10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Honda Vario 150

10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Honda Vario 150

Honda Vario 150 merupakan varian tertinggi di lini Vario Series. Menjadi salah satu pionir skutik di kelas 150 cc, dirinya telah mengalami banyak perubahan. Masuk generasi keenam, penampilannya makin mewah. Apalagi tersedia varian yang menggunakan cat doff dan emblem timbul. Tak hanya jual tampang, motor bertransmisi otomatis produksi AHM ini juga ditanamkan teknologi canggih. Sebelum membeli, simak 10 hal menarik tentang Honda Vario 150.

Varian dan Harga

Honda Vario 150 tersedia dalam varian Sporty dan Exclusive. Versi Sporty memiliki dua pilihan warna, Sporty White Red dan Sporty Black Red. Sesuai sebutannya, masing-masing punya kombinasi cat menarik dengan aksen grafis atraktif. Khusus tipe ini dijual Rp 24,715 juta OTR DKI Jakarta.

Honda Vario 150 Exclusive

Sementara Vario 150 versi Exclusive terdapat empat pilihan warna. Seluruhnya menggunakan skema cat matte. Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Brown, Exclusive Matte Black dan Exclusive Matte Silver. Dari semua varian yang ditawarkan, Exclusive Matte Black tergolong spesial karena pakai pelek dan emblem timbul berkelir gold. Kemudian Exclusive Matte Silver gunakan 3D emblem merah. Banderolnya Rp 24,565 juta OTR DKI Jakarta. Dan khusus Exclusive Matte Black harganya menjadi Rp 24,715 juta OTR DKI Jakarta.

Performa Mesin dan Efisiensi

Mengusung mesin SOHC berkapasitas 150cc yang dilengkapi sistem pendingin cairan. Ia juga mengadopsi teknologi eSP (enhanced Smart Power). Untuk meningkatkan kinerja mesin menjadi lebih responsif dan irit bahan bakar. Dipadukan pula dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI). Suatu perpaduan yang memanjakan penggunanya dalam berkendara.

Dirinya mampu menghasilkan daya maksimum 13,1 Hp pada 8.500 rpm dan torsinya menembus 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Ukuran bore x stroke (57,3 X 57,9 mm) dengan rasio kompresi 10,6:1. Pihak AHM mengklaim bahwa ia memiliki performa tinggi jauh di atas motor skutik lainnya. Diklaim, pada jarak 0-200 meter mampu mencatat waktu 11,9 detik dengan top speed 102 km/jam.

Honda Vario 150

Soal keiritan, pabrikan mengklaim dirinya dapat menghasilkan konsumsi BBM sebesar 46,9 km/liter (metode ECE R40 Euro 3). Hasil emisi gas buang juga lebih baik lantaran sudah lulus standar emisi EURO 3.

Pencapaian angka efisiensi bahan bakar disokong fitur idling stop system (ISS). Dapat mematikan mesin secara otomatis, saat motor berhenti lebih dari 3 detik. Buat menghidupkan kembali atau hendak melanjutkan perjalanan cukup putar tuas gas. Teknologi itu juga sudah terintegrasi dengan ACG starter, yang mampu menghidupkan mesin dengan suara lebih halus saat pertama dinyalakan.

Baca juga: All New Honda Beat, 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya

Desain

Vario 150 mengusung skutik bergaya sportif, mewah dan punya bodi ramping. Memiliki garis-garis desain tegas di seluruh bodinya. Sistem pencahayaan depannya pakai model Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein menyipit ke bawah dan mengikuti alur tameng depan. Terlihat agresif dan berkelas.

Sementara bodi belakang tampak jelas bagaimana pihak AHM menerapkan motif modern. Di situ diisi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 150 (khusus tipe Exclusive). Kesan elegan pun semakin kuat terlihat dari sisi samping. Sedang tipe Sporty diberikan striping bergaya dinamis dan atraktif.

