jakarta-selatan

Toyota Avanza G 2019, Varian Paling Value for Money

  • 21 Jun, 2019
  • 2714 Kali Dilihat

Toyota Avanza punya sejumlah varian. Tiga varian dengan beda pilihan mesin, transmisi dan kelengkapan fitur. Paling bawah ada tipe E bermesin 1,3 liter dengan pilihan transmisi manual 5-speed (MT) atau otomatis 4-speed (AT). Diikuti tipe G, pilihan mesin 1,3 liter MT atau AT dan tipe G 1,5 liter MT. Rentang harga yang ditawarkan, Rp 191,1 - 221,25 juta. Mana pilihan yang paling sesuai label harganya?



Kebanyakan orang memilih tipe G bermesin 1,3 liter. Porsinya mungkin berimbang antara manual dan otomatis. Tapi apa pilihan itu yang paling tepat? Kita intip perbandingan fitur dan kelengkapan tipe E dan G.


Dari urusan mesin, keduanya sama: 1NR-VE, 4-silinder 1.329 cc Dual VVT-i yang menyemburkan daya 96,5 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 Nm. Jadi, apapun pilihan tipe, soal mesin pasti sama. Begitu pula mesin 1,5 liter di 1.5 G dengan Veloz 1.5. Pakai 2NR-VE 4-silinder 1.496 cc bertenaga 104 PS dan torsi 136 Nm. 



Tampilan dan kelengkapan eksterior Avanza tipe E dan G juga punya kesamaan. Keduanya dibekali lampu depan desain baru dengan LED di dalamnya dan antena model sirip ikan hiu. Dimensi peleknya juga sama, ukuran 14 inci dengan balutan ban 185/70, meski desainnya berbeda. Sedang semua tipe G punya grille dengan palang berlapis kromium dan garnish palang kromium di pintu bagasi.


Lampu belakang tipe G sudah kombinasi, dengan reflektor merah di tailgate. Tipe G juga punya spion yang bisa dilipat otomatis, dengan lampu sein terintegrasi. Satu lagi, tipe G punya lampu kabut di depan, sedang pada tipe E belum disematkan.



Kelengkapan di interior tak terlalu signifikan. Semua tipe memakai skema dwiwarna, hitam dan krem, dengan bahan kain sebagai pembungkus jok. Bagian tombol AC sudah digital untuk semua tipe. Colokan listrik tersedia untuk baris satu dan dua, sedang baris ketiga ada colokan USB untuk mengisi daya smartphone. Desain panel meter semua Avanza sudah diperbarui.


Yang berbeda infotainment head unit. Tipe E masih standar 2DIN, belum layar besar yang bisa disentuh. Beda unit itu mendukung konektivitas Bluetooth, iPod/iPhone Connecivity, USB dan bisa memutar CD.



Tipe G sudah memakai layar sentuh yang lebih premium. Konektivitasnya sama, ditambah colokan atau port AUX. Sedang tipe G 1,5 liter lebih canggih. Bisa terhubung langsung dengan layar smartphone melalui fitur mirrorring, melakukan panggilan langsung dan disokong keluaran suara dari 6 speaker di penjuru kabin. Untuk semua tipe G, ada tombol pengaturan audio pada palang kemudi.


Beruntung Toyota tak kompromi soal fitur penjamin keselamatan. Semua lini Avanza dibekali fitur yang sama. Mulai dari dual SRS airbags, sabuk keselamatan dengan pretensioner dan force limiter, rem ABS dan ISOFIX. Untuk sabuk keselamatan baris kedua sudah menerapkan tiga titik.


2019 Toyota Avanza Seating


Dari perbedaan kelengkapan fitur, bisa lebih tepat memilih yang sesuai kebutuhan dan budget. Tipe G memang jauh lebih lengkap ketimbang tipe E, meski sejumlah fitur hanya jadi pemanis belaka. Misal, layar sentuh yang tak disertai kamera parkir mundur. Meski bisa digunakan untuk memutar Video, tetap sangat tidak disarankan. Pasalnya, letaknya ada di depan dan bisa memberi gangguan bagi pengemudi. Lain cerita kalau Veloz, karena ada layar hiburan khusus untuk penumpang di belakang.


Kalau cuma dari head unit saja, kami pasti memilih tipe E dari tipe G. Penampilannya juga tak signifikan. Tapi ada kelengkapan fungsional yang tak dimiliki tipe E. Seperti lampu kabut dan spion lipat otomatis dengan lampu sein terintegrasi. Sementara tipe G 1,5 liter kurang menarik paket dan fiturnya. Untuk mesin 1,5, model varian Veloz jauh lebih menggiurkan.


Jadi, Avanza tipe G 1,3 liter lebih menarik paketnya. Label harga juga tak berbeda jauh dari tipe E. Tinggal pilih transmisi yang sesuai. Kalau Anda tak punya masalah dengan transmisi manual, pilih tipe G 1,3 MT dengan banderol Rp 208,95 juta. Penggunaan transmisi manual pada Avanza tergolong menyenangkan dan bisa memaksimalkan efisiensi bahan bakar. (Tom/Odi)


Baca Juga: Pilih Mana,  Toyota Avanza 1.5 G atau Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe?

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Avanza 2019

  • 1.3E MT | Rp191,1 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp23,22 Juta
    Angsuran Rp3,94 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • 1.3E AT | Rp202,3 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp25,46 Juta
    Angsuran Rp4,14 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • 1.3G MT | Rp208,95 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp26,79 Juta
    Angsuran Rp4,28 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • 1.3G AT | Rp219,65 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp28,93 Juta
    Angsuran Rp4,5 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • 1.5G MT | Rp221,25 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp29,25 Juta
    Angsuran Rp4,53 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Toyota Avanza 2019

Lihat video terbaru Toyota Avanza 2019 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Toyota Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi