• Wishlist

Mitsubishi Perkenalkan GT-PHEV Concept di Paris Motor Show

Mitsubishi Perkenalkan GT-PHEV Concept di Paris Motor Show

Hanya beberapa minggu sebelum Paris Motor Show berlangsung, Mitsubishi merilis gambar GT-PHEV Concept yang digadang-gadang akan memiliki pengaruh besar bagi line-up Mitsubishi di masa depan. Bahkan mereka dengan gamblang menggambarkan konsep ini sebagai “high-end next-generation SUV.” Diciptakan untuk memenuhi unsur-unsur “Functional Beauty, Augmented Posibility, Sculptured Dynamism, Japanese Craftmanship.”


Elemen Agmented Posibility merujuk teknologi baru di windshield berupa augmented reality yang berisikan sistem navigasi, data mesin, dan info lainnya. Fitur-fitur semacam ini juga mengisi Mitsubishi eX Concept yang tampil di Tokyo Auto Show tahun lalu.


Tampilan GT-PHEV Concept banyak kemiripan dengan eX Concept. Terutama terlihat dari fascia depan Dynamic Shield dengan gril besar terbuka melambangkan huruf X, tiga foglamp berjajar vertikal di tepi, dan headlamp tipis. Ada sedikit kemiripan dengan desain Lexus dari lekukan-lekukan tajamnya. Dan sisi samping mengingatkan desain Land Rover Range Rover Evoque.


konsep SUV grand tourer Mitsubishi


Desain belakang tampak minimalis namun gagah yang hanya diisi oleh lampu pipih memanjang sepanjang buritan. Bila menilik rencana Mitsubishi menjadikan konsep ini sebagai generasi terbaru segmen SUV yang saat ini sangat diseriusi oleh Mitsubishi, bisa saja menjadi inspirasi untuk Outlander generasi selanjutnya, atau varian SUV crossover baru.


Tampilan eksterior sangat menggambarkan jiwa Mitsubishi modern yang serius menggarap pasar SUV. Teknologi yang juga sedang dikembangkan oleh pabrikan ini adalah sistem plug-in hybrid akan menjadi fitur utama di kendaraan Mitsubishi di masa depan. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) mulai dikenal melalui SUV Outlander dan kehandalan mesin ini mengikuti ajang reli.


Untuk konsep GT-PHEV tentu sistem dengan dua mesin ini telah mengalami pengembangan lebih lanjut. Tiga motor elektrik digunakan (satu di depan, dan dua di belakang), sebuah mesin pembakaran dalam (internal combustion), dan baterai berkapasitas besar. Sistem ini bekerja bersamaan untuk menggerakkan keempat roda dengan sistem full-time four-wheel drive. Jika berkendara dalam mode listrik saja, mobil ini mampu menempuh jarak 120 km. Sementara jika dikombinasi dengan mesin bensin total jarak yang dapat ditempuh mencapai 1.193 km.


Mitsubishi fokus di segmen SUV


Mitsubishi mengklaim GT-PHEV Concept merupakan sebuah SUV grand tourer yang memiliki daya jelajah tinggi dan mampu menempuh perjalanan jauh dengan mudah. Foto interior konsep ini belum dipublikasikan. Namun menurut pihak pabrikan, interior konsep GT-PHEV seperti kokpit sebuah pesawat. Hampir seluruh bagian dibalut oleh bahan kulit, termasuk plafon untuk memberikan tampilan “classy”.


Seperti banyak konsep yang dirilis oleh Mitsubishi, masih sedikit yang berhasil masuk jalur produksi dan diedarkan secara massal. Oleh karena itu timbul pula keraguan bahwa konsep SUV ini pun bakal segera keluar versi produksinya. Besar kemungkinan hanya menjadi bintang pameran Mitsubishi saja di Paris Motor Show bulan depan, atau menjadi benchmark desain produk SUV Mitsubishi yang akan datang.


Baca Juga: Mengenal Mitsubishi XM Concept


Sumber: Autoblog, Automobilemag