Rekomendasi 5 Motor Bekas yang Punya Fitur Keyless, Harganya Mulai Rp 12 Jutaan

Rekomendasi 5 Motor Bekas yang Punya Fitur Keyless, Harganya Mulai Rp 12 Jutaan

Perkembangan teknologi juga merambah pada produk otomotif roda dua, salah satunya penyematan fitur smart key alias keyless sistem kontak tanpa anak kunci. Sebenarnya bukan peranti baru, namun pengaplikasiannya tak menjadi standar hanya di beberapa model tertentu saja.

Fungsi utama dari sistem keyless adalah memudahkan pemiliknya ketika ingin menyalakan mesin motor. Ya cukup dekati kendaraan, putar knop, tekan tombol starter, dan motor bisa langsung menyala. Selain itu fitur ini diklaim pabrikan meminimalisir tindak pencurian karena cara kerjanya diatur melalui gelombang. Terlepas dari 2 fungsi tadi, penggunaan keyless juga membuat motor terlihat lebih berkelas.

Umumnya motor dengan sistem keyless diposisikan sebagai model paling tinggi dan memiliki gap harga cukup lumayan dengan tipe non keyless-nya. Sebagai contoh all new Yamaha NMax ABS Connected dan all new NMax standar perbedaanya mencapai Rp 4,1 juta per September 2021 ini.

Jika nominal harga motor baru dirasa terlalu tinggi, alternatifnya adalah melirik motor bekas. Sekarang, baik di sentra motor bekas atau laman jual beli daring sudah banyak yang menawarkannya dengan harga terjangkau. Kami akan coba memberikan 5 rekomendasi motor bekas dengan sistem keyless yang bisa dijadikan pertimbangan buat Anda. Harganya cukup menggiurkan dimulai dari Rp 12 jutaan.

Suzuki GSX-S150

Suzuki GSX-S150

Pertama adalah Suzuki GSX-S150 bergaya naked sport. Motor ini cocok digunakan untuk harian atau memenuhi kebutuhan touring karena punya gaya berkendara yang rileks dan tak mengintimidasi pengendaranya.

Selain ada fitur keyless, motor ini juga sudah dibekali dengan lampu depan LED dan cluster meter full digital yang menampilkan berbagai informasi penting dari kendaraan. Di laman jual beli daring, untuk menebus GSX-S150 tipe keyless mahar yang harus disiapkan adalah Rp 12,7 juta untuk rakitan produk 2017. Harga itu bahkan lebih murah dari Honda BeAT baru yang dijual Rp 16 jutaan.

Sekilas soal jantung pacunya, motor ini dibekali mesin 147,3 cc, DOHC, 4-tak, 1-silinder, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi. Di atas kertas memiliki tenaga maksimal 18,9 dk di 10.500 rpm dan torsi puncak 14 Nm pada putaran mesin 19.000 rpm.

Baca juga: Menakar Biaya Turun Mesin Motor Matic dan Penyebabnya

Suzuki GSX-R150

Suzuki GSX-R150

Yang kedua masih satu basis dengan GSX-S150, diferensiasinya ada di sektor tampilan dan gaya berkendara. Pada model GSX-R150 punya tampilan sport fairing yang cenderung lebih agresif. Terkait fiturnya sudah pasti memiliki peranti keyless, pencahayaan depan LED, dan panel meter full digital. Jika tertarik, harga pasaran unit bekasnya dilego Rp 15,8 juta untuk tahun pembuatan 2017 dan opsi kelir MotoGP.

Spesifikasinya tak memiliki perbedaan dengan varian GSX-S150, di mana menggunakan mesin 1-silinder DOHC, 147,3 cc 4 katup, berpendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Klaim pabrikan motor ini punya tenaga puncak 18,9 daya kuda pada 10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm di putaran mesin 9.000 rpm

HOda PCX 150

Honda PCX 150

Beralih ke tipe motor matik, maka pilihan ketiga bisa melirik Honda PCX 150 lansiran 2018. Banderol bekasnya dijual dengan harga pasaran Rp 23 sampai 24 jutaan, cukup menarik buat sebuah matik maxi bertubuh gambot.

Karena posisinya sebagai varian paling tinggi saat itu, PCX 150 bukan cuma dibekali keyless saja namun hadir juga penerangan full LED pengereman ABS 1-channel di depan, sampai dermaga pengisian gawai di slot dek depan. Adapun untuk jantung mekanisnya dibenamkan mesin 149 cc, SOHC, 4-tak, 1-silinder, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi. Dapur pacu itu bisa memproduksi tenaga maksimal hingga 14,7 daya kuda pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Baca juga:  10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Honda Vario 150

Yamaha NMax

Yamaha NMax

Pilihan selanjutnya adalah Yamaha NMax lansiran 2017. Harga bekas terendahnya di laman jual beli online dijual Rp 17 sampai 23 jutaan tergantung kondisi dan pajak kendaraan. Selain fitur keyless, NMax tipe paling tinggi ini juga sudah dibekali dengan pengereman ABS 1-channel, lampu LED di depan, panel meter full digital, dan bagasi yang sanggup menyimpan satu helm full face.

Rangkanya menggendong mesin 155 cc, SOHC, 4-tak, 1-silinder, 4-katup, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi Blue Core. Dengan rancang itu, NMax punya tenaga maksimal 14,8 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncaknya 14,4 Nm di 6.000 rpm.

Yamaha Lexi

Yamaha Lexi

Yang terakhir dan patut dipertimbangkan adalah Yamaha Lexi bekas tipe S. Motor matik dengan fitur keyless ini dijual dengan banderol Rp 16 jutaan untuk unit produksi 2018. Sama halnya dengan NMax, Yamaha Lexi juga dibekali dengan lampu LED di depan, panel meter full digital, power outlet, sampai akomodasi yang cukup lapang di bagasi utama.

Perlu dicatat, semua harga yang tertera tadi bersifat tentatif. Artinya tidak mengikat bisa berbeda antara penjual dan kesepakatan masing-masing. Dari kelima motor di atas, mana yang paling cocok untuk Anda? (Kit/Raju)

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Mengapa Lebih Pilih Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax 155

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor