• Wishlist

Apple Semakin Serius Buat Mobil

Apple Semakin Serius Buat Mobil

Siapa yang tidak kenal perusahaan pembuat gadget, Apple. Anda tentunya paham, setelah melakukan terobosan dengan iPod, iPhone, iPad, kini perusahaan yang berbasis di California itu dikabarkan sedang mengembangkan mobil. Hal terakhir ini yang benar-benar menjadi misteri, terutama bagi pengamat otomotif, dan mungkin juga bagi pecinta merek ini, karena Apple benar-benar merahasiakannya.


Mobil misterius yang sering disebut-sebut sebagai iCar atau Apple Car ini belakangan menjadi lebih terangkat setelah beredar gosip bahwa Apple mengembangkan mobilnya di Jerman, seperti yang kami kutip dari Autoblog. Situs online Amerika tersebut mengutip surat kabar Jerman yang mengatakan bahwa Apple, dengan tenaga sekitar 15-20 orang sedang mengerjakan mobilnya di Berlin.


Proyek yang bertajuk Projet Titan ini diperkirakan akan melahirkan sebuah mobil listrik (EV/Electric Vehicle) yang kemampuan dan bentuknyanya masih dirahasiakan (foto diatas adalah rekayasa digital). Pertanyaannya sekarang, kenapa harus di Jerman? Jawabannya mungkin akan ada di seputaran kerjasama mereka dengan penyuplai dan pembuat komponen mobil, Magna, yang kantor pusatnya ada di Austria, yang disebut-sebut sebagai penyedia suku cadang untuk Apple Car, sekaligus yang akan merakitnya nanti.


Selain itu, beredar juga rumor bahwa Tim Cook, CEO Apple sudah berkunjung ke BMW untuk meminta bantuan dari pabrikan Jerman itu. Dan karena BMW punya platform BMW i3 dan i8, bukan tidak mungkin BMW dan Apple telah menandatangani kerjasama ‘sharing platform’. Toh BMW Group adalah pengguna setia platform iOS (CarPlay) untuk mendukung kinerja multimedia di mobil-mobilnya. Meski rumor itu dibantah oleh BMW, karena mereka memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan IT, tapi tetap saja kemungkinannya ada.


Menurut beberapa situs luar, mobil Apple ini untuk generasi pertama tidak akan dibuat sebagai autonomous car (mobil yang bisa jalan sendiri tanpa dikemudikan), tapi pengembangannya memang akan menuju ke arah sana. Google adalah salah satu yang sedang giat mengembangkan teknologi fully autonomous ini, bahkan Tesla sudah mulai mengaplikasikan versi semi autonous-nya pada Model S terbaru.


Hal kedua yang tidak kalah seru adalah Apple dikabarkan merekrut mantan Vice President of Vehicle Engineering Tesla, Chris Porritt, untuk mengerjakan ‘special project’ Apple. Sebelum keluar dari Tesla, semua lini produk perusahaan milik Elon Musk tersebut (Model S, Model X, Model 3) adalah hasil karya tim yang dipimpin Porritt.


Kendaraan listrik memang sedang trend saat ini. Dan bukan hanya perusahaan otomtif yang tertarik ‘untuk mengembangkannya, tapi perusahaan IT seperti Apple dan Google juga ‘merapat’ ke industri ini.


Baca Juga: BMW 3-Series Hybrid Siap Diproduksi


Sumber: Autoblog


Foto: Siliconangle