Vario 150 Sporty white

Bagian belakang didukung tampilan mewah karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein terpisah. Istimewanya diberikan cover muffler dan pilion step yang dilapisi dengan alumunium. Kesan sporty jadi makin terasa.

Dimensi

Dimensi yang ringkas menjadi keunggulan yang dimiliki Honda Vario 150 sejak dulu. Dengan panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm. Tinggi tempat duduknya 769 mm, jarak sumbu roda 1.280 mm, ground clearance 132 mm dan berat kering 112 kg. Berkat ukuran tubuhnya yang tergolong ringkas, ia lebih mudah diajak bermanuver di jalanan padat. Dan tentunya menjadi kendaraan yang bersahabat untuk menemani mobilitas sehari-hari.

Kaki-Kaki dan Pengereman

Bodinya itu ditopang menggunakan rangka bertipe underbone. Dipadu dengan suspensi depan menggunakan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Untuk ban depan berukuran 80/90 - 14M/C 43P dan belakang 100/80 - 14M/C 48P. Kedua kulit bundar sudah berjenis tubeless. Kaki-kakinya dipercaya mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan berat sekalipun.

Buat sistem pengereman dirinya telah disematkan Wavy Disc Brake berukuran 190mm di depan dan tromol di belakang. Meski begitu ia kehadiran teknologi Combi Brake System (CBS), membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal.

Fitur

Selain CBS, Vario 150 terbaru telah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan lainnya. Seperti Side Stand Switch, yang membuat mesin tidak dapat menyala jika posisi standar dalam kondisi turun. Kemudian Brake Lock System, menjaga posisi motor ketika dalam keadaan jalan menanjak maupun menurun.

Bagasi Vario 150 tergolong besar. Kapasitasnya sampai 18 liter dan dapat menyimpan helm standar serta barang berdimensi kecil. Selain itu terdapat double inner rack yang multifungsi. dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan seperti botol minum dan sarung tangan.

Disematkan pula lampu berteknologi LED di semua sistem pencahayaan. Dilengkapi Smart Key System berwujud remote canggih untuk mengoperasikan kunci stang/menghidupkan mesin. Terintegrasi pula dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan dan mempermudah kita mencari posisi motor ditempat parkir.

Panel meter Honda Vario 150

Panel instrumen tergolong cukup lengkap dan futuristik. Sudah full digital dan pakai model negative display. Tak hanya canggih, tapi juga informatif. Tersedia petunjuk konsumsi bahan bakar, jam digital, speedometer, voltmeter. Serta di tengahnya ada Multi Information Display (MID) dengan odometer sebagai informasi awal.

Untuk mengakses informasi lain di MID-nya, cukup menekan tombol "select" di kiri. Setelah odometer, ada tripmeter A & B. Lalu ada smart key Indicator, engine check dan indikator Idling Stop System (ISS) dan pergantian oli.

Keunggulan

Desain sporty dengan banyak lekukan tajam menjadi keunggulan pertama yang dimiliki Vario 150. Selain itu, skutik ini bisa dipakai oleh pemula sekalipun. Lantaran tinggi jok cuma 769 mm, sangat ramah untuk pemilik tinggi di bawah 170 cm. Kaki pun bisa menapak sempurna ke aspal ketika duduk di atasnya. Ini tentu meningkatkan rasa percaya diri pengendara pemula bila bertemu kemacetan.

Tampilan panel instrumen canggih, informatif dan lengkap masuk nilai unggul. Indikator yang biasanya ada di kelas skutik premium juga ada padanya. Seperti voltmeter yang bisa memantau kondisi tegangan baterai dan indikator pergantian oli.

Fitur lain juga menjadi kelebihan. Dilengkapi sistem pencegah maling sebagai standar: keyless dan alarm. Fitur keyless memungkinkan anak kunci tidak lagi digunakan untuk mengaktifkan mesin. Penggantinya kenop dan remote pintar. Kemudian ada pula fitur immobilizer, yang mencegah penggunaan remote selain bawaan pabrik. Honda pun memberi sistem keamanan lain, berupa alarm. Bila pergerakan yang mencurigakan ketika di parkir, maka bisa mengeluarkan suara dan menyalakan lampu otomatis untuk memberitahu ada potensi kecurian.

Kekurangan

Walau dirasa pas untuk orang Indonesia, tapi untuk pengendara wanita bisa sedikit menyulitkan. Lantaran tinggi tempat duduk yang ditawarkan masih kurang ramah untuk wanita. Agak menyulitkan karena rata-rata tinggi wanita di Indonesia kurang dari 170 cm.

Honda Vario 150

Bagi rider yang memiliki tinggi badan di atas 170 pasti merasa terganggu dengan ruang kaki. Sebab tidak terlalu luas, terutama di bagian lutut yang mudah mentok.

Soal performa dirinya masih kalah dengan kompetitor. Jantung mekanis Vario 150 cuma bisa mengeluarkan torsi 13,4 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 13,1 Hp pada 8.500 rpm. Sementara lawannya seperti Aerox sanggup memuntahkan torsi puncak 13,8 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 14,95 Hp pada 8.000 rpm.

Kekurangan lain, tak tersedia power outlet. Padahal kebanyakan skutik sekarang ini sudah dibekali alat pengisian baterai smartphone.

Pesaing

Banyak yang menilai, kalau Yamaha Aerox 155 pantas menjadi lawan Vario 150. Lantaran punya spesifikasi dan mengadopsi desain sporty. Tapi skutik Honda lebih elegan, futuristis serta fungsional. Walau bodi diberi sudut-sudut tajam, tapi tidak seekstrem milik Aerox. Tampangnya lebih kalem dan maskulin.

Model jok rata, tak menjadi masalah saat dikendarai berboncengan maupun sendiri. Tetap nyaman digunakan. Dek rata lantai juga menjadi kelebihan tersendiri untuk tambahan ruang menyimpan barang. Sayangnya, bentuk seperti ini membuat ia tak terasa spesial. Karakternya seragam dengan skutik lain.

Aerox 155 Connected vs Vario 150

Sementara Aerox 155 dari depan hingga belakang punya garis tajam nan kekar, begitu pun buritan lancip. Tapi akibat penggunaan buntut lancip, jok penumpang sangat tidak nyaman buat ukuran skutik. Aerox lebih enak digunakan sendiri. Posisi lubang tangki di tulang tengah dek, juga membatasi ruang penyimpanan. Ya, nyatanya, masyarakat Indonesia kerap menggantungkan barang atau bahkan mengangkut sesuatu yang akhirnya membutuhkan dek rata.

Soal jantung mekanis, Vario 150 cukup tertinggal jauh dibanding All New Aerox. Tenaga maupun torsi puncak Aerox terbaru, 15,1 Hp pada 8.500 rpm dan 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Tapi, Vario 150 hanya berbobot 112 kg. Sementara Aerox 155 sudah mencapai 122 kg untuk tipe standar. Pengguna rem bersensor (Aerox 155 Connected ABS bahkan lebih berat lagi yaitu 125 kg. Bisa dibayangkan siapa pemilik akselerasi terbaik di sini.

Selain itu, motor-motor Honda termasuk Vario 150 dikenal dengan efisiensi bahan bakarnya. Untuk ini, Yamaha Aerox 155 Connected mesti memberikan pembuktian. Tapi, sebagai catatan tambahan, daya tampung tangki bensinnya sama-sama 5,5 liter.

Bicara soal daya tampung di bawah jok, Vario hanya punya volume total 18 liter. Sedang Aerox 155 berkapasitas 25 liter. Walau begitu, ruang ini masih layak untuk menaruh helm full face ukuran tertentu. Jika pun ingin menempatkan barang lain seperti botol minum atau sarung tangan, sila taruh si konsol depan di bawa setang. Hal ini tak dimiliki Aerox karena dia cuma menyediakan satu saja ruang penyimpan. Tapi di dalamnya sudah tersedia power outlet untuk mengisi ulang daya gawai. Plus penutup agar lebih aman.

