AC Schnitzer Sempurnakan BMW 3-Series Estate, Sinyal Bagi BMW Untuk Ciptakan M3 Estate

AC Schnitzer Sempurnakan BMW 3-Series Estate, Sinyal Bagi BMW Untuk Ciptakan M3 Estate
Gambar
Review Pengguna

AC Schnitzer hadirkan penyempurnaan seri 3 estate G21 melalui serangkaian modifikasi. Mereka menjadi sebagian tuner pertama yang menyentuh G21. Performa ditingkatkan dengan perangkat plug n play. Selain itu, secara tampilan pun tidak ketinggalan mendapat sentuhan sang spesialis BMW.

Pamor AC Schnitzer kental dengan program pembentukan atlet BMW demi menciptakan potensi tinggi. Pernah dilakukan pada seri 1 berjantung tri-turbo 550d. M235i juga pernah mengikuti, ia lahir kembali dengan kekuatan M4. Ada pula M5 bertenaga 700 hp lebih. Meski begitu, belum saatnya seri 3 estate melangkah sejauh itu. Masih sebatas harapan. Untuk saat ini modifikasi dalam taraf minimalis namun diyakini tetap berasa.

Walau belum menuju kegilaan murni, setidaknya kemampuan sang estate bisa ditingkatkan. Racikan powerkit menghilangkan batasan otak ECU yang dibentuk semenjak lahir. Kendati baru tersedia untuk 330d, unit diesel tergolong pas menjadi basis awal lantaran torsi berlimpah. Catatan pabrik saja menunjukkan kesanggupan mengekstrak tenaga 265 hp berikut momen puntir 580 Nm. Dengan perangkat racikan Schnitzer, angka ini ditingkatkan sampai 315 hp dan torsi puncak 660 Nm. Bagi pengguna G21 non 330d tak perlu khawatir. AC Schnitzer tengah menyiapkan obat kuat untuk 320i, 330i, hingga M340i xDrive.

Tak hanya ubahan software, improvisasi mekanis turut mereka tumpahkan. Pada kaki-kaki, per ulir baru sukses mengubah titik pusat gravitasi, menurunkan postur tubuh sejauh 25 mm di tiap poros. Sport Suspension dikabarkan sedang dalam perjalanan menuju daftar modifikasi. Nah, mendukung kuda-kuda yang telah merendah, sepatu diganti model AC1 20 inci demi mengisi penuh ruang sepatbor.

Kurang rasanya bila peningkatan kemampuan tak diikuti ubahan penampilan. Apalagi sekelas AC Schnitzer yang terkenal cukup radikal soal bodikit. Terkait hal ini mereka masih bermain aman sebab desain bumper tidak dirombak total. Bumper bawaan seri-3 ditambahkan spoiler di sisi dan disudahi oleh splitter melintang. Untuk set spoiler ini khusus tersedia bagi yang telah mengenakan paket M Aerodynamic.

Cerita serupa terjadi di bagian samping dan buritan. Side skirt mengisi lekuk terbawah tubuh. Tampak belakang mengadopsi citra gahar M3. Di sana terpasang apron hitam sebagai bingkai quad exhaust pengganti unit standar. Siap mengecoh bagai wagon rancangan Divisi Motorsport. Di sudut teratas juga tentunya ada permainan spoiler demi meningkatkan aerodinamika sekaligus mendongkrak tampilan.

Urusan interior tidak dilakukan modifikasi secara signifikan. Aksesori serba aluminium mulai dari pedal, paddle shift, dan key holder berfungsi sebagai ornamen penghias saja.

Itulah modifikasi minimalis ala tuner asal Aachen, Jerman. Langkah ini seakan menambah sinyal bagi BMW untuk segera ciptakan wagon kencang berbasis seri-3. Beberapa fanatik dan rumah modifikasi telah menginterpretasikan gaya masing-masing. Jika BMW tak kunjung meracik M3 estate, diharapkan AC Schnitzer mau mengeksekusi G21 dengan jantung M3. Kita lihat saja nanti. (Krm/Tom)

Sumber: Motor1, AC Schnitzer

Baca Juga: Serbuan Mobil BMW yang Resmi Dirilis 2019 

Jelajahi BMW 3 Series Sedan

BMW 3 Series Sedan Rp 976 Juta - Rp 1,12 Milyar Cicilan : Rp 22,27 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store