jakarta-selatan

Modif Cuma 3 Hari, Yamaha Lexi Ini Menjuarai Regional CustoMAXI 2018!

  • 19 Nov, 2018
  • 2663 Kali Dilihat

Gelaran CustoMAXI 2018 seri 1 di Bekasi, menunjuk Yamaha Lexi milik Donny Alfariza sebagai juara Regional Winner Rising Star. Motornya berhak ikut seri pamungkas yang digelar di Bandung, tahun depan. Skutik entry level Maxi miliknya, dimodif sangat menarik. Berapa lama pengerjaan dan biaya modifnya?



Meski tak banyak menggunakan komponen penunjang seperti modifikasi lain, makanya biaya yang dikeluarkan Donny hanya berkisar Rp 5-6 jutaan. “Soalnya bengkelnya punya saya sendiri, dan banyak hal yang bisa saya lakukan sendiri,” jelas pemilik bengkel modifikasi Donz Motorworks.


Di bengkel yang bermarkas di Pangkalan Jati No 29, Jakarta Timur itu, ia mengerjakan semuanya termasuk memasang komponen tambahan sampai airbrush, dalam tempo yang terbilang singkat. Motor skuter 1-silinder dengan kapasitas 125 cc berteknologi VVA (Variable Valve Actuation) ini pun disulap jadi keren.


“Cuma 3 hari, mendadak banget ikutnya. Dan kebetulan saya sudah punya contoh motor yang ditiru livery-nya,” ungkapnya yang sukses memenangkan hadiah Rp 3 juta rupiah dari CustoMAXI seri satu.



Modifikasi yang dilakukan pria bertubuh besar ini, memang konseptual dan dikerjakan dengan rapi. Tema Yamaha Caltex yang sempat diusung oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (dulu APM Yamaha) pada F1Z-R, diaplikasikan oleh Donny. Lexi dipoles eksteriornya menggunakan teknik airbrush mencontoh pada motor 2-tak yang masih ada di garasinya.


“Yamaha pernah keluarin livery ini di 2000an, dengan semangat menolak punah, sayapun menghidupkan kembali aura Caltex ini di Lexi. Kebetulan saya juga masih punya motornya,” tutur Donny sambil berpromosi. Tentunya, modifikasi livery Lexinya dilengkapi ragam ornamen bermerek yang meningkatkan kemewahan.


Misalnya ban Pirelli Angel Scooter, rem dan caliper KTC, suspensi belakang Ohlins dan knalpot Arrow. Knalpot ini, mungkin bisa dibilang parts paling mahal yang melekat. Banderolnya menurut Donny jika dihargai mencapai Rp 24 juta.



Ya, Rp 24 juta adalah harga knalpot yang digunakan Donny untuk Lexi Caltex-nya. Knalpot dengan dimensi besar ini, dirancang pabrikan Italia untuk motor Yamaha FZ1 atau Fazer dengan konfigurasi mesin 4-silinder. Lantas kenapa Donny ngotot pakai knalpot mewah milik Moge itu?


“Tujuan pakai knalpot ini bukan cuma kosmetik, namun membuat performa Lexi lebih powerfull, gak ngempos. Bahan karbonnya juga lebih aman untuk penumpang belakang, karena antipanas,” urai Donny.


Ia juga mengaku tak membeli knalpot ini secara khusus demi sang Lexi. Maklum, dengan waktu terbatas, ia harus menggunakan part yang sudah ada. “Part itu kebanyakan sudah saya punya sebelumnya, atau saya beli dalam kondisi bekas. Ohlins ini saya dapat dalam kondisi bekas, Cuma Rp 2 jutaan, punya Mio/Fino. Knalpot Arrow sudah punya, lalu saya modifikasi. Dalamnya ditambahin peredam agar sesuai dengan mesin standar Lexi,” jelasnya.



Bermodal upaya mandiri, Lexi Caltex Donny bakal berangkat ke Final di Bandung untuk memperebutkan gelar Best Rising Star. Jika menang nanti, ia bisa diganjar hadiah 1 unit Lexi. Nah, kira-kira, modal apa yang ia siapkan? Donny pun memberi bocorannya.


“Selanjutnya, konsep Caltex ini saya tetap gunakan, namun dibuat lebih high tech. Tentunya saya tak sebut sekarang apa saja tambahannya, nanti ketahuan rival, hehehe. Yang pasti bakalan main di fitur-fitur teknologi,” pungkas Donny.


Yamaha Lexi Caltex milik Donny merupakan satu dari empat kontestan pemenang Regional Winner yang berhak berangkat ke Bandung. Lainnya adalah Master Class Modification untuk Aerox, NMax dan XMax yang juga sukses di gelaran CustoMAXI pembuka di Bekasi.


Untuk diketahui, CustoMAXI Yamaha 2018 merupakan kali kedua event ini digelar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Ajang ini melombakan aksi modifikasi dari motor-motor Maxi Seris Yamaha. Donny dan belasan peserta lainnya memenangkan banyak kategori yang dilombakan. CustoMAXI berlanjut di 7 kota besar lain dan diakhiri di Bandung pada 2019. Motor modifikasi apa yang jadi juara nanti? Ikuti terus di OTO.com. (Van/Odi)


Baca Juga: Membedah Kekurangan dan Kelebihan Yamaha All New R15 Dibanding Kompetitor

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Yamaha Lexi

Lihat video terbaru Yamaha Lexi untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi