• Wishlist

Shell Luncurkan Mobil Konsep 3 Penumpang

Shell Luncurkan Mobil Konsep 3 Penumpang

Shell Global Lubricants memperkenalkan konsep City Car ‘Ultra Energy Efficient’ yang memiliki daya angkut 3 penumpang. Peluncurannya dilakukan hari ini, Jumat 22 April di Inggris. Mobil ini menawarkan tak hanya konsep desain yang menantang, namun jumlah daya angkutnya pun ganjil, yakni 3 penumpang, dan jujur saja bentuknya tidak terlalu mengundang selera.

Namun ternyata yang paling ditawarkan lewat mobil konsep ini memang bukanlah konsep desain tersebut, melainkan seluruh konsep mulai dari perakitan hingga konsumsi bahan bakarnya, yang efisien. Hasil pengujian internal menyebutkan bahwa mobil ini akan mereduksi 34% energi yang diperlukan, sejak mulai dirakit hingga akhir hayatnya, dibanding mobil lain yang telah beredar.

Dalam rilisnya disebutkan, proyek pembuatan mobil konsep ini merupakan kolaborasi antara teknologi pembuatan bodi terbaik, mesin paling efisien dan pelumas yang membuatnya utuh sebagai sebuah mobil. Tak main-main, dalam projek inipun Shell menggandeng Geo Technology dan Gordon Murray Design untuk merancang mobil yang efisien sejak jalur perakitan. Gordon Murray adalah perancang utama supercar legendaris McLaren F1 (road car), yang memiliki kapasitas tiga penumpang.

Material mobil shell dari bahan daur ulang

“Ini adalah sejarah baru dalam perkembangan otomotif. Saya sangat bangga atas apa yang dicapai oleh ilmuwan Shell dan rekan-rekan Geo Technology dan Gordon Murray Design. Pesan yang dapat diambil dari proyek ini dapat mengubah pola penggunaan energi untuk sektor transportasi,” ungkap Mark Gainsborough, Executive Vice President of Shell Global Lubricants.

Mobil ini dikembangkan dari platform iStream yang sudah dipatenkan Gordon Murray Design. Dengan bentuk yang radikal, seluruh proses produksi mobil ini pun menggunakan energi dan menghasilkan residu CO2 yang lebih rendah dari proses produksi mobil pada umumnya.

interior mobil konsep Shell

Bobot bodinya pun hanya 550 kg. Cara memproduksi bodi mobil secara efisien ini didapat dengan teknologi 3D printing. Sedangkan untuk memangkas biaya produksi dan material yang digunakan, serat karbon daur ulang dipilih. Aplikasi material ini membuat harga untuk setiap komponennya hanya seperempat dari harga komponen mobil umum. Bahkan hampir seluruh mobil pun bisa didaur ulang sehingga tidak menjadi sampah.

Tentu saja, desain mobil ini nampak jauh dari versi produksi. Pasalnya dengan konfigurasi tiga penumpang, dan posisi pengemudi hanya sendirian, kendaraan ini tak jauh berbeda dengan bajay, yang saat ini di Indonesia menjadi kendaraan umum. Meski tentunya secara teknologi bagaikan langit dan bumi. Hmm, kita tunggu saja.

Baca Juga: Apple Semakin Serius Membuat Mobil

Jelajahi Mclaren P1