Tawaran fitur keamanan pada Vario 150 juga dipunya Aerox 155 Connected ABS, meski harus menebusnya lebih mahal yakni Rp 29 jutaan. Sedang Aerox Connected yang dibanderol Rp 25,9 juta, masih memakai kunci konvensional. Tak salah, bila pun Anda tertarik dengan Vario 150. Ketersediaan fitur seperti sistem kontak, lalu perangkat rem CBS, ISS didapat konsumen secara komplet dengan harga Rp 24 jutaan.

Potensi Mesin 160cc

Beredar kabar kalau Vario 150 berpeluang mendapat pasokan mesin baru. Hal itu lantaran PCX 160 sudah mengaspal di Indonesia. Seperti diketahui, kedua produk andalan Honda ini memang satu platform mesin, pembedanya hanya di sektor sasis, kaki-kaki dan juga tampilan.

Meski tidak secara langsung, pihak AHM mengatakan kalau peluang Vario bermesin 160 cukup besar. Tapi kembali lagi, menurut mereka semua harus disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

Bila hal itu benar direalisasikan, berarti nantinya Vario mengusung mesin eSP+ berkapasitas 156,9 cc dengan sistem 4 klep. Jantung mekanis model baru itu dirancang untuk menghasilkan output power yang lebih tinggi. Sekadar informasi, dapur pacu yang tertanam di PCX 160 memiliki tenaga maksimal 15,8 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak di 14,7 Nm pada puntiran mesin 6.500 rpm. Jika disandingkan dengan generasi lawas, artinya ada peningkatan sekitar 3,4 daya kuda dan torsinya naik 1,9 Nm.

Di lain sisi, tenaga barunya nanti bisa menandingi All New Yamaha Aerox 155. Dan sungguh menarik pula jika generasi terbaru Vario dibenamkan fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan kontrol traksi seperti di PCX 160. Kita nantikan saja kabar baiknya. (Bgx/Tom)

Baca juga: Pelajari Kelebihan dan Kekurangan All New Honda Scoopy Sebelum Anda Membelinya

Jelajahi Honda Vario 150

Model Motor Honda

  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda Beat Street
    Honda Beat Street
  • Honda CBR150R
    Honda CBR150R
  • Honda ADV 150
    Honda ADV 150
  • Honda CB150X
    Honda CB150X
  • Honda Supra X 125 FI
    Honda Supra X 125 FI
  • Honda CBR250RR
    Honda CBR250RR
  • Honda CB150R Streetfire
    Honda CB150R Streetfire
  • Honda Genio
    Honda Genio
  • Honda Sonic 150R
    Honda Sonic 150R
  • Honda CB150 Verza
    Honda CB150 Verza
  • Honda Revo
    Honda Revo
  • Honda Supra GTR 150
    Honda Supra GTR 150
  • Honda PCX eHEV
    Honda PCX eHEV
  • Honda Forza 250
    Honda Forza 250
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda X-ADV
    Honda X-ADV
  • Honda Vario 150
    Honda Vario 150
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Goldwing
    Honda Goldwing
  • Honda Rebel
    Honda Rebel
  • Honda CRF1100L Africa Twin
    Honda CRF1100L Africa Twin
  • Honda CB650R
    Honda CB650R
  • Honda CBR600RR
    Honda CBR600RR
  • Honda CB500F
    Honda CB500F
  • Honda CB500X
    Honda CB500X
  • Honda CRF250Rally
    Honda CRF250Rally
  • Honda CT125
    Honda CT125
  • Honda CBR1000RR-R
    Honda CBR1000RR-R
  • Honda CBR500R
    Honda CBR500R
  • Honda Super Cub C125
    Honda Super Cub C125
  • Honda Monkey
    Honda Monkey
Motor Honda

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Honda Vario 150 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Honda Vario 150

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang