sepanjang sejarah dikarenakan kecepatan maksimumnya bisa hingga 321 kpj dan perihal akselerasi 0-100 kpj, mobil sport berbobot 1.770 kilogram ini hanya membutuhkan waktu 3,9 detik sedangkan DB 09 tercatat sanggup dipacu hingga 295 kpj dengan akselerasi 4,1 detik.

Baca Juga: Aston Martin Siapkan Pesaing Tesla

Model Mobil Aston Martin

  • Aston Martin Vantage
    Aston Martin Vantage
  • Aston Martin Vanquish
    Aston Martin Vanquish
  • Aston Martin Rapide S
    Aston Martin Rapide S
  • Aston Martin DB11
    Aston Martin DB11
Mobil Aston Martin

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Aston Martin DB9 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Aston Martin DB9

Tren MPV

  • Yang Akan Datang