• Wishlist

Wow! Perusahaan China Akan Perkenalkan Mobil Hybrid ‘Ajaib’

Wow! Perusahaan China Akan Perkenalkan Mobil Hybrid ‘Ajaib’

Jakarta: Sebuah perusahaan riset asal China bernama Techrules mengklaim bahwa mereka akan hadir di Geneva Auto Show 2016 yang akan datang, dengan membawa konsep mobil hybrid yang fenomenal.


Dikatakan demikian karena mobil beraliran hypercar bernama TREV ini akan memiliki 1.030 hp. Ok, besaran tenaganya mungkin terdengar biasa karena mobil hypercar lainnya seperti LaFerrari, Lamborghini Veneno, Bugatti Veyron, Porsche 918, dan sebagainya mempunyai kisaran tenaga sebesar itu. Dan semuanya tampak fenomenal baik secara penampilan, kemampuan, ataupun harganya. Namun TREV memiliki sesuatu yang lain. Keunikannya, menurut mereka adalah sumber penggerak turbin-hybrid.


Ya, Anda tidak salah. Turbin-hybrid. Menggabungkan mesin turbin, dengan motor listrik, yang kemudian menghasilkan 1.030 hp. Nama TREV sendiri adalah singkatan dari Turbin Recharging Electric Vehicle. Dan hebatnya lagi, mereka telah mempatenkan sistem turbin hybrid hasil pengembangan mereka ini.


Techrules sendiri hanya memberikan sedikit foto teaser untuk hypercar TREV ini, dan tidak memberikan petunjuk sama sekali seperti apa bentuk ataupun spesifikasi teknisnya. Perusahaan ini hanya menyebutkan dalam rilis yang kami kutip dari Autoblog bahwa mereka menggabungkan beberapa inovasi teknologi, yang memberikan terobosan dalam hal kedinamisan performa, serta efisiensi energi yang ramah lingkungan.


Hasil yang mereka klaim memang membuat semua terperangah karena dikatakan bahwa jarak tempuh mobil ini hampir mencapai 2.000 km sekali isi baterai. Bagaimana perusahaan yang tidak pernah terdengar kiprahnya ini bisa mencapai teknologi seperti itu adalah sebuah tanda tanya yang harus kita tunggu jawabannya di Geneva Motor Show 1 Maret 2016 nanti.


Namun Techrules bukanlah yang pertama kali bereksperimen dengan mesin turbin elektrik. Pemerintah kota New York, Amerika Serikat pernah melakukan eksperimen dengan microturbin yang berbahan bakar diesel untuk bus kota. Jaguar juga pernah melakukan penelitian yang sama, menggunakan mobil konsep C-X75 pada tahun 2010 lalu. Tapi ya, itu tadi, semua sebatas eksperimen, dan belum ada yang benar-benar siap dipasarkan. Kami juga sangsi, kalau teknologi ini akan ada yang memakai nantinya, karena ketersediaan infrastruktur mesin seperti ini yang sangat minim.


Baca Juga: Nissan Kicks Akan Mendebut Di Tahun 2016 Ini


Sumber: Autoblog