Aston Martin Vantage Roadster A3 Hadir Sebagai Penghormatan Pada Mobil Tertua Pabrikan

Aston Martin Vantage Roadster A3 Hadir Sebagai Penghormatan Pada Mobil Tertua Pabrikan

Divisi kendaraan istimewa Aston Martin, Q by Aston Martin, hadirkan sebuah edisi yang sangat spesial berbasis Vantage Roadster. Merupakan tribut terhadap model tertua mereka yang masih eksis sampai saat ini. Hadir sebagai bentuk perayaan 100 tahun sejak sang buyut perdana keluar dari fasilitas produksi di Abingdon Road, Kensington, London.

Adalah Vantage Roadster A3 yang menandakan satu abad sejak salah satu prototipe pertama Aston Martin lahir. A3 sendiri merupakan panggilan umum untuk sasis nomor tiga dari lima prototipe yang dikonstruksi sebelum produksi berjalan. Dicipta sebagai kontestan sports car, dahulu ia dipakai oleh co-founder, Lionel Martin. Terkenal dengan gaya streamline dan sukses menorehkan rekor kecepatan mobil ringan bahkan memenangkan Essex Motor Club Kop Hill Climb di 1922. Belum lagi mengitari Sirkuit Brooklands dengan kecepatan 84,5 mil per jam (140 kpj) di 1923.

Penuh dengan pencapaian dan jelas istimewa bagi identitas Aston Martin sebagai produsen sports car kenamaan Inggris. Seratus tahun setelah perakitan, A3 kini menjadi bagian koleksi Aston Martin Heritage Trust (AMHT), diperoleh melalui donasi pada sebuah pelelangan di 2002. Tidak dibiarkan menua dan mati, ia pun direstorasi seorisinal mungkin oleh spesialis Aston Martin pre-war, Ecurie Bertelli.

Baca juga: Aston Martin V12 Speedster Uji Jalan, Tampilannya Keren Abis

Aston Martin Vantage Roadster A3

Memperingati ulang tahun seabad sang leluhur merek itulah maka diciptakan Vantage Roadster A3. Sebuah permintaan khusus dari pedagang paling lama, Aston Martin HWM, kepada divisi bespoke Q untuk mengaduk jiwa A3 ke tubuh Vantage Roadster. Hasilnya terpampang di luar. Contoh grille jaring hitam dengan detail bezel aluminium cerah demi menyuarakan kesan klasik. Panel fender unik dikail saddle leather strap mengisyaratkan bonnet dan tali pengikat dari 1921. Tubuhnya lantas disudahi pakaian serbahitam termasuk pelek 20 inci Lightweight Gloss Black ditambah aksen perunggu pada kaliper.

Tak ketinggalan kabinnya dituangkan sentuhan ciri di awal eksistensi merek. Contoh sebaran lambang Aston Martin klasik pada tutup kompartemen belakang berikut frame bukaan pintu. Di samping itu, nuansa kabin hitam diramaikan aksen kontras Chestnut Tan Leather dan jahitan Chestnut Tan. Terinspirasi pula dari kabin A3, edisi spesial berbasis Vantage Roadster ini mengusung finishing perunggu pada kenop rotari.

Aston Martin Vantage Roadster A3

Model ini sendiri perdana menyapa publik di gelaran selebrasi seabad eksistensi A3 yang diadakan AMHT dan atas dukungan dari Aston Martin Owners' Club. Tepatnya berlangsung 26 Juni di Dallas Burston Polo Club, Southam, Warwickshire. Turut dihadiri pula berbagai mobil langka mulai dari model pre-war Aston Martin dan Lagonda, keluaran era Feltham, penampilan jajaran V8, hingga ke Gaydon era dan kontestan termutakhir pabrikan.

Pemesanan sudah dibuka dan dibatasi tiga unit saja. Semua mengandalkan basis mekanikal Vantage Roadster bermesin V8 turbocharged dari Mercedes-AMG yang sanggup memberikan tarikan akselerasi ke 100 kpj secepat 3,5 detik. (Krm/Raju)

Sumber: astonmartin, autocar

Baca juga: Histori Aston Martin Zagato, Menyatunya Eksotisme Italia dan Kaum Aristokrat Inggris

Model Mobil Aston Martin

  • Aston Martin Vantage
    Aston Martin Vantage
  • Aston Martin Vanquish
    Aston Martin Vanquish
  • Aston Martin Rapide S
    Aston Martin Rapide S
  • Aston Martin DB11
    Aston Martin DB11
Mobil Aston Martin

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Aston Martin Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Aston Martin